Festival Layang-Layang Bali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Festival Layang-Layang Bali
Layang-layang Bebean (berbentuk ikan) diterbangkan di Festival Layang-Layang Bali
JenisLayang-layang
Tanggalsetiap bulan Juli
Frekuensisetiap tahun
Lokasipantai Padang Galak, Sanur, Bali
Acara berikutnyabelum ditentukan

Festival Layang-Layang Bali adalah sebuah festival layang-layang internasional tahunan yang diadakan pada bulan Juli di daerah pantai Padang Galak, Sanur, Bali. Layang-layang tradisional raksasa (dengan lebar 4 meter dan panjang 10 meter) dibuat dan diterbangkan dalam kompetisi antara tim-tim dari banjar di Denpasar.[1] Festival musiman ini memiliki pesan keagamaan dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada dewa-dewa Hindu untuk memberikan hasil pertanian yang melimpah.

Tim terdiri dari sekitar 70 sampai 80 orang, masing-masing tim memiliki Gamelan, pembawa bendera dan penerbang layang-layang.[2]

Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (berbentuk daun) adalah tiga layang-layang tradisional yang diterbangkan selama festival layang-layang ini. Layang-layang yang diterbangkan oleh 10 atau lebih orang dewasa. Layang-layang Bebean adalah layang-layang terbesar. Layang-layang Janggan memiliki kain panjang di bagian ekornya dengan panjang yang dapat mencapai lebih dari 100 meter.

Kompetisi lain juga diadakan untuk layang-layang kreasi baru seperti layang-layang yang menggambarkan dewa-dewa Hindu dan layang-layang sponsor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kite Lines - Vol. 07 No. 3 (Summer 1989)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-20. Diakses tanggal 2017-04-04. 
  2. ^ "Bali Kite Festival". Dancingfrog.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-03. Diakses tanggal 2017-04-04.