Daftar perguruan silat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Silat (disebut juga pencak atau pencak silat) adalah suatu jenis seni bela diri Indonesia. Halaman ini berisi daftar beberapa aliran dan perguruan seperti pencak silat cempaka putih yang terdapat baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Aliran dan perguruan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Pencak Silat Merah Putih, Perguruan ini lahir di jakarta, Dengan semangat persaudaraan dalam naungan ikatan pencak silat Indonesia.
  • Silat Perisai Diri, teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh R.M. Soebandiman Dirdjoatmodjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat
  • Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, organisasi pencak silat yang menjadi wadah pendekar-pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah.
  • Silat Merpati Putih — merupakan pencak silat yang berkembang dari tradisi Jawa sejak tahun 1550. Sang Guru Merpati Putiih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas. Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri dengan jumlah kelompok latihan sebanyak 415 buah (1993) yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak kurang lebih dua setengah juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia. Pencak silat Merpati Putih dikenal dengan Beladiri Tangan Kosong (Betako).
  • Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI Kera Sakti) perguruan yang didirikan oleh R. Totong Kiemdarto di Kota Madiun pada tahun 1980.Kera Sakti merupakan salah satu pencak silat yang mengambil unsur silat dan kungfu yang berasal dari china, dan di dalam IKSPI Kera Sakti sendiri memiliki keunikan dari segi teknik gerakannya yang memadukan gerakan kungfu dengan gerakan kelincahan kera. Perguruan IKS.PI Kera Sakti berasal dari aliran NAN PIE HO JIEN yang artinya:NAN=Selatan,PEI=Utara,HO=Kera,JIEN=Jurus/KungFu. Walaupun IKSPI Kera Sakti merupakan perguruan pencak silat tetapi tidak hanya mengajarkan pencak silat dan kungfu melainkan juga mengajarkan kerohanian atau pemahaman tentang agama.
  • Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa, perguruan silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang menampung berbagai perguruan dan aliran pencak silat di kalangan Nahdliyin. Gabungan dari berbagai aliran dan perguruan seperti Perguruan Cimande, GASMI (Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia), GASPI, Padepokan Saperti, Jawara Pencak Club, Perguruan Seni Pencak Silat Hizbullah (Malang), Batara, dan lain-lain.
  • Seni Bela Diri Silat BS. Melati yang merupakan singkatan Budi Suci Melati adalah silat yang memadukan gerakan fisik dan pernafasan yaitu gerakan yang indah lemah lembut berirama tapi bertenaga dipadu dengan nafas yang halus dan didukung dengan keyakinan yang tinggi, hingga tercipta suatu bentuk gerakan yang berestetika tinggi serta menanamkan budi pekerti yang baik dan suci. BS. Melati didirikan oleh H. Achmad Boesjairi yang berasal dari Kabupaten Jember dan berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Kini BS. Melati sudah tersebar di lebih dari 60 kota dan Kabupaten di Indonesia dan Malaysia.[1]
  • Silat Persinas Asad, perguruan silat yang religius yang telah banyak mencetak pesilat internasional. Sudah banyak atlet-atlet Persinas Asad yang mengikuti World Art Championship.
  • Pencak silat Pamur (Pencak Silat Angkatan Muda Rasio), perguruan yang didirikan oleh Raden Hasan Habudin pada tanggal 31 Desember 1951 di Pamekasan, Madura. Perguruan ini mengandalkan rasio sebagai unsur utamanya.
  • Panca Sukma Siliwangi Indonesia, perguruan ini beraliran Sabandar murni Cianjuran 1971 dan saat ini berpusat di Jakarta Timur.
  • Silat Cimande, aliran pencak silat yang gerakannya banyak diadopsi oleh berbagai perguruan silat di Indonesia.
  • PPS PANDAWA atau singkatan dari Perguruan Pencak Silat PANDAWA (singkatan bahasa Sunda: Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati). Pusatnya adalah kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. PPS PANDAWA berupa olah gerak dan pernapasan khas untuk mencapai satu tujuan membentuk manusia yang Walagri Ati, yaitu manusia yang berfikir, bertindak, dan berperilaku suci. Cikal bakal sumber keilmuan dari Pusat Perguruan di Lengkong, Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak lepas dari keberadaan Paguron Abah Abad di Lengkong jaman dulu. Jurus-jurus dasar yang diajarkan yaitu Getret, Cimande dan Tantungan Leuleus menjadi jurus pokok PPS PANDAWA sampai saat ini. Murid-murid Abah Abad antara lain: Abah Kanta (wakil Abah Abad), Abah Salnan, Achdi Subadi, Lili, Wachdi, Aceng, Udin, Oo Taryo, Endo, Uwar Suwarna, Djayo, Sukirman, Komir, Nyunyu, Andi, Doyo, Wachyan, dan lain-lain. Resmi bernama PANDAWA tahun 1935.
