Edgar Rice Burroughs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edgar Rice Burroughs
E-R-Burroughs.jpg
Pekerjaan novelis
Kebangsaan Amerika Serikat
Periode menulis abad ke-20
Aliran sastra petualangan, dunia yang hilang, fiksi ilmiah
Karya terkenal seri Tarzan, seri Barsoom


Edgar Rice Burroughs (lahir di Chicago, 1 September 1875 – meninggal di Encino, California, 19 Maret 1950 pada umur 74 tahun) adalah penulis Amerika Serikat yang dikenal sebagai pengarang cerita Tarzan dan John Carter.

Karier[sunting | sunting sumber]

Burroughs lahir 1 September 1875 di Chicago, Illinois. sebagai anak seorang usahawan, dan dibesarkan di pinggir kota Oak Park yang berdekatan. Sekolahnya sempat berpindah-pindah, dan ketika terjadi epidemi influenza di Chicago tahun 1891, ia mengungsi ke peternakan milik kakak-kakaknya di Raft River, Idaho. Burroughs melanjutkan ke Phillips Academy di Andover, Massachusetts sebelum masuk Akademi Militer Michigan. Setelah lulus Akademi Militer Michigan tahun 1895, ia ingin melanjutkan ke Westpoint namun gagal dalam ujian masuk. Setelah itu, ia menjadi prajurit di Resimen Kavaleri Ke-7 di Fort Grant, Teritori Arizona. Ia dibebastugaskan tahun 1897 setelah didiagnosis menderita gangguan jantung dan tidak layak tempur.

Setelah kembali menjadi warga sipil, ia berkali-kali berganti pekerjaan. Setelah sempat mengembara dan kerja di sebuah peternakan di Idaho, Burroughs bekerja di perusahaan bapaknya pada tahun 1899. Setelah menikahi Emma Centennia Hulbert tahun 1900, Burroughs berhenti kerja pada tahun 1905. Ia mendapat pekerjaan tidak tetap, mulanya di Idaho tapi kemudian kembali ke Chicago.

Pada tahun 1911, setelah tujuh tahun bekerja dengan upah rendah, ia bekerja di toko grosir rautan pensil dan mulai menulis cerita fiksi. Pada waktu itu, Burroughs dan Emma sudah dikaruniai dua orang anak, Joan dan Hulbert. Ia punya banyak waktu luang dan menjadi sering membaca majalah picisan. Di kemudian hari dia pernah berkata,

... kalau untuk menulis nonsens seperti yang aku baca di sebagian majalah itu, orang menerima bayaran, aku juga bisa menulis cerita-cerita yang tidak kalah nonsens. Sebenarnya, walaupun waktu itu aku belum pernah menulis cerita, aku tahu pasti kalau aku bisa menulis cerita-cerita yang sama menariknya, dan mungkin jauh lebih menarik daripada yang pernah aku baca di majalah-majalah itu.

Burroughs mulai menulis untuk majalah picisan, karya pertamanya, Under the Moons of Mars dimuat bersambung di majalah The All-Story tahun 1912.[1][2] Burroughs menerima honor AS$400 (kira-kira bernilai AS$7.600 pada tahun 2004).

Burroughs kemudian mulai mencari nafkah dari menulis. Setelah Under the Moons of Mars habis dimuat, dua novelnya yang lain sudah selesai, termasuk Tarzan of the Apes yang dimuat bersambung mulai Oktober 1912. Putra ketiga sekaligus anak bungsunya, John Coleman lahir tahun 1913.

Selain Tarzan, Burroughs juga menulis cerita fiksi ilmiah dan fantasi, seperti petualang bumi yang pergi ke berbagai planet, terutama planet Barsoom (nama yang dikarangnya untuk planet Mars), planet Amtor (alias Venus), pulau yang hilang, dan masuk ke dalam perut bumi dalam cerita seri Pellucidar. Selain itu, ia juga menulis cerita fiksi western dan roman sejarah. Selain di majalah All-Story, cerita-ceritanya banyak dimuat di Argosy Magazine.

Burroughs memanfaatkan kepopuleran Tarzan antara lain dengan membuat strip komik, film, dan barang-barang bergambar Tarzan. Pada tahun 1923, ia mendirikan perusahaan Edgar Rice Burroughs, Inc., dan mulai mencetak sendiri buku karangannya hingga tahun 1930-an. Ia menceraikan Emma pada tahun 1934 untuk menikah dengan mantan aktris Florence Gilbert Dearholt pada tahun berikutnya. Mantan istri dari salah seorang kawan, Ashton Dearholt mengadopsi kedua anak Dearholts. Pernikahan Burroughs dan Dearholts berakhir tahun 1942.

Ketika terjadi peristiwa Pearl Harbor, ia tinggal di Hawaii. Usianya sudah lanjut, hampir 70 tahun, tapi masih minta ditugaskan sebagai wartawan perang. Permintaannya dikabulkan, dan Burroughs menjadi wartawan perang Amerika Serikat yang paling tua selama Perang Dunia II. Seusai perang, ia kembali ke Encino, California, dan menjadi sakit-sakitan di masa tuanya. Setelah menulis hampir 70 judul novel, Edgar Rice Burroughs meninggal dunia 19 Maret 1950 akibat serangan jantung.

Tokoh Tarzan ciptaannya begitu terkenal hingga dipakai sebagai nama dua kota, Tarzana di California dan Tarzan di Texas. Pada tahun 1919, Burroughs membeli sebuah sebuah peternakan besar di utara Los Angeles, California yang dinamakannya "Tarzana". Ketika permukiman di sekitar peternakan itu dijadikan sebuah kota pada tahun 1928, penduduk setempat memilih untuk menamakan kota mereka Tarzana. Sementara itu, sebuah komunitas di Texas resmi disebut Tarzan, Texas setelah Dinas Pos Amerika Serikat mengabulkan usulan dari penduduk setempat. Konon, nama tersebut diusulkan karena kepopuleran film bisu Tarzan of the Apes yang dibintangi Elmo Lincoln dan periode awal strip komik Tarzan. Sebuah kaldera di Mars juga diberi nama untuk mengenang Burroughs.

Bibliografi terpilih[sunting | sunting sumber]

Seri Barsoom[sunting | sunting sumber]

Seri Tarzan[sunting | sunting sumber]

Seri Pellucidar[sunting | sunting sumber]

Seri Venus series[sunting | sunting sumber]

Caspak series[sunting | sunting sumber]

Seri Moon[sunting | sunting sumber]

  • The Moon Maid (1926) (alias The Moon Men)
    • Part I: The Moon Maid
    • Part II: The Moon Men
    • Part III: The Red Hawk

Seri Mucker[sunting | sunting sumber]

Fiksi ilmiah lain[sunting | sunting sumber]

Novel petualangan di hutan[sunting | sunting sumber]

Novel western[sunting | sunting sumber]

Novel sejarah[sunting | sunting sumber]

Karangan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]