Dora and the Lost City of Gold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dora and the Lost City of Gold
Teaser poster
SutradaraJames Bobin
ProduserKristin Burr
Skenario
CeritaTom Wheeler
Berdasarkan
Dora the Explorer
oleh Chris Gifford
Valerie Walsh Valdes
Eric Weiner
Pemeran
Penata musik
SinematograferJavier Aguirresarobe
PenyuntingMark Everson
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 9 Agustus 2019 (2019-08-09) (Amerika serikat)
  • 9 Agustus 2019 (2019-08-09) (Indonesia)
Durasi102 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$ 49 Juta
Pendapatan
kotor
$ 120.6 Juta

Dora and the Lost City of Gold adalah film petualangan Amerika tahun 2019 yang disutradarai oleh James Bobin. Ini adalah adaptasi live-action dan kelanjutan dari serial televisi Nickelodeon dan Nick Jr Dora the Explorer. Dibintangi oleh Isabela Moner sebagai karakter judul, dengan Eugenio Derbez, Michael Peña, Eva Longoria, dan Danny Trejo dalam peran pendukung.[1]

Adaptasi live-action film Dora the Explorer diumumkan pada tahun 2017,[2] dan Moner berperan dalam peran tituler pada Mei 2018. Anggota pemeran yang tersisa dipekerjakan sepanjang sisa musim panas dan gugur, dan pembuatan film berlangsung dari Agustus hingga Desember 2018 di Australia.

Film ini dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat dan Indonesia pada 9 Agustus 2019, oleh Paramount Pictures. Ini menerima ulasan yang umumnya positif dari para kritikus, yang memuji kinerja Monet dan humor sadar diri, dan telah mendapat $ 120 juta di seluruh dunia.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Jauh di dalam hutan Peru, Dora, putri penjelajah Cole dan Elena, menghabiskan hari-harinya untuk bertualang dengan teman monyetnya Boots, sepupunya Diego. Dora lahir dari keluarga Spanyol-Amerika Serikat. Semasa kecilnya, Dora sering bersenang-senang dengan teman imajinasinya yaitu Ransel dan Peta, sambil menggagalkan rencana Swiper, si rubah pencuri. Ketika Dora dan Diego berusia 6 dan 7 tahun, Diego pergi bersama keluarganya ke Amerika Serikat, tepatnya Los Angeles, sementara keluarga Dora tetap hidup di Peru, yang membuat Dora bisa berbahasa Inggris dan Spanyol.

Sepuluh tahun kemudian, orang tua Dora menguraikan lokasi Parapata. Dora ingin ikut bertualang, tetapi orangtua Dora memilih untuk mengirim Dora ke sekolah Diego di Los Angeles saat mereka melakukan perjalanan ke kota yang hilang. Tinggal bersama keluarga Diego, Dora bertemu sesama siswa yaitu Sammy si ketua kelas yang pintar dan Randy yang suka film survival. Namun, kunjungan pertama Dora ke sekolah membuat Diego malu karena tingkah Dora yang 'tidak biasa'. Pada kunjungan lapangan kelas ke museum, Dora dan yang lainnya terpikat ke arsip yang tidak dipamerkan, di mana mereka ditangkap oleh tentara bayaran yang menerbangkannya ke Peru. Ketika mereka mendarat, seorang pria bernama Alejandro, yang mengaku sebagai teman orang tua Dora, membantu mereka melarikan diri. Dalam prosesnya tentara bayaran, dibantu oleh Swiper, mencuri peta Dora. Alejandro melaporkan bahwa orang tua Dora telah hilang, dan bahwa tentara bayaran mencari mereka dengan harapan bisa masuk ke Parapata dan mencuri harta karunnya. Dora memutuskan untuk menemukan orang tuanya terlebih dahulu dengan bantuan Alejandro, sementara remaja lainnya datang dengan harapan bisa diselamatkan.