  • Silat Kijang Berantai, perguruan yang didirikan oleh Hj. Djuhardi dari Kampung Dagang, kabupaten Sambas.
  • HASDI (Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia), perguruan yang didirikan oleh R.S. Hasdijatmiko pada tahun 1961 yang berpusat di kabupaten Jember. Ini merupakan perguruan silat yang mengembangkan teknik gerak silat cepat dan lugas.
  • Silat Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria, organisasi pencak silat bernuansa Katolik yang didirikan oleh 7 dewan pendiri, di antaranya Romo Hadi, Pr. dan Romo Sandharma Akbar, Pr.
  • Pencak Silat Siwah, aliran silat asli yang berasal dari daerah Aceh yang memadukan empat aliran asli Aceh, yaitu dari Peureulak, Aceh Besar (Keudee Bing - Lhok Nga), Pasee, dan Pidie.
  • PORSIGAL, singkatan dari Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat. Saat ini satu satunya perguruan silat yang namanya mengedepankan dan menggunakan kata "Pendidikan". Tujuan pendirian PORSIGAL adalah ikut serta mencapai cita cita pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas, manusia seutuhnya yang memiliki watak pekerti luhur, pribadi yang tangguh mental fisiknya karena giat "MESU OLAH KRIDANING TOTO JASMANI ROHANI". PORSIGAL merupakan pengembangan dari Silat Sentono warisan Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono. Bliau adalah pengawal pribadi Pangeran Diponegoro, yang setelah usai perang Diponegoro, mengasingkan diri ke daerah Srengat Blitar, tepatnya sekarang bernama desa Kerjen. Menjadi Lurah pertama desa Kerjen hingga bliau wafat dan dimakamkan di desa Kerjen. Oleh Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono Silat Sentono tersebut di wariskan turun temurun hingga sampailah pada KH. Gholib Tahir, yang merupakan keturunan ke 6 dari Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono. K.H. Gholib Tahir adalah Legenda Pencak Dor di jamannya, Guru Besar sekaligus pendiri PORSIGAL. Secara formal PORSIGAL didirikan oleh Tiga Serangkai: (1) KH. Abdil Jalil Mustaqiem, (2) K.H. Gholib Tahir dan (3) Atimiyanto, S.H. di kabupaten Blitar pada tanggal 2 Maret 1978. KH. Abdul Jalil yang membidani sisi Spiritual, K.H. Gholib sebagai Guru Besar yg membidani siri jurus dan teknis persilatan dan H. Atimiyanto, SH, yg membidani sisi keorganisasiannya sekaligus Ketua Umum periode pertama PORSIGAL. Secara lengkap tingkat kemahiran anggota PORSIGAL ada 6 Tingkatan utama dan 6 tingkatan tambahan, yaitu: (1) Prapta, (2) Kawi, (3) Gladi: Gatra, Taruna, Satya, (4) Wira: Tama, Madya, Yudha, (5) Manggala: Yakti, Citra, Sonya, dan (6) Purusa.
  • Silat Zulfikari, ajaran bela diri dari Qadiri Rifai Tariqa.
  • Silat Gerana (Gerak Raga Buana) berasal dari Bandung yang didirikan oleh 3 orang pendiri, yakni Ujang Tohari, Yuliandi P., dan Oga N.I. Pencak silat yang mengacu pada gerak seni serta kaidah pencak silat dengan perpaduan pernapasan murni yang diolah dari dalam tubuh manusia melalui proses rileksasi dan konsentrasi.
  • Pukulan Bongkot – suatu aliran silat.
  • Pencak Silat Sharaf (Silat Mubai), aliran silat modern yang benar-benar agresif yang enekankan pengajaran pada pertarungan tangan kosong, pisau, bagaimana cara mengatasi senjata api, dan gulat.
