Five Minutes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Five Minutes
Five Minutes
Five minutes saat rilis album Rockmantic
Latar belakang
Lahir Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Jenis musik Alternative Rock, Pop Rock , Techno Rock
Instrumen Gitar, Bass, Piano Keyboard & Drum
Tahun aktif 1994 - Sekarang
Perusahaan rekaman - GP Records (2015-sekarang)

- Indie (2011-2014) - Pelangi Records (2010-2011) - Arka Music Indonesia (2010-2011) - Emi Music Indonesia (2002-2009) - EMP/New Black Board (2002-2004) - MSC RECORDS (1995-1998)

Anggota
Ricky Tjahyadi (keyboard)/(Leader) (1994-Sekarang)
Richie Setiawan (vokal)(2006-Sekarang)
Drie Warnanta (bass) (1994-Sekarang)
Roelhilman (gitar) (2006-Sekarang)
Aria Yudhistira (drum) (2006-Sekarang)
Nunoz Nugraha (additional gitar) (2006-Sekarang)
Mantan anggota
Sonny Krisna Yudha (gitaris) (1995-2004) / The Titans
Sanny Saofit Sunendar (vokalis) (1995-2004) / Forward Band
Dicky Hermawan (drum) (1995-2002)

Five Minutes merupakan sebuah grup musik yang berasal dari Kota Kembang Bandung berdiri tahun 1994. Kini, Five Minutes digawangi oleh Ricky Tjahyadi (keyboard), Richie Setiawan (vokal), Drie Warnanta (bass), Roelhilman (gitar), dan Aria Yudhistira (drum).

Pemilihan nama Five Minutes memiliki cerita tersendiri. Ricky menuturkan, band tersebut dibentuk 14 tahun silam. Bermula pada awal tahun 1990-an, ketika Ricky dan Drie membentuk sebuah band yang tampil dari kafe ke kafe di Kota Kembang. Tahun 1994, keduanya mencari personel guna melengkapi formasi untuk mengikuti Festival Band Se- Jabar-DKI di Bandung. Ricky dan Drie mengajak Sonny (gitaris) yang merupakan adik kandung Ricky FM, Sanny (vokalis) dan Dicky (drum) melalui telepon. Dalam tempo kurang dari lima menit, mereka berhasil membentuk sebuah grup band guna mengikuti festival tersebut. Itulah sebabnya mereka menggunakan nama Five Minutes. “Karena prosesnya kurang dari lima menit. Makanya kami memilih nama itu”, tutur Ricky FM. Hebatnya, kendati baru terbentuk, mereka langsung menjuarai festival band yang diikuti oleh 102 peserta dari Bandung dan Jakarta. Keberhasilan itu kemudian mengantarkan mereka masuk dapur rekaman.

Album perdana mereka bertajuk Five Minutes (1995), yang diikuti oleh Five Minutes 2 (1996), Romantik (1997), Ouw! (1997), Sekat (2002), dan The Best +5 (2004). Penampilan yang unik dengan mengenakan sarung di panggung, menjadi salah satu daya tarik mereka. Album perdana bertajuk Five Minutes dirilis pada 1995. Setahun kemudian (tahun 1996), mereka merilis album kedua bertajuk Five Minutes 2. Begitu rilis album ketiga, yaitu Ouw! pada tahun 1997, Dicky yang pada saat itu dipercaya di posisi drum akhirnya mengundurkan diri dari Five Minutes karena adanya perbedaan pendapat. Mulai saat itu Five Minutes hanya beranggotakan empat orang tanpa adanya Dicky. Setelah Dicky meninggalkan Five Minutes, arransemen dan musik drum diisi oleh Ricky untuk menutupi kelemahan dan kekurangan instrumen dalam lagu.

