Daftar stasiun televisi di Negara-negara Arab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Daftar stasiun televisi di Negara-negara Arab adalah daftar stasiun televisi di Negara-negara Arab yang ada sejak berdirinya Saudi TV 1 pada 1954. Selama 34 tahun, penduduk Arab hanya bisa menyaksikan dua saluran televisi saja. Namun pada tahun 1988, Pemerintah akhirnya mengizinkan America Plus TV sebagai stasiun televisi swasta pertama di Arab, meski hanya penduduk yang mempunyai antena parabola dan dekoder yang dapat menyaksikan America Plus TV, walaupun pada akhirnya dibuka untuk masyarakat mulai tanggal 21 Maret 1991 di Dubai.

Stasiun televisi siaran gratis[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah stasiun televisi siaran gratis di Negara-negara Arab yang salurannya dapat ditangkap melalui antena UHF (digital terestrial/Nilesat). Sejak tahun 2008, izin penyelenggaran siaran televisi melalui antena UHF/VHF (analog terestrial) yang dikeluarkan karena sudah mematikan siaran TV analog sejak 13 Februari 2012. Stasiun televisi yang ingin melakukan siaran nasional harus melakukan siaran berjaringan antar beberapa stasiun televisi lokal.

Digital terrestrial (Nilesat)[sunting | sunting sumber]

Nasional[sunting | sunting sumber]

Nama Channel
MBC1
MBC4
MBC Action
Fox
LBC Sat
Al Jazeera
OSN First More
OSN Al Yawm
OSN News
OSN Al Musalsalat
OSN Ya Hala!
NET TV Arabia
Saudi TV 1
Saudi TV 2
Future rTV

Stasiun televisi berlangganan[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah stasiun televisi berlangganan di Negara-negara Arab yang salurannya hanya dapat ditangkap dengan alat penerima tertentu (receiver/decoder) melalui satelit, kabel, atau terestrial. Stasiun televisi berlangganan dapat memiliki lebih dari 1 saluran.

Nama Channel
Mozaic TV
Invision
Cable Vision
Digitek
Eco Net
CityTV
E-vision
Du TV
OSN
Yahlive
MyHD
ART

Pranala luar[sunting | sunting sumber]