Dumb Ways to Die

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dumb Ways to Die (Bahasa Indonesia: Cara Konyol untuk Mati) adalah iklan/game android layanan masyarakat produksi perusahaan kereta api swasta Melbourne bernama Metro Trains berdurasi selama tiga menit yang diluncurkan pada bulan November 2012. Iklan ini mengimbau orang menjaga keselamatan di sekitar kereta api.

Iklan ini dihiasi lagu riang dan tingkah lucu makhluk seperti ameba, dua menit pertama klip itu berisi hal konyol yang membahayakan seperti menyodok beruang dengan tongkat, memelihara ular berbisa, atau menjual dua ginjal lewat internet. Puncaknya, kecerobohan, seperti menerobos palang pelintasan kereta api atau terjatuh dari peron ke rel di stasiun.

Iklan ini telah disaksikan lebih dari 50 juta orang di Youtube. Iklan itu juga meraih 5 gelar Grand Prix, 18 Gold Lion, 3 Silver Lion, dan 2 Bronze Lion. Permainan Dumb Ways To Die ini bisa di download di ponsel bersistem operasi Android atau iOS.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Selain dianggap sebagai iklan layanan masyarakat yang bagus, Dumb Ways to Die juga mendatangkan kritik karena justru semakin menanamkan ide bahwa menabrakkan diri ke kereta api adalah cara yang efektif untuk bunuh diri. Versi video youtube dibatasi penayangannya di Russia karena adanya permintaan dari pemerintah setempat.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]