Donatello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Donatello

Patung Donatello di luar Uffizi Galleria.
Nama asli Donato di Niccolò di Betto Bardi
Tanggal lahir sekitar tahun 1386
Firenze, Italia
Tanggal wafat 13 Desember 1466 (umur 80)
Firenze, Italia
Kebangsaan Florentina, Italia
Bidang Seni patung
Tempat menimba ilmu Lorenzo Ghiberti
Aliran Awal abad Renaisans
Karya St. George, David, Equestrian Monument of Gattamelata


Donato di Niccolò di Betto Bardi (sekitar 1386 - 13 Desember 1466), juga dikenal sebagai Donatello, adalah seorang seniman dan pematung Italia dari Firenze pada awal abad Renaisans. Ia dikenal sebagai salah satu pematung terbaik pada zamannya. Ia menggunakan tipe khusus dalam teknik mematung yang membuat karyanya terlihat sangat nyata.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Patung St. Yohanes Pembaptis di Katedral Siena

Donatello adalah putra dari Niccolò di Betto Bardi, anggota Persekutuan Florentine Wool Combers, dilahirkan di Firenze dan kemungkinan besar pada tahun 1386. Donatello dididik di rumah keluarga Martelli.[1] Ia tampaknya menerima pelatihan awal seninya di sebuah bengkel tukang emas dan kemudian bekerja sebentar di studio Lorenzo Ghiberti.

Sementara menjalankan studi dan penggalian dengan Filippo Brunelleschi di Roma (1404-1407), Donatello mencari nafkah dengan bekerja di toko-toko pandai besi. Persinggahan Romawi mereka menentukan bagi seluruh perkembangan seni Italia pada abad ke-15, dimana selama periode itu Brunelleschi melakukan pengukuran dari kubah Pantheon dan bangunan Romawi lainnya. Baik bangunan Brunelleschi maupun patung Donatello, keduanya dianggap sebagai ekspresi tertinggi dalam seni arsitektur dan patung pada era ini, dan mereka memberikan pengaruh kuat kepada para pelukis zaman itu.

Bekerja di Firenze[sunting | sunting sumber]

Di Firenze, Donatello membantu Lorenzo Ghiberti membuat patung para nabi untuk pintu utara Baptisterium Firenze, dan menerima pembayaran pada bulan November 1406 dan awal 1408. Pada tahun 1409-1411, ia mengerjakan sosok duduk kolosal Santo Yohanes Penginjil, yang menempati relung depan katedral tua hingga 1588 dan sekarang ditempatkan di sebuah kapel gelap di Duomo. Karya ini menandai langkah maju Mannerisme Gotik dalam mencari naturalisme dan menyerahkan perasaan manusia.[2] Wajah, bahu dan dada masih terlihat ideal, sedangkan tangan dan lipatan kain di atas kaki terlihat lebih realistis.

Makam Anti-Paus Yohanes XXIII di Baptisterium Firenze.

Pada tahun 1411-1413, Donatello mengerjakan sebuah patung St. Markus untuk gereja Orsanmichele. Pada tahun 1417, ia menyelesaikan St. George. Dari tahun 1423, ia mengerjakan St. Louis dari Toulouse, sekarang ada di Museum Basilica di Santa Croce. Donatello juga memahat sebuah tabernakel untuk karya ini, tapi kemudian dijual pada tahun 1460 ke rumah Ketegaran St Thomas oleh Verrocchio.

Antara tahun 1415 dan 1426, Donatello menciptakan lima patung untuk menara bel Santa Maria del Fiore di Firenze, juga dikenal sebagai Duomo. Karyanya antara lain adalah Beardless Prophet; Bearded Prophet (keduanya dari tahun 1415); Sacrifice of Isaac (1421); Habbakuk (1423-1425), dan Jeremiah (1423-1426); yang mengikuti model klasik untuk orator dan ditandai dengan detil potret yang kuat. Selanjutnya adalah relief Pazzi Madonna di Berlin. Pada tahun 1425, ia mengerjakan Crucifix yang terkenal untuk Santa Croce, karya ini menggambarkan Kristus di saat-saat penderitaan, mata dan mulut terbuka sebagian, tubuhnya dalam postur kaku.

Antara tahun 1425-1427, Donatello berkolaborasi dengan Michelozzo pada monumen pemakaman Antipaus Yohanes XXIII untuk Battistero di Firenze. Donatello membuat sosok perunggu almarhum yang sedang berbaring, di bawah sebuah kulit kerang. Pada tahun 1427, ia menyelesaikan sebuah panel marmer untuk monumen pemakaman Kardinal Rainaldo Brancacci di gereja Sant'Angelo a Nilo di Naples. Pada periode yang sama, ia mengerjakan relief Feast of Herod serta patung-patung Faith dan Hope untuk Baptisterium San Giovanni di Siena. Relief tersebut sebagian besar dalam stiacciato, sedangkan gambar latar depan dikerjakan dengan bass-relief.

