Frank Crowe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Frank Crowe.

Francis Trenholm Crowe (lahir di Trenholmville, Quebec, 12 Oktober 1882 – meninggal di Redding, California, 26 Februari 1946 pada umur 63 tahun), atau biasa dipanggil dengan Frank Crowe, adalah insinyur kepala konstruksi bendungan Hoover. Selama masa itu, ia adalah pengurus dari Six Companies, sebuah perusahaan konstruksi.

Lahir di Trenholmville, Quebec, Crowe masuk ke Governor Dummer Academy, dan lalu diterima di Universitas Maine dan lulus tahun 1905 dengan gelar insinyur teknik sipil. Perkumpulan Francis Crowe yang ada di universitas tersebut adalah salah satu bentuk penghargaan terhadapnya.

Crowe menjadi tertarik terhadap Amerika bagian barat sejak perkuliahan yang diberikan oleh Frank Weymouth, seorang dosen tamu dari Biro Reklamasi Amerika Serikat. Ia melamar untuk pekerjaan di musim panas sebelum periode perkuliahan tersebut berakhir. Dan pekerjaan musim panas tersebut mengawali karier 20 tahunnya dalam pekerjaan reklamasi yang mengubah rupa Amerika bagian barat. Pada tahun 1924, Frank Crowe meninggalkan Biro Reklamasi Amerika Serikat untuk bergabung dengan firma konstruksi Morrison-Knudsen di Boise, Idaho. Perusahaan tersebut ketika itu baru saja melakukan perjanjian kerja sama dengan Utah Construction Company untuk pembangunan bendungan.

Ketika bekerja di Bendungan Arrowrock di Idaho, Crowe memulai suatu kegiatan yang krusial bagi konstruksi bendungan besar. Yang pertama adalah "pneumatic delivery system" untuk pengiriman semen dan yang kedua adalah sistem perkabelan di udara yang memungkinkan sistem pneumatic memompa semen pada setiap titik lokasi konstruksi. Dengan teknik ini, Crowe membuat beberapa bendungan terbesar di Amerika bagian barat, termasuk Bendungan Hoover dan Bendungan Shasta, serta 18 bendungan lainnya.

Proyek konstruksi Bendungan Hoover dan peran Frank Crowe (diperankan oleh Jay Benedict) dalam proses konstruksi tersebut didokumentasikan dalam seri Seven Wonders of Industrial World oleh BBC pada tahun 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]