  • Silat Hikmatul Iman Indonesia, perguruan bela diri yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin. Ini merupakan aliran silat tersendiri tanpa pengaruh dari aliran manapun.
  • Silat Elang Putih, perguruan bela diri yang bertempat di Bogor). Ini merupakan aliran silat yang terdiri dari gabungan pencak silat aliran di Jawa Barat.
  • Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak, perguruan pencak silat yang berpedoman pada seni bela diri Kesultanan Mataram dan bercampur dengan aliran Madura yang berkembang dengan tujuan pelestarian budaya bangsa.
  • Pencak Silat Pertempuran, aliran silat yang terdiri dari gabungan beberapa aliran, terutama Pencak Silat Pamur dan Silat Sterlak. Pengaruh silat Indo-Melayu lainnya termasuk Seni Bela Diri Silat Jati Wisesa dan Raja Monyet Silat.
  • Pencak Silat Gerakan Suci, pengembangan dari Pencak Silat Mande Muda.
  • Pencak Silat Tri Bela, gabungan dari tiga aliran Pencak Silat, IPSI, dan dua aliran tradisional. Tri Bela adalah perguruan pencak silat olahraga dan kesehatan yang merupakan sebuah unit kegiatan di IKIP Padang (Fakultas Pendidikan Olahraga).
  • Pencak Silat Maung Lugay, perguruaan yang berasal dari Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang bercabang di Cikarang Utara, Bekasi. Perguruan Maung Lugay didirikan oleh Usman Wijaya dan Ashari.
  • Pencak Silat Bintang Suci, aliran bela diri yang terdiri dari gabungan 5 aliran pencak silat.
  • Pencak Silat Rangjat, Persaudaraan Seni Bela diri Pencak Silat Inti Daya Padepokan Ranggah Jati.
  • Ikatan Pencak Silat Bunga Islam (IPSBI) atau lebih banyak dikenal dengan nama Bunga Islam adalah Sebuah perguruan bela diri Pencak silat yang di dirikan sejak 28 April 1967M/17 Muharam 1387H oleh Romo Kyai Mohammad Djamhari Ghazali Anwar di Baleboto, Kabupaten Madiun sebagai sarana dakwah untuk menyebarkan ajaran tauhid, keilmuan asmaul haq dan nilai-nilai keislaman kepada para murid dan santrinya yang dikemas dalam bingkai pencak silat dan ilmu olah pernafasan. Bermula dengan nama NAPAS BESI, lalu pada tahun 1979 di ubah oleh beliau menjadi BUNGA ISLAM. Dalam perjalanannya, Kyai Djamhari merintis pendirian Pondok Pesantren Annur di Tampo II, Trisono, Babadan, Ponorogo pada tahun 1985 dan menjadikan pondok Annur menjadi Pusat Ikatan Pencak Silat Bunga Islam sampai saat ini.

Bali[sunting | sunting sumber]

  • Silat Bakti Negara - peguruan yang dirintis oleh antara lain pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai namun secara resmi didirikan pada 31 Januari 1955 oleh para pendekar Bali yakni Ida Bagus Oka Dewangkara, Pendekar Ida Bagus Oka Sahadewa, Pendekar Bagus Made Rai Keplak, Pendekar Anak Agung Rai Tokir, Pendekar Anak Agung Meranggi, dan Pendekar Sri Empu Dwi Tantra. Perguruan ini cukup berprestasi di ajang silat nasional dengan melahirkan atlet-atlet juara. Selain muatan lokal, banyak dipengaruhi aliran Cikaret dan Cikalong.
  • Silat Kerta Wisesa - dalam perguruan ini kembangan atau seni pencak lebih mendapat porsi dibandingkan dengan dalam perguruan Bakti Negara.
  • Silat Seruling Dewata - ilmu silat dari desa Kerambitan-Tabanan yang konon sudah ada sebelum datangnya agama Hindu. Silat ini diperkenalkan kembali oleh I Ketut Nantra pada tahun 1980-an. Jurus-jurus yang dimilikinya antara lain harimau, ular, putri bungsu, dan tali rasa.