Tugas besar di Firenze[sunting | sunting sumber]

David di Museum Bargello, Firenze.

Sekitar tahun 1430, Cosimo de' Medici, pelindung seni terkemuka di jamannya, meminta patung perunggu David milik Donatello (sekarang di Bargello) untuk pengadilan di istana Palazzo Medici. Sekarang, patung ini merupakan karya Donatello yang paling terkenal. Pada saat pembuatannya, ini adalah patung berdiri-telanjang pertama yang diketahui diproduksi sejak zaman kuno.

Patung St. George di Orsanmichele, Firenze

Beberapa orang menganggap bahwa David memiliki rasa homo-erotis dan beberapa berpendapat bahwa hal ini mencerminkan orientasi sang seniman.[3]. Namun, rincian hubungan Donatello yang pasti harus tetap spekulatif. Sejarawan Paul Strathern, membuat klaim bahwa Donatello tidak merahasiakan homoseksualitasnya dan perilakunya itu ditoleransi oleh teman-temannya.[4] Mungkin ini tidak mengejutkan dalam konteks sikap yang berlaku di abad 15 dan 16 republik Florentine. Namun, rincian kecil diketahui dengan kepastian tentang kehidupan pribadinya dan tidak ada yang menyebutkan tentang seksualitasnya dalam arsip Firenze (dalam hal pembatalan)[5] meskipun selama periode ini tidak lengkap.[6]

Ketika Cosimo diasingkan dari Firenze, Donatello pergi ke Roma sampai tahun 1433. Dua karya yang bersaksi atas kehadirannya di kota ini adalah Makam Giovanni Crivelli di Santa Maria di Aracoeli, dan Siborium di Basilika Santo Petrus, yang melahirkan karya dari pengaruh klasik yang kuat.

Kembalinya Donatello ke Firenze hampir bersamaan dengan Cosimo. Pada Mei 1434, ia menandatangani kontrak untuk mimbar marmer bagian depan katedral Prato, proyek terakhir yang dijalankan bersama Michelozzo. Pada tahun 1435, ia mengerjakan Annunciation untuk altar Cavalcanti di Santa Croce, terinspirasi oleh ikonografi abad ke-14, dan pada tahun 1437-1443 ia bekerja di Sakristi Lama dari Basilika San Lorenzo di Firenze, pada dua pintu dan lunette (setengah bulan) menggambarkan para santo, serta delapan stuko tondo. Dari tahun 1438, ia mengerjakan patung kayu St Yohanes Penginjil untuk Basilika Santa Maria Gloriosa dei Frari di Venesia. Sekitar tahun 1440, ia mengerjakan patung Young Man with a Cameo yang sekarang ada di Bargello, contoh pertama dari sebuah potret dada-berbaring sejak era klasik.

Di Padua[sunting | sunting sumber]

Patung berkuda Gattamelata di Padua.

Pada tahun 1443, Donatello dipanggil ke Padua oleh ahli waris condottiero Erasmo da Narni yang terkenal dan meninggal pada tahun itu. Selesai pada tahun 1450 dan ditempatkan di alun-alun menghadap Basilika St. Anthony, patung berkuda Erasmo (lebih dikenal sebagai Gattamelata atau "Honey-Cat") adalah contoh pertama yang menyerupai sebuah monumen sejak zaman kuno. (Patung berkuda lainnya dari abad ke-14, tidak pernah dikerjakan dengan perunggu dan telah ditempatkan di atas pemakaman daripada didirikan secara independen di tempat umum.) Karya ini menjadi purwarupa untuk monumen berkuda lainnya yang dikerjakan di Italia dan Eropa pada abad-abad berikutnya.

Untuk Basilika St. Anthony, Donatello membuat Salib perunggu yang paling terkenal (1444-1447) dan patung-patung tambahan untuk paduan suara, termasuk Madonna dengan Anak dan enam santo yang membentuk suatu Percakapan Kudus, namun tidak lagi terlihat sejak renovasi oleh Camillo Boito pada tahun 1895. Madonna dengan Anak menggambarkan Anak tersebut ditampilkan kepada jamaat, diatas sebuah singgasana yang diapit oleh dua sphinx. Di bagian belakang singgasana terdapat sebuah relief Adam dan Hawa. Selama periode 1446-1450, Donatello juga mengerjakan empat relief penting mengenai adegan kehidupan St. Anthony untuk altar atas.

