Danium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sistem/
Periode
Seri/
Kala
Masa/
Usia
Penanggalan mutlak (Ma)
Neogen Miosen Aquitanium younger
Paleogen Oligosen Chattium 23.03–27.82
Rupelium 27.82–33.9
Eosen Priabonium 33.9–37.71
Bartonium 37.71–41.2
Lutetium 41.2–47.8
Ypresium 47.8–56.0
Paleosen Thanetium 56.0–59.2
Selandium 59.2–61.6
Danium 61.6–66.0
Kretaseus Awal/
Akhir
Maastrichtium older
Subdivisi Periode Paleogen
menurut ICS, pada Januari 2020.[1]

Danium adalah sub-kala pertama dari kala Paleosen, yang dimulai pada 66 juta tahun lalu, hingga 61.6 juta tahun lalu. Sub-kala ini ditentukan dengan kronostratigrafi, dan sudah memiliki GSSP (Global Boundary Stratotype Sections and Points)[2]. GSSP diratifikasi oleh International Commission on Stratigraphy (ICS) pada tahun 1991 dan terletak 7 km (4 mil) barat kota El-Kef, Tunisia, menandai dasar dari tahap ini dan dengan demikian dasar Periode Paleogen dan Era Kenozoikum. Batas bawah sub-kala Danium juga bertepatan dengan batas Kapur-Paleogen (K-P). Batas atas Danium bertepatan dengan bagian atas zona foraminifera (organisme uniseluler pengguna pseudopoda yang dilindungi oleh tes atau cangkang) Praemurcia uncinata dan Morozovella angulata dan kemunculan pertama Globoconusa conusa. Sub-kala Danium didahului sub-kala Maastrichtium pada Zaman Kapur dan diikuti sub-kala Selandium pada Paleogen.[3]

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Dimulainya sub-kala ini ditandai dengan Tumbukan Chicxulub.[4] Sementara itu, Vulkanisme sedang terjadi di Deccan Traps, India. Diperkirakan abu dari vulkanisme ini turut menjadi alasan punahnya dinosaurus.

Paleontologi[sunting | sunting sumber]

Meskipun dinosaurus non-unggas hilang, mamalia dan hewan darat lainnya tetap kecil, bahkan tidak lebih besar dari domba; namun; beberapa (seperti Ankalagon saurognathus) mencapai ukuran beruang berukuran sedang. Banyak garis keturunan burung modern juga bertahan, khususnya di daerah sekitar Australia tetapi juga di tempat lain, mis. Scaniornis dari wilayah Laut Utara. Lautan tetap sama seperti laut Kapur Akhir, hanya saja ada lebih sedikit kehidupan, beberapa reptil laut yang tersisa (kebanyakan kura-kura, choristodera dan buaya), dan hewan lain yang kurang dikenal.

Ada laporan kontroversial tentang amon (terutama dari kelas Scaphitidae di Turkmenistan)[5] masih ada saat ini, meskipun mereka tidak bertahan di masa ini.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cohen, K.M.; Finney, S.; Gibbard, P.L. (2020), International Chronostratigraphic Chart, International Commission on Stratigraphy .
  2. ^ "Geologic TimeScale Foundation - Stratigraphic Information". timescalefoundation.org. Diakses tanggal 2021-08-18. 
  3. ^ "Danian Stage", Britannica.
  4. ^ "Mindat.org". www.mindat.org. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  5. ^ PBDB
  6. ^ Squid Empire: The Rise and Fall of the Cephalopods by Danna Staaf