Tanah Israel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Eretz Yisrael)
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Eretz Israel oleh Abraham Bar-Jacob
Davids-kingdom with captions specifiying vassal kingdoms-derivative-work.jpg
Early-Historical-Israel-Dan-Beersheba-Judea-Corrected.png

Tanah Israel (Ibrani: אֶרֶץ יִשְׂרָאֵל ʼÉreṣ Yiśrāʼēl, Eretz Yisrael) adalah tanah yang dijanjikan oleh Tuhan kepada keturunan Abraham menurut kitab suci Yahudi, Alkitab Ibrani atau Tanakh (Perjanjian Lama di Alkitab Kristen). Istilah ini tidak sama dengan negara Israel (Medinat Yisrael).

Sebelum didirikannya negara Yahudi, kini Israel, istilah Eretz Yisrael digunakan oleh orang Yahudi yang religius untuk wilayah yang disebut Palestina.[1]

Definisi luas wilayah ini bervariasi di dalam nas-nas Alkitab Ibrani, khususnya Kejadian 15, Keluaran 23, Bilangan 34 dan Yehezkiel 47. Di bagian lain di Alkitab, rentang tanah ini seringkali disebut sebagai "dari Dan sampai ke Bersyeba".

Perbatasan tanah Israel berbeda dari batas-batas kerajaan Israel sepanjang sejarah. Wilayah pemberontakan Bar Kokhba, Kerajaan Herodes, Kerajaan Hasmonean, dan Kerajaan Israel Bersatu memerintah tanah yang dengan batas yang mirip tetapi tidak tepat sama. Demikian juga negara Israel modern memiliki batas yang tidak sama.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Keith, Alexander. The Land of Israel: According to the Covenant with Abraham, with Isaac, and Jacob, W. Whyte & Co, 1844.
  • Schweid, Eliezer. The Land of Israel: National Home Or Land of Destiny, translated by Deborah Greniman, Fairleigh Dickinson Univ Press, 1985. ISBN 0-8386-3234-3
  • Sedykh, Andreĭ. This Land of Israel, Macmillan, 1967.
  • Stewart, Robert Laird. The Land of Israel, Revell, 1899.
  • John P. McTernan, As America Has Done to Israel, Whitaker House Publishers, 2008. ISBN 978-1-60374-038-8

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.