Flyglobespan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Flyglobespan
FlyGSM.png
IATA ICAO Kode panggil
Y2 GSM GLOBESPAN
Didirikan 2002
Hub Bandar Udara Internasional Glasgow
Bandar Udara Edinburgh
Kota fokus Bandar Udara Aberdeen
Bandar Udara London Stansted
Bandara Internasional Manchester
Bandara Internasional John Lennon Liverpool
Bandar Udara Durham Tees Valley
Bandar Udara Internasional Belfast
Ukuran armada 18
Kota tujuan 36
Perusahaan induk Globespan Group plc
Slogan perusahaan Award Winning Airline
Kantor pusat Edinburgh, Skotlandia, UK
Orang penting Tom Dalrymple (Chairman)
Situs web http://www.flyglobespan.com
Flyglobespan Boeing 737-683 beregistrasi G-CDKD, mendarat di Landasan Pacu 05 Bandar Udara Internasional Glasgow, Skotlandia.
Flyglobespan Boeing 737-8Q8 beregistrasi G-SAAW, mendarat di Landasan Pacu 05 Bandar Udara Internasional Glasgow, Skotlandia.
Flyglobespan Boeing 767-319 beregistrasi G-CDPT, menuju Landasan Pacu 05 Bandar Udara Internasional Glasgow, Skotlandia.

Flyglobespan merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan terjadwal dari Glasgow dan Edinburgh menuju 36 destinasi di Eropa, Amerika Utara, Kepulauan Karibia dan Afrika. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Glasgow dan Bandar Udara Edinburgh, dengan basis kedua di bandar udara lainnya di Skotlandia dan juga England. Slogan maskapai penerbangan tersebut adalah maskapai penerbangan bertarif rendah Skotlandia.

Globespan Airways Limited beroperasi dengan nama Flyglobespan memiliki Lisensi Beroperai Tipe A dari Otoritas Penerbangan Sipil Britania Raya, yang mengizinkan pengangkutan penumpang, kargo dan surat pada pesawat yang berisi 20 kursi atau lebih. [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

[rujukan?]

Flyglobespan (Globespan Airways Limited) diresmikan pada November 2002 dan memulai operasinya pada April 2003 menggunakan 2 pesawat Boeing 737-300 yang disediakan oleh Channel Express dengan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Glasgow Prestwick dan Bandar Udara Edinburgh menuju 5 destinasi di Spanyol, Perancis dan Italia.

Globespan, sebuah operator tur yang berbasis di Edinburgh dengan pengalaman selama 30 tahun, menawarkan penerbangan terjadwal dan charter, kapal pesiar, kereta api dan bus, motor home dan penyewaan mobil, dan akomodasi hotel untuk turis yang mengunjungi destinasi populer di Kanada, Amerika Serikat dan Spanyol. Penerbangan terjadwal, umumnya menuju Kanada, dioperasikan oleh Air Transat dari beberapa bandar udara di Britania Raya, dengan Globespan yang berperan sebagai agen perjalanan dan menjual tiket dibawah namanya. Pada musim panas 2002, sebuah penerbangan dilakukan antara Edinburgh dan Nice, di Perancis Selatan. Penerbangan ini bermaksud untuk pembuktian kesuksesan Globespan, dan beroperasi dengan merek Flyglobespan.

Penerbangannya dimulai pada 2003 dengan pesawat dan kru yang disediakan oleh Channel Express, dengan merek Flyglobespan berwarna merah dan putih, menawarkan penerbangan menuju beberapa destinasi liburan terpopuler di Eropa. Hingga saat ini, maskapai tersebut berbasis di Bandar Udara Internasional Glasgow setelah dipindahkan dari bandar udara Prestwick karena lebih dekat dengan komunitas masyarakat di Skotlandia Tengah.

Flyglobespan mengumumkan penerbangan pada Mei 2007 dari Bandar Udara Knock Ireland West menuju Bandara Internasional John F. Kennedy dengan frekuensi 3 kali per minggu, dan Bandara Internasional Logan 2 kali per minggu. Penerbangan dari Knock menuju New York (GSM 701/702) membuat beberapa perhentian di Keflavik, Islandia; Bangor, Maine; dan Stephenville, Newfoundland.

Penerbangan akan dioperasikan dari Durham Tees Valley menuju Alicante, Malaga, Pula, Faro, Lanzarote, Nice, Tenerife, Ibiza, Mahon dan Palma de Mallorca, pada musim panas 2007. Dua pesawat ditempatkan di Durham Tees Valley selama musim panas.

Diumumkan pada Juli 2007 bahwa penerbangan Liverpool-New York akan ditunda selama musim dingin mulai 30 Oktober. Perusahaan memberi alasan karena kurangnya penumpang dalam penerbangan menuju Amerika. Maskapai ini juga masih diberi izin untuk mengoperasikan penerbangan yang penumpangnya sedikit sejak rute ini diperkenalkan pada 25 Mei 2007. Rute ini akan mulai beroperasi pada musim panas 2008 [2].

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Destinasi Flyglobespan

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada Flyglobespan telah mencakup (Mei 2007) [3]:

Catatan: 2 Boeing 767-300 milik Flyglobespan akan disewakan kepada Air India pada musim panas 2007, sehingga mengurangi armada 767 menjadi 2 pesawat [5]

Pesanan Pesawat[sunting | sunting sumber]

Flyglobespan mengumumkan pada Agustus 2006 bahwa mereka akan menyewa 2 Boeing 787-8 Dreamliners dari International Lease Finance Corporation (ILFC) selama 10 tahun, dan akan dikirim pada Maret dan November 2010.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Operating licence
  2. ^ Industry Watch
  3. ^ UK CAA Aircraft Register
  4. ^ Civil Aviation Authority Official Record Series 2, Number 1797 Dated 8 May 2007 Part 3 Use of Foreign Registered Aircraft
  5. ^ Jethros
  6. ^ Boeing 787 leasing

Pranala luar[sunting | sunting sumber]