Dave Grohl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
David Grohl
Dave-Grohl.jpg
Dave Grohl
Latar belakang
Nama lahir David Eric Grohl
Lahir 14 Januari 1969 (umur 45)
Warren, Ohio
United States
Genre Alternative rock, grunge, post-grunge, hard rock, heavy metal
Pekerjaan Musisi, penyanyi-penulis lagu
Tahun aktif 1986-sekarang
Label RCA, Capitol, Geffen, Dischord
Artis terkait Nirvana, Foo Fighters, Scream, Them Crooked Vultures, Queens of the Stone Age, Tenacious D, Tom Petty and the Heartbreakers
Instrumen khusus

Gibson SG (Early,1995 - 2000)

Gibson DG-335
Gibson ES-335
Gibson Firebird
Gibson Explorer
Ampeg Dan Armstrong
DW Jazz Series

Dave Grohl (lahir 14 Januari 1969 di Warren, Ohio, Amerika Serikat). Ia dibesarkan di Springfield, Virginia, sebuah kawasan pinggir kota Washington D.C. adalah musisi rock Amerika, multi-instrumentalis, penyanyi-penulis lagu dan juga vokalis utama, gitaris, dan pendiri Foo Fighters , yang sebelumnya melejit sebagai drummer dalam band grunge Nirvana. Ia memiliki banyak proyek sampingan seperti Probot, serta terlibat dengan rekaman band Queens of the Stone Age beberapa kali , juga sebagai drummer dan pendiri dari supergrup Them Crooked Vultures, dan yang terbaru Dave Grohl mempunyai sebuah proyek film dokumenter yaitu Sound City Movie, dia disini berperan sebagai Sutradara. Film ini menceritakan studio rekaman legendaris Sound City yang banyak menelurkan album-album fenomenal dan di dalam film ini banyak sekali para musisi-musisi legendaris yang ikut maramaikan film ini. Dave Grohl juga telah melakukan banyak sesi bekerja sama (sebagai drummer) untuk berbagai musisi, seperti Garbage, Killing Joke, Nine Inch Nails, The Prodigy, Juliette Lewis, Tenacious D, Tom Petty and the Heartbreakers, Lemmy Kilmister, Slash, dan Paul McCartney

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nama Lengkap David Eric Grohl. Ia dibesarkan di Springfield, Virginia, sebuah kawasan pinggir kota Washington D.C.ketika Grohl berusia enam tahun, orang tuanya bercerai, dan Grohl tumbuh hidup dengan ibunya. Ia memulai memainkan gitar pada usia 10 tahun, mendapat pengaruh utama dari Led Zeppelin dan Jimmy Page (Kelak ia juga menunjukkan penghargaan kepada Stevie Ray Vaughan dan Warren Hayne dari Allmans dan Gou't Mule sebagai pemberi inspirasi). Grohl sempat ikut kursus gitar selama setahun, namun ia bosan karena tidak mendapatkan hal-hal yang dia ingin pelajari. Sebagai gantinya, Ia memilih belajar sendiri dengan mengandalkan telinganya, mengulik koleksi rekaman The Beatles dan Led Zeppelin. Gitar "serius" yang pertama ia miliki, merupakan hadiah ulang tahunnya yang ke-12, sebuah Silverstone yang dilengkapi ampli pada casenya. Selain terpikat pada gitar, Grohl juga belajar memainkan drum secara autodidak dengan cara yang tidak begitu lazim, ia membuat satu tiruan set drum marching-band sebagai alat pemukul. Tokoh utama yamg mempengaruhi permainan drumnya adalah John Bonham dari Led Zeppelin, Ia meniru permainan Bonzo, memukuli semua bagian drum sekeras mungkin. Grohl beralih ke musik punk setelah ia mengacak acak koleksi rekaman hardcore punk milik sepupunya. Ia larut dalam karya beberapa band seperti Bad Brains dan Minor Threat, Kemudian mengadopsi gaya permainan mereka yang ingar-bingarr, baik dalam permainan gitar maupun drum. Di pertengahan usia remaja, sebelum bergabung dengan band punk Freak Baby sebagai gitaris, Grohl sempat menjadi gitaris lepas beberapa band yang menyanyikan lagu-lagu band terkenal di kawasan Washington D.C. belakangan,band ini mendepak pemain bassnya. Kedudukan pemain bass tersebut digantikan oleh sang penabuh drum. Grohl diminta jadi drummer.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Scream (1986–1990)[sunting | sunting sumber]

Dave Grohl with Scream, 1990.

