Empat Pemburu Harta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Empat Pemburu Harta"
Pengarang Sir Arthur Conan Doyle
Seri Empat Pemburu Harta
Tanggal terbit 1890
Klien Mary Morstan
Latar waktu 1888
Penjahat Jonathan Small, Tonga
Empat Pemburu Harta
Empat Pemburu Harta.jpg
Pengarang Sir Arthur Conan Doyle
Judul asli The Sign of Four
Penerjemah B. Sendra Tanuwidjaja
Perancang sampul Dwi Koendoro Br.
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Seri Sherlock Holmes
Genre Fiksi detektif
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal rilis Januari 2002
Halaman 216 hlm.
ISBN 979-686-664-1
Didahului Penelusuran Benang Merah
Diikuti Petualangan Sherlock Holmes

Empat Pemburu Harta (judul asli dalam bahasa Inggris: The Sign of Four) adalah novel kedua karya Sir Arthur Conan Doyle yang menampilkan Sherlock Holmes, terbit pertama kali pada tahun 1890 di Lippincott's Monthly Magazine.

Novel yang berlatar waktu tahun 1888 ini memiliki alur yang kompleks karena membahas kilas balik tokoh saat bertugas di Perusahaan Hindia Timur, Pemberontakan di India 1857, pencurian harta karun, serta perjanjian rahasia antara empat tahanan dengan dua sipir penjara yang korup. Dalam novel ini, Doyle untuk pertama kalinya mendeksripsikan ketergantungan Holmes terhadap obat-obatan terlarang sekaligus membuatnya lebih manusiawi bila dibandingkan dengan novel sebelumnya, Penelusuran Benang Merah. Empat Pemburu Harta juga memperkenalkan calon istri dr. Watson, Mary Morstan.

Sudah berapa kali kukatakan bahwa kalau kausingkirkan semua yang mustahil, apa pun yang tersisa, betapa pun mustahilnya, adalah kebenaran?[1]

Terbitan pertama[sunting | sunting sumber]

Doyle menulis novel ini setelah diminta oleh Joseph M. Stoddart, editor pelaksana Lippincott's Monthly Magazine, dalam suatu jamuan makan malam di Hotel Langham, London, pada tanggal 30 Agustus 1889. Stoddart kala itu ingin menerbitkan Lippincott's di Britania Raya dengan editor dan kontributor setempat. Jamuan makan malam itu juga dihadiri oleh Oscar Wilde yang akhirnya menulis The Picture of Dorian Gray untuk dimuat dalam edisi Juli 1890. Momen itu disebut Doyle sebagai "malam emas" dalam otobiografinya.[2]

Novel ini diterbitkan pertama kali dalam Lippincott's Monthly Magazine edisi Februari 1890 dengan tajuk The Sign of the Four, baik yang terbit di London maupun Philadelphia. Terbitan Inggris kala itu dijual seharga satu shilling dan 25 sen dolar di Amerika Serikat, kini nilainya mencapai beberapa ribu dolar AS.

Sebagaimana novel Holmes yang pertama, novel kedua ini awalnya juga tidak begitu disambut dengan baik oleh publik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bab 6: Sherlock Holmes Mendemonstrasikan
  2. ^ Memories and Adventures, Sir Arthur Conan Doyle, 1924.