Periode (geologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam geologi, periode atau kadang disebut juga dengan zaman, adalah subdivisi waktu geologi yang membagi era menjadi rentang waktu yang lebih kecil. Istilah ekivalen yang digunakan untuk demarkasi lapisan batuan dan catatan fosil adalah sistem; karenanya, batuan Sistem Devon dibentuk pada Periode Devon. Walaupun para ahli paleontologi lebih sering merujuk tahapan fauna dibandingkan periode geologi, istilah ini sering digunakan dalam presentasi populer paleontologi, termasuk dalam buku dan film Jurrasic Park.

Beberapa periode dibagi lagi menjadi unit yang lebih kecil yang disebut kala (epoch). Pada tahun 2004, International Union of Geological Sciences (I.U.G.S.) mengumumkan adanya suatu periode yang disebut Ediakaran pada era Neoproterozoikum, suatu penambahan periode baru yang terjadi setelah 130 tahun.

Eon Era Periode Mulai, Juta
tahun yang lalu
Fanerozoikum Kenozoikum Neogen (Miosen/Pliosen/Pleistosen/Holosen) [1] 23.0
Paleogen (Paleosen/Eosen/Oligosen) 65.5
Mesozoikum Kapur 145.5
Jura 200
Trias 251
Paleozoikum Perm 300
Karbon (Mississippian/Pennsylvanian) 359
Devon 416
Silur 444
Ordovisium 488
Kambrium 542
Proterozoikum Neoproterozoikum Ediakaran 630

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beberapa ahli geologi masih menggunakan suatu periode ketiga atau "sub-era" dari era Kenozoikum yang disebut Kuarter, terdiri dari dua kala terakhir periode Neogen dan berlanjut hingga saat ini.