Tak lama kemudian, Pada 17 tahun Grohl mengikuti audisi drummer band hardcore punk lokal yang kondang saat itu, Scream, yang dimana band ini ditinggalkan oleh pemain drummernya Kent Stax dan Untuk dapat memenuhi sarat untuk melakukan audisi, Grohl berbohong tentang usianya, ia mengklaim bahwa dia berusia 20 tahun. dan Yang mengejutkan Grohl, band ini memintanya untuk bergabung dengan untuk menjadi Drummer . Grohl meninggalkan bangku sekolah untuk ikut Scream menggelar tur Selama empat tahun . Tetabuhan bombastis serta pendekatan yang mengandalkan skill membuat Grohl punya nilai lebih dibandingkan kebanyakan drummer punk saat itu yang asal gepuk. Nama Grohl pun menjadi pembicaraan di kalangan musisi punk lokal sebagai drummer yang permainannya layak disimak. Sambil bermain di Scream, Grohl menjadi penggemar The Melvins dan akhirnya berteman dengan band itu. Selama berhenti tur 1990 di west coast, Buzz Osborne salah satu personil The Melvins memperkenalkan beberapa teman-temannya, Kurt Cobain dan Krist Novoselic, dan diajak untuk menonton konser band mereka.

Nirvana (1990–1994)[sunting | sunting sumber]

Beberapa bulan kemudian Scream tiba-tiba dibubarkan menyusul kepergian pemain bassnya, Grohl direkomendasikan Kurt Cobain. Saat itu Nirvana baru saja memecat drumer-nya, Chad Channing. Pindah ke Seattle tahun 1990, Grohl mematangkan sound mentah Nirvana dengan menambahkan rhythm-rhythm padat yang dijejalkannya ke dalam gatya proto-grunge polos ala Nirvana. Dengan Grohl dibelakang drum, pamor Nirvana sebagai band panggung meningkat drastis. Band ini teken kontrak dengan Geffen, kemudian pada 1991 meluncurkan Nevermind, album yang mengubah wajah industri musik era' 90-an. Dengan Kurt Cobain pada vokal dan gitar atau Krist Novoselic.(Grohl tak punya kesempatan bermain gitar atau harus tetap berada di balik drum). Meskipun Grohl telah menulis beberapa lagu , ia menolak untuk memperkenalkan lagu-lagunya pada band ini karena takut merusak citra mereka. Sebaliknya, ia membuat dan mmerekam sendiri, dan merilis sebuah kaset yang diberi nama Pocketwatch pada tahun 1992 pada indie label .Daripada menggunakan nama sendiri, Grohl merilis kaset dengan nama samaran "Late!". Dalam tahun-tahun terakhir Nirvana, kontribusi Grohl terhadap penulisan lagu meningkat. lalu Cobain mendengar dia bahwa bekerja pada sebuah lagu yang berjudul "Color Pictures of a Marigold", dan keduanya akhirnya bekerjasama. Grohl kemudian merekam lagu untuk kaset Pocketwatch. Selama sesi untuk album In Utero, ia memutuskan untuk merekam ulang lagu, dan band ini merilisnya disisi B pada, berjudul "Marigold". Grohl juga memberikan kontribusi riff gitar utama untuk lagu "The Apprentice Scentless". sebuah wawancara di MTV akhir tahun 1993, Cobain mencatat bahwa ia senang dengan memiliki Krist Novoselic dan Dave Grohl kontribusinya sangat luar biasa untuk penulisan lagu band ini.

Sebelum sampai 1994 tur Eropa mereka, band ini dijadwalkan waktu sesi di Robert Lang Studio di Seattle untuk bekerja pada demo. sebagian besar sesi selama tiga hari Cobain tidak hadir, jadi Novoselic dan Grohl bekerja pada demo lagu mereka sendiri. Duo ini selesai beberapa dengan beberapa lagu Grohl, ("ini dalah cikal bakal Foo Fighters") lagu Exhausted, Big Me, February Stars, and Butterflies. Pada hari ketiga sesi Cobain akhirnya tiba dan band ini merekam demo lagu yang kemudian dinamai You Know You're Right. Itu adalah rekaman studio terakhir band ini.