Tahun terakhir di Firenze[sunting | sunting sumber]

Donatello kembali ke Firenze pada tahun 1453. Karya Judith dan Holofernes mulai dibuat untuk Katedral Siena pada tahun 1455-1460, tetapi kemudian diakuisisi oleh keluarga Medici. Sampai tahun 1461, Donatello tetap berada di Siena, tempat ia menciptakan Santo Yohanes Pembaptis juga untuk Katredal Siena, dan pola untuk gerbangnya kini hilang.

Untuk tugas terakhirnya di Firenze, Donatello menghasilkan relief perunggu untuk mimbar gereja San Lorenzo, dengan bantuan dari siswa Bartolomeo Bellano dan Bertoldo di Giovanni. Donatello menyediakan desain umum dan mengerjakan sendiri Martyrdom of St. Lawrence dan Deposition from the Cross, ia mengerjakan relief Christ before Pilate and Christ before Caiphus bersama Bellano. Donatello meninggal di Firenze pada tahun 1466 dan dimakamkan di Basilika San Lorenzo, di samping Cosimo de' Medici.

Patung Habakkuk dari menara lonceng katedral, Firenze.

Karya besar[sunting | sunting sumber]

  • "St. Mark" (1411–1413), Orsanmichele, Firenze
  • "St. George Tabernacle" (sekitar 1415–1417) — Museo Nazionale del Bargello, Firenze
  • "Prophet Habacuc" (1423–1425) — Museo dell'Opera del Duomo, Firenze
  • "The Feast of Herod" (sekitar 1425) — Baptismal font, Baptisterium San Giovanni, Siena
  • "David" (sekitar 1425–1430) — Museo Nazionale del Bargello, Firenze
  • "Equestrian Monument of Gattamelata" (1445–1450) — Piazza del Santo, Padua
  • "Magdalene Penitent" (sekitar 1455) — Museo dell'Opera del Duomo, Firenze
  • "Judith and Holofernes" (1455–1460) — Palazzo Vecchio, Firenze
  • "Virgin and Child with Four Angels" atau "Chellini Madonna" (1456), Museum Victoria dan Albert

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Giorgio Vasari: art and history Oleh Patricia Lee Rubin. Diakses pada 20 Oktober 2009.
  2. ^ Janson, The Sculpture of Donatello, Princeton, 1963.
  3. ^ H.W. Janson, The Sculpture of Donatello, Princeton, 1957, II, 77-86; Laurie Schneider, "Donatello's Bronze David," The Art Bulletin, 55 (1973) 213-216.
  4. ^ Paul Strathern, The Medici:Godfather of the Renaissance, London, 2003
  5. ^ J. Poeschke, "Donatello and His World" (1994)
  6. ^ Louis Crompton, Homosexuality and Civilization, Harvard Press, 2003, hlm. 264.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini memuat teks dari Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, publikasi yang sekarang berada di domain umum.

  • Artikel Donatello di edisi tahun 1911 Encyclopaedia Britannica
  • Adrian W. B. Randolph, Engaging symbols: gender, politics, and public art in fifteenth-century Florence. Yale University Press, 2002.
  • Giorgio Vasari, Le vite de' più eccellenti pittori, scultori e architettori Lives of the Most Excellent Painters, Sculptors, and Architects, Firenze 1568, edizione a cura di R. Bettarini e P. Barocchi, Firenze 1971.
  • Rolf C. Wirtz, Donatello, Könemann, Colonia 1998. ISBN 3-8290-4546-8
  • Charles Avery, Donatello. Catalogo completo delle opere, Firenze 1991
  • Bonnie A. Bennett e David G. Wilkins, Donatello, Oxford 1984
  • Michael Greenhalg, Donatello and his sources, Londra 1982
  • Volker Herzner, Die Judith del Medici, in Zeitschrift für Kunstgeschichte, 43, 1980, pp. 139–180
  • Horst W. Janson, The sculpture of Donatello, Princetown 1957
  • Hans Kauffmann, Donatello, Berlino 1935
  • Peter E. Leach, Images of political Triumph. Donatello's iconography of Heroes, Princetown 1984
  • Pierluigi De Vecchi ed Elda Cerchiari, I tempi dell'arte, volume 2, Bompiani, Milano 1999. ISBN 88-451-7212-0
  • Donatello e il suo tempo, atti dell'VIII convegno internazionale di Studi sul Rinascimento, Firenze e Padova, 1966, Firenze 1968

Pranala luar[sunting | sunting sumber]