Encyclopaedia Biblica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Encyclopaedia Biblica: A Critical Dictionary of the Literary, Political and Religion History, the Archeology, Geography and Natural History of the Bible ("Ensiklopedia Alkitab: Kamus Kritis Sastra, Politik dan Agama, Sejarah, Arkeologi, Geografi dan Sejarah Alam dari Alkitab") (1899), disunting oleh Thomas Kelly Cheyne dan J. Sutherland Black, adalah suatu ensiklopedia kritis Alkitab. Dalam teologi dan studi Alkitab, sering dirujuk sebagai Enc. Bib., atau Cheyne and Black

Gambar ilustrasi artikel 'Ethiopia' – salah satu Piramida-piramida Nubia di Meroë

Memiliki sebuah artikel untuk setiap nama tokoh dan tempat dalam Alkitab dan dalam Apokrifa tradisional, serta untuk masing-masing kitabnya, bersama-sama dengan banyak kata benda tak lazim yang muncul di dalamnya (seperti 'nebi'im', 'mole', 'owl'/"burung hantu") dan subjek lebih umum lainnya (seperti 'music', 'tents', dll.). Banyak artikel ini dipaparkan secara detail, dan biasanya mencakup penyebutan berbagai ejaan untuk setiap kata sebagaimana digunakan oleh Teks Masoret, Septuaginta (membedakan antara masing-masing naskah-naskah kuno paling penting), dan versi kuno lain; artikel terbesar adalah mengenai Injil, yang berukuran lebih dari 5 MB, meskipun hampir seluruhnya teks (dan karena itu panjangnya lebih dari setengah juta kata). Dengan demikian merupakan karya yang sangat besar – dalam bentuk PDF itu berukuran sekitar 190 MB sebagian besar dari teks biasa (ini akan sama dengan hampir 20 juta kata, bahkan untuk 10 karakter per kata).

Sering dirujuk oleh ensiklopedi terhormat lainnya yang berkaitan dengan Alkitab pada periode yang sama, seperti Catholic Encyclopedia ("Ensiklopedia Katolik"),[1] dan Edisi ke-9 dari Encyclopædia Britannica.[2] Jewish Encyclopedia memiliki beberapa artikel ('marriage'/"pernikahan", misalnya) yang mengutip sebagian besar hampir kata demi kata. Juga dirujuk oleh karya-karya seperti the International Standard Bible Encyclopedia.[3] Secara tidak langsung juga merupakan sumber untuk sejumlah besar artikel Wikipedia bahasa Inggris tentang agama Yahudi-Kristen, serta sumber langsung untuk hal-hal lain.

Ukuran pentingnya dari sejumlah kontributor diperoleh dari fakta bahwa Jewish Encyclopedia mendedikasikan sebagian besar artikel 'Jerahmeel' untuk membahas teori Cheyne mengenai Jerahmeelites, meskipun menganggapnya tidak berdasar.

Artikel-artikelnya masih bernilai dan diminati para sarjana modern,[4][5] para penulis Islam,[6] serta komentator religio-politik seperti Jihad Watch;[7] namun, riset arkeologi dan penemuan-penemuan modern telah membuat bagian-bagiannya usang, dan interpretasi modern mengenai bahan yang bahkan lebih tua mungkin akan sangat berbeda. Misalnya, teori Jerahmeelite/Arabian (lihat di bawah) telah lama diabaikan. Tidak lagi dibatasi oleh hak cipta dan telah tersedia secara online (di wikisource, misalnya).