Foo Fighters (1994-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Ketika Cobain memutuskan bergabung dengan paduan suara di alam baka pada tahun 1994, Grohl tidak punya band untuk bernaung. Ia sempat berpikir untuk mundur sepenuhnya dari bisnis musik, namun akhirnya ia membongkar-bongkar tumpukan demo-demonya dan memutuskan merekam lagu-lagu terbaiknya di Studio profesional. Setelah merekam sendiri sebagian besar lagu-lagu tersebut, ia memberikan kopinya kepada beberapa teman. Tanpa Grohl sadari, beredar kabar dari mulut ke mulut mengenai kaset lagu-lagu Hard rock-nya yang mengena, yang direkam dengan balutan kegemaran musik punk. Beberapa perusahaan rekaman pun mengontak Grohl. Setelah teken kontrak dengan Capitol, ia merilis album dengan nama Foo Fighters. Mulai dari riff-riff yang menggiring serta suara-suara gitar yang mendengung dalam "I'll Stick Around serta Good Grief hingga bunyi kotor semi-metal dalam Weenie Beenie, jelas terlihat bahwa Grohl berhasil menghidupkan bentuk-bentuk musik klise yang sudah sekarat di pertengahan 1990-an. Karena rekaman ini melesat dalam waktu singkat Grohl lantas merekrut mantan gitaris panggung Nirvana,Pat Smears, pemain bass,Sunny Day Real Estate,Nate Mendel, serta drummer William Goldsmith. Sukses album pertama mendorong Grohl untuk memproduksi album kedua, kali ini melibatkan seluruh personil band. Saat itu Goldsmith mengundurkan diri, sehingga Grohl memainkan sendiri bagian drum selama rekaman, sebelum akhirnya merekrut drummer baru, Taylor Hawkins. Hasilnya The Colour and the Shape (1997) di album ini upaya untuk menghasilkan sound ala Foo Fighters semakin kentara, dengan menghasilkan 4 singl dalam prosesnya. Smear akhirnya juga keluar setelah rekaman ini dirilis. Kedudukannya langsung digantikan Franz Stahl, mantan rekan Grohl di Scream. Susunan personil ini hanya bertahan sampai album rekaman There Is Nothing Left to Lose (1999) selesai. Saat itulah Stahl mundur. Setelah mengaudisi 35 gitaris, Grohl memilih Chris Shiflett mantan gitaris band punk No Use For A Name yang hinga kini masih setia dan bertahan.

Dave Grohl on stage, 2006

Walaupun terjadi berbagai hal perubahan musik yang dibawa band ala Spinal Tap, Taylor Hawkins nyaris overdosis, serta proyek sampingan Grohl yang begitu banyak.

Foo Fighters mengeluarkan album menggebrak, One By One (2002) pujian datang ketika merka rilis single "All My Life" mulai berkumandang. Lagu tersebut dianggap sebagai model milenium baru band rock berkelas dunia. Album ini juga mengahadirkan Brian May, gitaris Queen, ini menjadi bukti kemampuan Grohl melebarkan batas-batas Hard rock dengan variasi gaya dan tekstur yang lebih luar dibandingkan album terdahulu. Dave Grohl dan Foo Fighters merilis album kelima mereka yaitu In Your Honor pada tanggal 14 Juni 2005. Sebelum mulai rekaman album, band ini menghabiskan hampir setahun relokasi studio ke rumah Grohl di Virginia dan menambahkan fasilitas baru, yang dijuluki Studio 606, yang terletak di sebuah gudang dekat Los Angeles. Menampilkan kolaborasi dengan John Paul Jones dari Led Zeppelin, Josh Homme dari Queens of the Stone Age dan Norah Jones, dan terbagi antara lagu akustik dan material yang lebih berat Album keenam album Echoes, Silence, Patience & Grace dirilis pada tanggal 25 September 2007. direkam selama periode tiga bulan antara Maret 2007 dan Juni 2007, dan rilis didahului dengan single pertama The Pretender pada 17 September. Single kedua, Long Road to Ruin, dirilis pada tanggal 3 Desember 2007, diikuti oleh single ketiga, Let It Die, 24 Juni 2008. Pada November 3, 2009 Foo Fighters merilis Greatest Hits, yang terdiri dari 16 lagu termasuk versi akustik yang belum pernah dirilis sebelumnya dari "Everlong" dan dua lagu baru Wheels and Word Forward yang diproduksi oleh produser Nevermind, Butch Vig. Grohl mengatakan merilis Greatest Hits terlalu dini dan "... ." Dia merasa bahwa mereka belum menulis hits terbaik . Foo Fighters 'album ketujuh, Wasting Light, dirilis pada tanggal 12 April 2011. Ini adalah album pertama Foo Fighters yang mencapai mencapai # 1 di Amerika Serikat.

