Drupa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram yang khas dari buah persik yang tergolong buah drupa drupa, menunjukkan daging dan bijinya
Urutan perkembangan khas buah berbiji, jenis buah persik berkulit halus (nektarin) (Prunus persica) selama periode 7 ½ bulan, mulai dari pembentukan kuncup pada awal musim dingin hingga pematangan buah pada pertengahan musim panas

Dalam botani, drupa (atau buah batu) adalah jenis buah indehisen (tidak terbelah untuk melepaskan bijinya saat matang) di mana bagian luar yang berdaging (eksokarp, atau kulit, dan mesokarp, atau daging) mengelilingi cangkang tunggal (lubang, batu, atau pirena) dari endokarp yang mengeras dengan biji di dalamnya.[1] Buah ini biasanya berkembang dari satu karpel, dan sebagian besar dari bunga dengan ovarium superior[1] (kecuali buah drupa polipiren).

Karakteristik definitif dari buah drupa adalah batu keras yang mengalami lignifikasi yang berasal dari dinding ovarium bunga. Dalam buah agregat, yang terdiri dari buah-buah drupa kecil yang terpisah-pisah (seperti raspberry), setiap individu buah disebut druplet, dan dapat bersama-sama membentuk buah agregat. Buah-buahan semacam itu sering disebut beri, meskipun ahli botani menggunakan definisi beri yang berbeda. Buah berdaging lainnya dapat memiliki selubung berbatu yang berasal dari kulit yang menyelimuti bijinya, tetapi buah seperti itu bukanlah buah drupa.

Tanaman berbunga yang menghasilkan buah drupa meliputi kopi, jujube, mangga, zaitun, sebagian besar pohon palem (termasuk kurma, sabal dan kelapa sawit), pistachio, jambu mete, dan semua anggota genus Prunus, termasuk almond, aprikot, ceri, persik, nektarin, dan prem.

Istilah drupaseus diterapkan pada buah yang memiliki struktur dan tekstur buah drupa,[2] tetapi tidak sesuai dengan definisi buah drupa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Stern, Kingsley R. (1997). Introductory Plant BiologyPerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-Seventh). Dubuque: Wm. C. Brown. ISBN 0-07-114448-X. 
  2. ^ Kiger, Robert W.; Porter, Duncan M. (2001). "Find term 'drupaceous'". Categorical Glossary for the Flora of North America Project. Diakses tanggal 2015-08-14.