Penulis dan kontributor[sunting | sunting sumber]

Penulis dari artikel ini termasuk banyak para sarjana Alkitab yang paling dihormati pada saat karya itu ditulis. Beberapa kontributor menduduki jabatan senior profesor di universitas penting dan banyak mempunyai kualifikasi akademik tertinggi – Doctor of Divinity. Sejumlah kontributor adalah:

Teori Cheyne yang 'mengejutkan' tentang Jerahmeelites[sunting | sunting sumber]

Profesor Cheyne mengajukan teori mengejutkan[8] mengenai Jerahmeelites. Dalam pandangannya mereka adalah suku Arab utara yang kuat, yang berkonflik dengan orang Ibrani ketika pertama kali datang ke tanah itu. Satu bagian Jerahmeelites diserap oleh orang Ibrani, tetapi ada banyak pertempuran antara orang Israel dan tubuh utama kaum Jerahmeelites sepanjang periode Raja-raja. Bahkan di antara lawan Nehemia pasca-pembuangan, Jerahmeelites muncul lagi. Cheyne percaya bahwa gema konflik ini pernah bergetar di seluruh Perjanjian Lama, tetapi karena korupsi dari Teks Masoret, mereka sekarang harus kembali bangkit dengan dugaan perbaikan teks.

Melaksanakan ide ini, Cheyne menemukan unsur-unsur utama asal usul, agama, dan sejarah Israel di dalam Jerahmeel. Babilonia dan Asyur tenggelam menjadi tidak penting di samping Jerahmeel sejauh terkait pengaruh pada Perjanjian Lama. "Amalek" adalah korupsi dari "Jerahmeelites"; "Beer-lahai-roi" (Kej. 16:14) adalah korupsi "Sumur Jerahmeel"; "Efraim" sering merupakan korupsi "Jerahmeel." Julukan dari Yerikho, "kota pohon kurma," merupakan korupsi "kota Jerahmeel"; nama-nama Saul, dari Kish, ayahnya, dan sebagian besar dari anak-anak Saul dianggap korupsi "Jerahmeel"; dan nama di dalam kitab Yesaya "Maher-syalal hash-bas" dianggap korupsi "Jerahmeel akan ditinggalkan." "Jerahmeel" telah diganti dengan "Babel" dalam Yesaya 13 dan 14; dan tiga orang saleh dalam kitab Yehezkiel adalah "Henokh, Jerahmeel, dan Arab." Daftar ini mungkin akan berlanjut tanpa batas.

Dengan prinsip yang sama, ia memperoleh nama lain dari "Rehoboth", "Zarephath" ("Sarfat"), "Mizraim", dan "Arab"; dia tidak menyamakan "Mizraim" dengan "Mesir" (interpretasi lazim). Sebagian besar nama-nama tempat dan tokoh di Alkitab telah dihubungkan oleh Cheyne dengan Jerahmeel, atau salah satu darinya.

Kecerdikan metode Cheyne  dapat diterima; tetapi tesis itu harus ditolak sama sekali karena tidak ada dasarnya. Bahwa teori ini telah mendapat perhatian serius semata-mata adalah untuk layanan besar yang diberikan oleh para sponsor di departemen lain dari penelitian Perjanjian Lama.

Cheyne sering menyebutkan teori ini dalam artikel Ensiklopedianya, sering menambahkan pandangannya ke dalam artikel yang ditulis oleh orang-orang dengan interpretasi lebih mainstream . Namun, ia tidak menuliskan detail pandangan alternatifnya (dan oleh karena itu mainstream), saat melakukannya. Oleh karena itu artikel-artikel yang dihormati, asalkan teori Cheyne tentang nama-nama ini diabaikan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Misalnya, merupakan suatu sumber untuk artikel 'Eve'/(tokoh) "Hawa" dalam Catholic Encyclopedia
  2. ^ Artikel 'Hosea', misalnya
  3. ^ Artikel mengenai 'Aaron'/"Harun", misalnya
  4. ^ Sebagai bahan bacaan yang diusulkan oleh University of Calgary, misalnya: [1]
  5. ^ Sebagai suatu sumber pustaka pada departemen arkeologi pada Tel Aviv University[2]
  6. ^ misalnya
  7. ^ Blogging the Qur’an: Sura 17, “The Night Journey,” verses 2-111[pranala nonaktif permanen], Jihad Watch, dirujuk sebagai 'enc. bib.'
  8. ^ Jewish Encyclopedia, Jerahmeel

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]