Sanny Saofit Sunendar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sanny Saofit Sunendar
LahirSanny Saofit Sunendar
22 Desember 1973 (umur 50)
Bandung, Jawa Barat
Nama lainSanny
Pekerjaanpenyanyi
Karier musik
Genre
  • Pop Progressive
  • Alternative Rock
Tahun aktif1991 - sekarang
Mantan anggota

Sanny Saofit Sunendar atau yang biasa dikenal dengan Sanny (lahir 22 Desember 1973) adalah penyanyi asal Indonesia. Sebelumnya, Sanny membentuk grup band yang bernama Five Minutes sebagai vokalis generasi pertama dari 1991 hingga 2006. Tahun 2008, Sanny bersama 3 rekan lainnya pernah membentuk grup musik bernama Forward Band dan mengeluarkan album indie. Band tersebut tidak bertahan lama, hanya sampai tahun 2009.

Sanny Saofit sendiri adalah kakak kandung dari Alm. Danny Saofit, gitaris Caffeine & Ronny Saofit, bassist Forward Band.

Awal Hidup[sunting | sunting sumber]

Sanny yang lahir di Jakarta menghabiskan masa-masa kecilnya hingga sekarang di Bandung.

Membentuk dengan Five Minutes[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Sanny bertemu dengan para personel Five Minutes. Saat itu, selain Sanny sendiri sebagai salah satu personil awal dari Five Minutes membentuk dengan Ricky FM (keyboard), Drie FM (bass), Muchamad Ahadiyat (gitar - gitaris Yovie & Nuno) dan Yudi (drum - drummer Caffeine) di Bandung membentuk Grup Band dengan nama Five Minutes. Namun pada tahun 1992, posisi Diat sebagai Gitaris dan Yudi sebagai Drummer tidak bertahan lama dan digantikan oleh Sonny Krisna Yudha (gitaris The Titans) dan Dicky Hermawan.

Five Minutes masuk dalam ajang Festival Band Se-Jabar-DKI dan berhasil menjadi Juara 1 dari 102 peserta yang berpartisipasi. Tidak lama kemudian, Five Minutes masuk ke dalam dapur rekaman. Pada grup musik tersebut, Sanny mendapat posisi sebagai Vokalis.

Album pertama mereka berjudul Five Minutes (1995), yang diikuti oleh rilisnya album kedua Five Minutes 2 (1996), Romantik (1996), Nostalgik (1997), Ouw! (1997), Sekat (2002) dan The Best + 5 (2003). Penampilan yang unik dengan mengenakan sarung di panggung, menjadi salah satu daya tarik mereka.

Setelah 15 tahun memperkuat Five Minutes di posisi vokalis, tepatnya pada akhir bulan Desember 2006, Sanny memutuskan resign dari Five Minutes dikarenakan warna dan konsep dari musik Five Minutes yang selama itu ada telah berubah. Dan akhirnya, posisi Sanny digantikan oleh Richie Setiawan pada awal tahun 2007.

Membentuk Forward Band[sunting | sunting sumber]

Setelah keluar dari Five Minutes, Sanny memutuskan kembali ke Bandung. Dan disanalah Sanny bertemu dengan rekan-rekan lamanya dan membentuk grup musik Forward Band pada 20 Mei 2008. Bersama Forward Band, Sanny telah merilis 1 buah album Indie.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Five Minutes
Bersama Forward Band
Single