Dokter spesialis patologi anatomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dokter spesialis patologi anatomi adalah salah satu cabang spesialisasi medis yang pekerjaan utamanya adalah melakukan diagnosis berdasarkan jaringan atau cairan yang dikirim oleh klinisi. Jaringan atau cairan yang dikirim ke laboratorium patologi anatomi harus disertai surat pengantar yang berisi identitas pasien, asal sampel, dan diagnosis klinis.

Secara garis besar ada 2 macam pemeriksaan dasar yang dilakukan yaitu pemeriksaan histopatologi dan sitologi. Pemeriksaan histopatologi adalah pemeriksaan dari jaringan tubuh manusia, di mana jaringan itu dilakukan pemeriksaan dan pemotongan makroskopis, diproses sampai siap menjadi slide atau preparat yang kemudian dilakukaan pembacaan secara mikroskopis untuk penentuan diagnosis. Pemeriksaan sitologi adalah pemeriksaan dari cairan tubuh manusia yang kemudian diproses, yaitu dilakukan fiksasi dan pemberian pigmen kemudian dilakukan pembacaan dengan mikroskop. Perbedaan utama antara pemeriksaan histopatologi dan sitologi adalah di mana pada pemeriksaan histopatolologi akan tampak struktur jaringan, sedangkan pada pemeriksaan sitologi hanya tampak gambaran sel-sel nya tanpa terlihat struktur jaringannya.

Peran penting dokter spesialis patologi anatomi yang utama adalah menentukan apakah itu suatu tumor atau bukan, bila itu tumor, apakah tumor ganas atau jinak melalui pembacaan dengan mikroskop.