Pada tahun 2004, setelah Five Minutes merilis album The Best + 5, Sanny yang pada saat itu dipercaya sebagai vocal dan dan Sonny yang pada saat itu dipercaya sebagai gitar mengikuti jejak Dicky, yaitu mundur dari Five Minutes. Merasa kewalahan karena kekurangan anggota band, hal tersebut membuat Five Minutes vakum selama 3 tahun. Ricky sendiri tetap aktif d jalur musik. Dia mendukung Ari Lasso (2002-2006), menuliskan sejumlah lagu bagi mantan vokalis band Dewa 19 itu. Beberapa lagu yang ditulis Ricky untuk Ari Lasso adalah Hampa, Arti Cinta, Kedamaian Hati, dan Seandainya. Selain itu dia juga menulis lagu untuk Titi DJ, Rossa, Tere, Sania, dan sebagainya.

Setelah lama vakum, Ricky dan Drie menemukan Richie yang dipercaya untuk mengisi kekosongan vocal, lalu diikuti oleh Roelhilman yang dipercaya untuk mengisi kekosongan gitar, dan Aria Yudhistira untuk mengisi kekosongan drum. Setelah lengkapnya formasi band, akhirnya pada tahun 2007, Five Minutes menerbitkan album Rockmantic dengan suasana musik yang baru dan lebih modern. Mereka pun menanggalkan sarung yang selama ini lekat sebagai image mereka. Mengandalkan lagu “Bertahan” sebagai single, Five Minutes meraih sebuah rekor sebagai band yang paling tinggi di request dalam jangkauan radio.

Formasi awal (1994 - 1998)[sunting | sunting sumber]

Drie dan Ricky bertemu di awal tahun 1990-an dan sempat membentuk band yang tampil di sejumlah kafe. Namun band ini hanya bertahan selama 2 tahun. Mereka kemudian membentuk Five Minutes bersama Sonny (gitaris), Dicky (drummer) dan Sanny (vokalis) di tahun 1994 untuk mengikuti Fetival Band Se-Jabar DKI di Bandung. Dalam ajang tersebut mereka berhasil menjadi juara 1 dari 102 peserta. Tak lama, mereka pun masuk dapur rekaman. Album perdana mereka bertajuk Five Minutes (1995), yang diikuti oleh Five Minutes 2 (1996), Romantik (1997), Ouw! (1997), Sekat (2002), dan The Best +5 (2004). Penampilan yang unik dengan mengenakan sarung dan baju gombrong di panggung, menjadi salah satu daya tarik mereka. Bahkan mereka sempat membuat video klip lagu "Ouw" di Australia dengan mengenakan sarung.

Formasi kedua (2002 - 2004)[sunting | sunting sumber]

Setelah album Ouw!, Dicky (drummer) mengundurkan diri dari Five Minutes karena mulai tidak sepaham lagi dengan personel FM yang lain. Mulai sejak itu Five Minutes hanya beranggotakan 4 orang, yaitu Sanny (vokal), Ricky (keyboard), Sonny (gitar), dan Drie (bass). Mulai saat itu juga Five Minutes menanggalkan baju gombrong dan sarungnya pun dimodifikasi. Dan aransemen drum pada lagu-lagu FM dibuat oleh Ricky FM sendiri.

Formasi ketiga (2006 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Setelah album The Best + 5, Sanny sang vokalis dan Sonny (gitaris) mengundurkan diri. Ricky dan Drie pun berburu personel baru. Akhirnya Richie (vokal), Roelhilman (gitar), dan Aria Yudhistira (drum) melengkapi formasi Five Minutes yang baru. Pada bulan Juni 2007, mereka merilis album baru bertajuk Rockmantic. Mereka pun menanggalkan sarung yang selama ini lekat sebagai image mereka. Dengan lagunya "Bertahan", Five Minutes membuat rekor sebagai lagu dengan debut tertinggi pada chart harian radio airplay, yaitu debut lagu diposisi #3. Five Minutes kembali membuat rekor dengan lagunya "Salah Apa" yang menjadi lagu pertama yang mendapatkan debut posisi lagu di radio airplay langsung pada posisi #1, karena banyaknya request, dan bertahan diposisi puncak untuk 10 minggu.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penggemar[sunting | sunting sumber]

Fivers adalah sebutan untuk penggemar setia Five Minutes. Dulu sebelum bernama Fivers, penggemar setia Five Minutes disebut dengan sebutan Fans FM.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]