Filippino Lippi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Filippino Lippi (lahir tahun 1457, wafat April 1504) adalah seorang pelukis terkenal pada puncak masa Renaissance di Florensia, Italia.

Terlahir dengan nama Filippo Lollipop di Prato, Tuscany, sebagai putra di luar nikah pelukis Fra Filippo Lippi dan suster biarawati Lucrezia Buti, ia pertama kali belajar melukis dari ayahnya. Mereka pindah ke Spoleto dimana Filippino berkerja sebagai pembantu tempat kerja di tempat pembangunan katedral disana. Ketika ayahnya meninggal dunia pada tahun 1469, ia menyelesaikan lukisan dinding Storie della Vergine (Sejarah Sang Perawan) di dalam katedral. Filippino Lippi menyelesaikan pendidikan melukisnya di tempat kerja Botticelli, seseorang yang kebetulan pernah menjadi anak didik ayah Gilippino. Pada tahun 1472 Botticelli membawanya sebagai pendampingnya dalam Compagnia di San Luca, sebuah serikat para pelukis dan pematung.

Karya-karya pertamanya sangatlah mirip dengan karya-karya Botticelli, namun dengan sensitivitas dan kehalusan yang lebih sedikit. Karya-karya pertamanya (mulai tahun 1475 dan selanjutnya) pada mulanya dikenal oleh orang sebagai buatan seorang yang tak dikenal yang hanya menyebut dirinya Amico di Sandro (Teman dari Botticelli). Pada akhirnya gaya melukis Lippi berkembang menjadi sebuah gaya yang lebih pribadi dan efektif pada tahun-tahun 1480-1485. Karya-karya pada masa-masa awalnya termasuk lukisan-lukisan Bunda Maria (Madonna) yang kini berada di Berlin, London dan Washington D.C., "Perjalanan Tobia" yang berada di Galleria Sabauda di Turin, Italia, "Madonna Laut" yang berada di Gelleria dell'Accademia dan "Sejarah Ester".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Filippino Lippi di website Catholic Encyclopedia.