Friday the 13th: A New Beginning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Friday the 13th Part V: A New Beginning
Friday the 13th part V a new beginnig.jpg
Poster Resmi
Sutradara Danny Steinmann
Produser Frank Mancuso Jr. (eksekutif producer)
Timothy Silver
Penulis Martin Kitrosser & David Cohen (cerita)
Martin Kitrosser & David Cohen and Danny Steinmann (skenario)
Victor Miller (karakter)
Pemeran Melanie Kinnaman
John Shepherd
Shavar Ross
Richard Young
Musik Harry Manfredini
Sinematografi Stephen L. Posey
Penyunting Bruce Green
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis 22 Maret 1985 (1985-03-22)
Durasi 92 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $2,200,000
Pendapatan kotor $21,900,000
Didahului oleh The Final Chapter
Diikuti oleh Jason Lives

Friday the 13th: A New Beginning adalah film jagal Amerika Serikat tahun 1985. Film ini dirilis pada tanggal 22 Maret 1985. Film ini adalah film kelima di Serial Friday the 13th. Mengesampingkan fakta bahwa film sebelumnya mengklaim sebagai "bagian terakhir", film ini dibuat sebagai "awal yang baru" untuk franchise tersebut.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan Tommy Jarvis muda yang mengunjungi makam Jason Voorhees, namun bersembunyi karena dua penggali kuburan muncul. Setelah keduanya menggali, Jason bangkit dan membunuh mereka sebelum akhirnya mendatangi tempat Tommy bersembunyi.

Adegan itu diketahui hanyalah mimpi dari Tommy Jarvis yang kini berumur 18 tahun saat tengah menuju Rumah Transisi Pinehurst, sebuah institusi kejiwaan untuk mempersiapkan orang-orang dari rumah sakit jiwa ke dunia sosial. Pinehurst yang berada di pinggir kota kecil itu dimiliki Dr. Matt Letter dan kamar Tommy ditunjukkan oleh Pam Roberts. Tommy juga bertemu Reggie, cucu dari koki George, juga sepasang kekasih Tina dan Eddie,Robin, Violet, dan Jake. Di dekat Pinehurst ada seorang ibu Ethel Hubbard dan anaknya Junior. Mereka mengancam akan menutup rumah transisi itu bila remaja-remajanya masih mengganggu ladang milik mereka.

Di halaman belakang, Joey salah satu penghuni Pinehurst membuat Vic marah dan membunuhnya dengan kapak. Dua paramedis bernama Duke dan Roy Burns membawa mayatnya. Duke bercanda tentang Joey namun Roy justru tampak sedih. Malam harinya, dua pemuda yang tengah memperbaiki mobil mereka Vinnie dan Pete dibunuh oleh seseorang. Malam berikutnya, Billy, sang supir yang mengantarkan Tommy ke Pinehurst dibunuh saat menunggu pacarnya Lana yang sedang menutup kedai makannya. Lana yang melihat mayat Billy kemudian dibunuh dengan kapak.

Esok harinya, Tina dan Eddie berhubungan badan di dalam hutan. Raymond, pekerja di ladang Ethel yang mengintip mereka dibunuh. Seusainya, ketika Eddie membersihkan diri ke sungai, lubang mata Tina ditusuk dengan gunting rumput. Eddie menemukannya dan turut dibunuh dengan kepalanya diikat dengan sabuk yang dipuntir hingga kepalanya remuk. Malamnya, Pam dan Tommy menemani Reggie bertemu kakaknya Demon dan kekasih sang kakak Anita di taman trailer. Tommy memutuskan menunggu di luar, lalu bertemu dengan Junior dan terlibat perkelahian. Perkelahian itu membuat Junior kabur, begitupun Tommy, memaksa Pam dan Reggie untuk pergi. Sepeninggal mereka, leher Anita digorok dan Demon ditusuk oleh besi ketika berada dalam toilet. Reggie diturunkan Pam di Pinehurst, kemudian mendapat laporan bahwa seisi rumah banyak yang menghilang. Pampun berkendara untuk mencari mereka. Di rumah Ethel, Junior yang mengamuk karena dipukul Tommy dipenggal sementara Ethel ditusuk dan kepalanya dimasukkan dalam panci rebusan.

Pinehurst, Reggie tertidur di sofa. Violet, Robin, dan Jake dibunuh di kamarnya masing-masing. Saat Reggie beranjak ke lantai atas menuju kamar Tommy, ia melihat mayat tiga orang itu. Dalam kepanikan, Pam yang baru pulang naik ke atas dan melihat mayat itu pula. Keduanyapun lari keluar, berusaha menghindari sang pembunuh yang mirip Jason Voorhees. Ketika berlari, Pam terpisah dengan Reggie, namun mengetahui Duke, Matt, dan George telah mati. Saat Pam sampai di dekat Pinehurst dan Jason akan menyerang, Reggie mengendarai buldozer dari lumbung dan menabrakkannya ke arah Jason. Reggie dan Pam lari ke dalam lumbung seusai Jason bangkit kembali. Pam berhasil melukai Jason dengan gergaji mesin namun Jason masih menyerang mereka, membuat keduanya naik ke lumbung bagian atas. Tommy datang dan bertemu Jason. Jason melukai dadanya dengan golok, tetapi Tommy berhasil menusuk paha Jason. Tommypun naik ke atas, bergabung bersama Reggie dan Pam. Jason lalu naik ke atas, mau membunuh Tommy yang setengah sadar, tapi berhasil dihalangi Pam. Pam berdiri di belakang jendela lumbung yang di bawahnya terdapat papan berpaku. Reggie lompat dari tempat sembunyinya dan mendorong Jason. Jason yang dikira sudah jatuh ternyata berpegangan di dinding luar, mencengkeram kaki Pam. Tommy bangkit dari kesadarannya dan menjatuhkan Jason ke papan berpaku. Saat jatuh, terbukalah penyamaran Roy yang berpakaian sebagai Jason.

Di rumah sakit, Pam duduk di koridor bersama Reggie yang tertidur. Pam diberitahu Sheriff Tucker bahwa alasan Roy membunuh mereka karena sisi gilanya keluar saat mengetahui Joey - yang ternyata anaknya - dibunuh. Pam lalu mengecek keadaan Tommy yang masih tidur di dalam kamarnya, yang tiba-tiba Tommy bangun dan menusuk Pam dengan pisau. Itu ternyata hanya mimpi Tommy, yang lalu melihat halusinasi Jason Voorhees di depannya. Pam masuk ke kamar Tommy, bersamaan dengan itu Tommy yang mengenakan topeng hoki dan membawa pisau, menutup pintu kamar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka di 1,759 bioskop dan mendapat $8 juta pada minggu awalnya. Secara domestik, film ini mendapatkan pendapatan sebesar $21.9 juta.

Respon[sunting | sunting sumber]

Film ini direspon negatif dan mendapatkan rating 17 persen 'Rotten' dari Rotten Tomatoes.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menurut DVD set boks Friday the 13th: Return to Crystal Lake, Corey Feldman hanya bisa tampil sebagai cameo karena tengah dalam syuting film The Goonies. Feldman hanya bisa syuting di hari Minggu, pada hari liburnya dari syuting.

Terdapat beberapa adegan kekerasan yang dipotong atau diubah untuk mendapatkan rating yang lebih baik dari MPAA.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Friday the 13th