Kelompok ini melakukan perjalanan melalui banyak rintangan, termasuk pasir isap, teka-teki kehancuran Inca, dan serangan dari penjaga hutan Parapata. Setelah banyak bahaya, Dora mencapai orang tuanya di luar perbatasan Parapata, tetapi Alejandro mengungkapkan dia bekerja untuk tentara bayaran selama ini dan menangkap mereka. Para remaja lainnya juga tertangkap, tetapi Boots si monyet membantu mereka melarikan diri. Dengan orang tua Dora masih ditahan, para remaja memutuskan untuk menemukan jalan di dalam Parapata dengan harapan mendapatkan harta yang bisa mereka gunakan untuk tawar-menawar pembebasan Elena dan Cole.

Di dalam kota yang tersembunyi, Dora dan yang lainnya memecahkan teka-teki kuilnya dan menghindari jebakannya, membawanya ke kuil pusat. Alejandro ternyata telah mengikuti mereka, dan berusaha untuk mencuri idola sentralnya sendiri, tetapi malah jatuh ke dalam perangkap. Para prajurit yang menjaga Parapata, yang dipimpin oleh ratu mereka, mengalahkan tentara bayaran dan menghadapi para remaja. Ratu tersebut mengancam Dora dan teman-temannya dengan bahasa Quechua, yang membuat Dora mengerti karena itu adalah bahasa asli di wilayah Peru. Memastikan bahwa para remaja hanya datang untuk orang tuanya dan untuk belajar, ratu Inca mengizinkan para remaja dan keluarga Dora untuk pergi, memungkinkan mereka melihat sekilas harta terbesar mereka.

Para remaja dan orang tua Dora tiba di rumah hutan Dora. Orangtuanya mendiskusikan akan melakukan ekspedisi lain sebagai satu keluarga, tetapi Dora memutuskan untuk kembali ke sekolah di Los Angeles. Dia dan remaja lainnya merayakan di sebuah pesta sementara Alejandro dan tentara bayaran tetap menjadi tahanan di Parapata.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada 24 Oktober 2017, kesepakatan dibuat untuk versi live action dari serial televisi populer yang akan dibuat, dengan James Bobin sebagai sutradara. Nicholas Stoller dan Danielle Sanchez-Witzel disewa untuk menulis naskah, dengan produksi Platinum Dunes Michael Bay, meskipun Bay sendiri tidak akan terlibat dalam produksi. Namun pada bulan Agustus 2018, Bay mengungkapkan bahwa ia dan rekan-rekannya di Platinum Dunes tidak pernah terlibat dalam film tersebut, dan bahwa laporan yang pertama kali diketahui pada Oktober 2017 itu salah. Dikatakan bahwa film ini akan menggambarkan versi remaja Dora yang pindah ke kota untuk tinggal bersama sepupunya, Diego. Film ini dikeluarkan tanggal rilis 2 Agustus 2019. Pada Mei 2018, Isabela Moner berperan untuk memerankan Dora. Eugenio Derbez memulai negosiasi untuk bergabung pada bulan Juni.

Dia dipastikan akan muncul pada bulan Juli, dengan Micke Moreno berperan sebagai Diego, yang nantinya akan digantikan oleh Jeffery Wahlberg. Eva Longoria dan Michael Peña berperan sebagai orang tua Dora. Madeleine Madden juga bergabung dengan para pemeran film. Pada bulan Oktober, Q'orianka Kilcher ditambahkan ke pemain. Pada bulan November, Pia Miller berperan sebagai bibi Dora, Mami. Pada bulan Desember 2018, Benicio del Toro bergabung dengan para pemain sebagai suara Swiper. Pada bulan Maret 2019, Danny Trejo mengumumkan bahwa ia bergabung dengan film ini sebagai suara Boots the Monkey.

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes Moner mengungkapkan bahwa dia belajar bahasa Quechua untuk karakter tersebut. Dia mengatakan bahwa film ini akan "membawa penonton ke Machu Picchu" untuk "mengeksplorasi budaya Inca". Dia lebih lanjut berkomentar bahwa "Dora sangat berbudaya dan dia tahu segalanya tentang segalanya", juga "Dora tidak memiliki etnis yang jelas".