  • Silat Gobleg - ilmu silat dari Bali Utara, tepatnya Gobleg. Dan mungkin inilah satu-satunya desa di Bali atau di Indonesia yang nama desanya di ambil dari nama tokoh silat. Gobleg adalah nama dari pendekar dan guru Silat terkemuka. Sedikit melenceng dari topik; di perbatasan kabupaten Gianyar dan Bangli ada juga desa yang bernama Siladan, menurut hikayat ini pula berasal dari kata silat. Di perbatasan itu dulu para prajurit dari Bangli dan Gianyar saling tantang dan adu tanding dengan jurus-jurus silat.
  • Silat Sitembak - ilmu silat yang berkembang di Bali Utara, namun berakar dari silat Sunda
  • Mepantigan - olahraga bela diri bantingan dan kuncian tradisi Bali yang diiringi gegambuhan atau gamelan yang dirintis Putu Witsen Widjaya di awal milenium ini namun bersumberkan pada ilmu silat Bali.
  • Silat Abusuja - merupakan ilmu silat dengan tangan kosong, mempelajari tehnik tenaga dalam serta berbagai tehnik penyembuhan. Mempeljari tehnik bertahan dari serangan jarak jauh maupun dekat.

Betawi[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan pencak silat gaya Betawi di Jakarta.
  • Silat Cingkrik - salah satu dari 300 aliran silat Betawi, salah sa tokohnya adalah si Pitung sekalipun klaim ini belum dapat dibuktikan kebenarannya. Banyak ditemukan di Rawa Belong, Jakarta Selatan, yang masih bertahan sampai saat ini adalah Cingkrik Goning dan Cingkrik Sinan, keduanya dinisbatkan pada nama pewarisnya Engkong Goning dan Engkong Sinan. Karakter teknik bela dirinya adalah mengandalkan takedown atau bantingan. Cingkrik Goning misalnya, memiliki 80 teknik takedown yang bisa dipelajari sampai tamat. Pewaris Cingrik Goning sekarang adalah Tb. Bambang Sudradjat yang melatih di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia
  • Silat Silau Macan - salah satu silat Betawi yang berasal dari Condet, Jakarta Timur. Tokohnya yang terkenal adalah Entong Gendut, pahlawan Betawi yang melakukan pemberontakan Villa Nova yang terkenal pada tahun melawan pemerintah Belanda.
  • Silat Sabeni - silat Betawi, berasal dari daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anak dari Babe Sabeni bin Chanam (pendiri aliran Sabeni) adalah Babe Ali Sabeni yang juga seniman sambrah, kesenian betawi. Anak dari Babe Ali Sabeni yaitu Zulbachtiar Sabeni (cucu Babe Sabeni bin Chanam) saat ini merupakan pewaris utama ilmu silat aliran Sabeni yang terus dilestarikan hingga kini (www.sahabatsilat.com). Aliran ini terus berkembangan dan memberi warna pada aliran silat lainnya di Betawi yang juga dikuasai oleh Bapak Syuaeb, atau lebih dikenal dengan nama Bang Aeb. Di Jakarta, selain Bang Zulbachtiar yang merupakan cucu sabeni yang terus melatihkan aliran Sabeni di Tenabang, juga dikembangkan oleh banyak pihak termasuk yayasan TIMA (Traditional Indonesian Martial Arts) yang didirikan dan dikembangkan oleh Adhika Aria Wijaya (yang juga penerus dari Bang Aeb), Raditya Raga Wijaya (adik dari Adhika), dan Seniman Wijaya (ayah dari Adhika dan Radi).
  • Silat Tiga Berantai - berasal dari permainan silat tokoh sejarah Jakarta, Pangeran Jayakarta. Didirikan oleh H. Achmad Bunawar (H. Mamak). menggabungkan banyak aliran tradisonal lainnya
  • Silat Gerak Saka - kata Saka diambila dari bahasa Sunda, 'Sakadaekna' yang berarti sekenanya. Aliran yang satu ini memang mengutamakan efektivitas dan kesederhanaan gerak sebagai filosofi pertarungannya. Merupakan pengembangan dari aliran silat tradisional Sunda, Gerak Gulung Budidaya. Dibawa ke Jakarta oleh Raden Widarma (Oom Wid). Murid Oom Wid, Muhammad Syafi'i yang akrab Bang Pi'i lantas mendirikan perguruan ini.
