Perusahaan Hindia Timur Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perusahaan Hindia Timur Britania
East India Company
NasibBangkrut
Penerus Kemaharajaan Britania
Didirikan31 Desember 1600
PendiriJohn Watts, George White
Ditutup1 Juni 1874 (1874-06-1)
Kantor
pusat
London, Britania Raya
Bendera perusahaan memiliki St. George's Cross.

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Britania (Inggris: East India Company, EIC atau lengkapnya British East India Company), kadang kala disebut sebagai John Company, merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor, yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth I pada 31 Desember 1600, dengan tujuan untuk membantu hak perdagangan di India.

Perusahaan ini dibentuk dengan tujuan untuk menegaskan hak perdagangan di sekitaran kawasan Samudera Hindia. Awalnya perusahaan ini hanya melakukan aktivitas perdangangannya di wilayah anak benua India dan Asia Tenggara, namun akhirnya mereka memperluas perdangangan dengan Qing di China.[1]

Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. Perusahaan berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada 1858.

Adam Smith menulis, "Perbedaan antara konstitusi Britania yang jenius yang melindungi dan memerintah Amerika Utara, dan dari yang perusahaan perdagangan menekan dan mendominasi Hindia Timur, tidak dapat mungkin dapat digambarkan dari perbedaan "state" dari negara-negara tersebut."

Setelah Pemberontakan di India 1857, perusahaan ini mengalami kebangkrutan dan diambil alih oleh Kerajaan Inggris. Sedangkan wilayah Hindia Timur dibentuk Kemaharajaan Britania melalui Undang-undang untuk Pemerintahan di India tahun 1858.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "British East India Company | Sejarah dan Latar Belakangnya". Sedjarah.id. 2021-05-08. Diakses tanggal 2021-05-10.