Sepanjang karier mereka, Foo Fighters senantiasa dipuji karena berhasil membuat Hard rock tetap menarik, bukan hanya lewat lagu-lagu yang bagus, pertunjukan live yang garang, atau video-video yang amat menghibur, namun juga berkat kemunculan Grohl sebagai pemimpin dan gitaris yang unik. Secara mengesankan, kemampuan Grohl menulis lagu & permainan gitar yang menggelegar yang menjadikan Foo Fighters sebagai band penuh daya pikat. Dengan memanfaatkan sisa-sisa kejayaan punk, dikombinasikan dengan eksperimen bergaya Led Zeppelin, dan musik pop yang dipoles, Grohl menghasilkan sound Hard rock yang unik pada tahun 2000-an. Kepiawainnya memainkan lagu dengan akord-akord besar serta gaya riffing yang khas melambungkan ketenarannya melebihi Nirvana. Permainan gitarnya membuktikan bahwa Hard rock bisa menjelma bentuk musik yang baru dan menarik lewat tangan & jari yang tepat. Menurut Dave, dia membangun Foo Fighters dari kepedihan mandalam akibat kepergian sahabat kentalnya dan keinginan tetap kuat untuk bermusik. Dave pernah mengatakan dengan penuh rasa sedih, "Saya selalu bermimpi bertemu Kurt dua kali seminggu. Saat sedang tur dia tersenyum kepada saya di bandara. Saya langsung menawarkan kepadanya untuk menginap di hotel saya.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Bersama Them Crooked Vultures[sunting | sunting sumber]

Drums[sunting | sunting sumber]

DW Jazz Series in Lazer Blue Lacquer with Chrome hardware.

  • 5" X 8" Concert tom
  • 5" X 10" Concert tom
  • 16" X 24" Bass drum
  • 9" X 13" Rack tom
  • 16" X 16" Floor tom
  • 16" X 18" Floor tom
  • 16" X 20" Gong Drum
  • 6.5" X 14" Aluminum Snare drum

Cymbals[sunting | sunting sumber]

Zildjian

  • 15" K Light Hi-hats
  • 20" A Custom EFX
  • 24" ZHT Ride
  • 20" A Custom Crash
  • 19" K Custom Hybrid China
  • 20" A Custom Rezo Crash

Sticks[sunting | sunting sumber]

Zildjian

  • Dave Grohl Artist Series (16 3/4" X 0.600")

Percussion[sunting | sunting sumber]

LP

  • LP cyclops double row jingle ring
  • LP160 Cyclops Tambourine
  • Wood block

Drumheads[sunting | sunting sumber]

Remo

  • Coated Emperor (on Toms)
  • Clear Powerstroke 3 (on Bass)
  • Coated Emperor X Black Dot (on Snare)

Hardware[sunting | sunting sumber]

DW 9000 Series including:

  • 9000 Floating Rotor Single Pedal
  • 9500D 3-Leg Rotating Hi-hat Stand
  • 9100AL Air Lift Drum Throne

Bersama Foo Fighters[sunting | sunting sumber]

Guitars[sunting | sunting sumber]

  • 2011 Gibson Flying V Used in the recording sessions of Wasting Light
  • 2006 Gibson DG335 (x2) - Grohl's main guitars for almost all Foo Fighters shows. The one in "Pelham Blue" is tuned to E standard, while the black one is tuned to drop D.
  • 2005 Gibson Firebird Studio - Main guitar used during the In Your Honor era. Pelham Blue and Black models. Used for Stacked Actors, Grohl owns many more Firebirds.
  • 1965 Gibson Trini Lopez - Used during the One By One era
  • 1967 Gibson Trini Lopez - Used for Walk video, Finished in rare "Pelham Blue".
  • 1990 Gibson Les Paul Custom (x2) - Used from 1995–1999, two black, one white.
  • 1994 Gibson SG (x4) - Used from 1995–2000, two white, one black, one sunburst.
  • 1992 Gibson Explorer (x4) - Used from 1994–2001, three in black, one in white.
  • 2002 Ampeg Lucite "Clear" Dan Armstrong (x4) - Main guitar used during the One By One era.[1]
  • 1972 Fender Telecaster Deluxe Classic series.[2]
  • 1979 Gibson RD - Used during the early 2000's, in sunburst, also has a Boss DM-2 Analog Delay attached to the bottom. It was primarily tuned to A, for use in the song 'Stacked Actors'.

Amps[sunting | sunting sumber]

Cabinets[sunting | sunting sumber]

  • Fender Tonemaster 4x12 (x2)
  • Mesa Road King 4x12 (x2)

Effects[sunting | sunting sumber]

  • Boss DD3 Delay
  • Boss TU2 Tuner (x2)
  • MXR Phase 90
  • MXR Smart Gate (x2)
  • Voodoo Labs PedalPower
  • Voodoo Labs Amp Switcher
  • Shure UR4 Wireless
  • ProCo Rat Distortion

Discography[sunting | sunting sumber]

Filmography[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Year Film Role Notes
2000 Is It Fall Yet? Daniel Dotson Voice only
2006 Tenacious D in The Pick of Destiny Satan
2011 The Muppets Animool Cameo
2011 Back and Forth Himself
2012 Sound City Himself

Notes[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  • Azzerrad, Michael (1993). Come as You Are: The Story of Nirvana. Doubleday. ISBN 0-385-47199-8. 

External links[sunting | sunting sumber]