Divisi Penerbangan Sipil Timor Leste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Divisi Penerbangan Sipil Timor Leste adalah bagian dari organisasi pemerintah yang didirikan di bawah Departemen Transportasi dan Komunikasi di Departemen Transportasi, Komunikasi Dan Pekerjaan Umum (MTCOP) untuk mempromosikan keselamatan, efisiensi dan keteraturan layanan penerbangan di Timor Leste. Divisi penerbangan sipil juga memiliki tanggung jawab untuk merencanakan keseluruhan, pelaksanaan dan pengoperasian layanan penerbangan di Timor Leste.

Peraturan diterapkan oleh divisi penerbangan sipil di Timor Timur sesuai dengan Standar dan Rekomendasi Praktik yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Kepala Divisi Penerbangan Sipil adalah seorang Direktur yang akan memberi nasehat kepada Menteri Transportasi, Komunikasi dan Pekerjaan Umum untuk semua kebijakan penerbangan yang penting terutama mengenai penerbangan sipil internasional termasuk yang berkaitan dengan layanan udara dan navigasi di Timor Leste.

Operasi domestik[sunting | sunting sumber]

Divisi Penerbangan Sipil menyediakan jasa bandara dan jasa navigasi udara untuk Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato, sesuai dengan standar pelayanan internasional. Beberapa bandara lain, seperti Bandar Udara Baucau dan Bandar Udara Suai, tetap sebagai bandara tanpa pengawasan. Sebagian besar penerbangan yang beroperasi ke Bandar Udara Lobato hanya untuk penerbangan sewaan saja.

Operasi luar negeri[sunting | sunting sumber]

Sekarang ada tiga maskapai penerbangan asing yang beroperasi ke Dili untuk tujuan penerbangan komersial. Merpati Airlines dari Indonesia menyediakan layanan penumpang harian antara Denpasar dan Dili, dan Airnorth menyediakan layanan penumpang dua kali sehari ke Darwin, sedangkan AustAsia Airlines, menggunakan pesawat sewaan SilkAir mengoperasikan penerbangan ke Singapura tiga kali seminggu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]