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pembuatan film dimulai pada 6 Agustus 2018, di Queensland, Australia dan berakhir pada awal Desember 2018.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer untuk film ini dirilis pada 2019 Kids 'Choice Awards pada 23 Maret 2019. Trailer tersebut juga mengungkapkan bahwa co-penulis Monster Trucks, Matthew Robinson, turut menulis skenario dengan Nicholas Stoller.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada 9 Agustus 2019.[3] Sebelumnya dijadwalkan pada 2 Agustus 2019.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer untuk film ini dirilis pada 2019 Kids 'Choice Awards pada 23 Maret 2019. Trailer tersebut juga mengungkapkan bahwa co-penulis Monster Trucks, Matthew Robinson dan Nicholas Stoller menerima penghargaan skenario.[4]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Dora dan Lost City of Gold dirilis pada Digital HD pada 5 November 2019, dan dirilis dalam DVD dan Blu-ray pada 19 November 2019.[5]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Dora dan Lost City of Gold telah mendapat $ 60,5 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 59,2 juta di wilayah lain dengan total dunia $ 119,7 juta dibandingkan dengan anggaran produksi $ 49 juta.[6]

Di Amerika Serikat dan Kanada, film ini dirilis bersama The Kitchen, The Art of Racing in the Rain, Scary Stories to Tell in the Dark dan Brian Banks, dan diproyeksikan menghasilkan $ 15-20 juta dari 3.500 bioskop pada akhir pekan pembukaannya. Film ini menghasilkan $ 6,7 juta pada hari pertama, termasuk $ 1,25 juta dari preview Kamis malam. Ini masuk ke debut menjadi $ 17 juta, menempatkan di posisi keempat di box office; 46% dari audiensnya adalah orang Latin, sementara 32% adalah orang Kaukasia, 11% orang Afrika-Amerika, dan 10% orang Asia.[7] Penghasilan Ini turun 51% di akhir pekan kedua menjadi $ 8,5 juta, berakhir di urutan keenam. Ini kemudian menghasilkan $ 5,3 juta di akhir pekan ketiga dan $ 4,1 juta di keempat, dan $ 2,7 juta di kelima.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 84% berdasarkan 148 ulasan dengan peringkat rata-rata 6.48/ 10. Konsensus kritis situs tersebut berbunyi: "Dipimpin oleh kinerja yang baik dari Isabela Moner, Dora dan Lost City of Gold adalah petualangan ramah keluarga yang mempertahankan semangat mudanya[8]." Metacritic memberi film tersebut skor rata-rata tertimbang dari film tersebut. 63 dari 100, berdasarkan 14 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan". PostTrak melaporkan bahwa penonton film dewasa dan anak-anak memberikan rata-rata 4,5 dan 3,5 bintang dari masing-masing 5 .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D'Alessandro, Anthony (August 10, 2018). "'Dora The Explorer' First Photo Unveiled; Nicholas Coombe Joins As Production Gets Underway". Deadline. Diakses tanggal August 10, 2018. 
  2. ^ "'Dora the Explorer' First Look at a Grown-Up Dora Reminds You That Yep, This Movie is Happening". /Film (dalam bahasa Inggris). 2018-08-10. Diakses tanggal 2020-03-11. 
  3. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-05-07). "'Dora And The Lost City Of Gold' Moves Release Date After 'Artemis Fowl' Flees August". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-11. 
  4. ^ "Dora and Boots head to the 'Lost City of Gold' in live-action movie trailer". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-11. 
  5. ^ "Dora and the Lost City of Gold DVD Release Date November 19, 2019". DVDs Release Dates (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-11. 
  6. ^ "Dora and the Lost City of Gold (2019) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-08-14. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-08-11). "'Hobbs' Hauls $25M; 'Scary Stories' Frighten 'Dora'; 'Kitchen' Sinks Melissa McCarthy & Tiffany Haddish To Career B.O. Lows – Sunday Final". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-11. 
  8. ^ Dora and the Lost City of Gold (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-08-10 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]