  • Silat Gerak Rasa Sanalika adalah salah satu aliran silat sunda yang di dirikan oleh sesepuh silat betawi H Nur Ali Akbar (Babe Nunung) aliran silat ini memadukan gerak saka, gerak per dan gerak sepulah dengan fondasi utama tetap pada gerak saka. Disamping itu aliran ini juga memadukan dengan maen pukul betawi
  • Silat Paseban - namanya diambil dari daerah Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. M. Soleh adalah pendiri aliran ini.
  • Silat cimacan adalah salah satu silat aliran betawi yang berasal dari banten dan dikembangkan di daerah karang tengah lebak, lebak bulus, jakarta selatan. Guru besar silat cimacan adalah Drs. Ahmad Ramli Topan dan sampai sekarang masih terus exis.Ciri khas perguruan silat cimacan adalah jurus-jurus macan.
  • Silat Si Kilat - aliran silat ini sesuai namanya mengandalkan gerakan serang yang sangat cepat oleh tangan
  • Silat Kancing 7 Bintang 12 Naga berenang (Kera Sakti / Naga Ngerem )- aliran silat dari Kwitang dibawa oleh Si Gondrong Jagoan Kwitang
  • Silat Si Bunder / Naga Nyebrang - Yang terus dilestarikan oleh Muhammad Nur (Babe Nung)
  • Silat Gombel - aliran silat yang tergolong silat tertua di Betawi
  • Silat Gelamak - aliran silat Betawi. Nama silat ini diambil dari nama Kong Gelamak tokoh Betawi kelahiran Senayan.
  • Silat Beksi - perguruan ini banyak di daerah Jakarta Selatan (Kp Sawah Petukangan dan Kota Tangerang daerah Kereo Pisangan Ciledug). Nama Beksi konon berasal dari bahasa Cina, Bie Sie. Bie artinya pertahanan dan Sie artinya empat, maknanya pertahanan empat penjuru.
  • Silat Kwitang - perguruan silat yang berasal dari daerah Kwitang, Jakarta Pusat. Ilmunya merupakan perpaduan antara silat dan kuntao.

Jawa Barat[sunting | sunting sumber]

  • Silat Cimande - bersama dengan Sera (aliran kera), Pamacan (aliran harimau) dan Trumbu (pertarungan tongkat) merupakan aliran pencak silat yang didirikan Embah Kahir di akhir 1700-an di Jawa Barat. Seni ini tetap ada di beberapa desa yang ada di Sungai Cimande, termasuk desa Tarik Kolot. Kini ada lebih dari 300 variasi Cimande, termasuk yang ada di Betawi. Si Pitung juga dianggap mempelajari aliran ini.
  • Silat Cikalong - aliran pencak silat dari Cianjur dengan tokoh pendirinya H. Ibrahim atau R. Jaya Perbata, meninggal pada tahun 1908. Tersebar di seluruh daerah Jawa Barat dan mewarnai beberapa aliran silat di Jawa Barat dan sekitarnya. Dikenal juga dengan Ulin Maen Po Cikalong, jurus Cikalong diadaptasi pada beberapa perguruan silat Sunda, seperti Perguruan Silat Panglipur, Pusaka Siliwangi dan lain-lain.
  • Silat Sabandar - adalah silat yang berasal dari daerah Pagaruyung, Sumatera Barat, namun dikembangkan di Kampung Sabandar, Karangtengah, Cianjur.
  • Silat Riksa Budi Kiwari - Perguruan ini didirikan oleh Pak Ujang Jayadiman pada tahun 1982 di Bandung. Meskipun usia perguruan ini tergolong masih muda, namun telah mencetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Silat Serak, Sera, Syera adalah salah satu aliran silat yang dikembangkan oleh KH. Raden Sarean di Bogor Jawa Barat. aliran serak ini adalah turunan dari Silat Cimande.
  • Silat Depokan, aliran ini berasal dari Bogor, melihat ciri khasnya aliran ini ada hubungannya dengan Cimande dan Serak. pendiri adalah bapak H. Ayub.
  • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, didirikan oleh Abah Andadinata, merupakan salah satu pelopor perguruan tenaga dalam di Indonesia.
  • Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Nasional - Perguruan Silat yang merupakan hasil penggabungan Lima aliran Silat Buhun dan berpusat di Bogor, Pendiri Perguruan Padjadjaran Nasional ialah Bapak TB. Mochamad Sidik Sakabrata. Perguruan ini mempunyai cabang di berbagai daerah di Indonesia hingga ke Mancanegara, di antaranya negeri Belanda, yang diketuai oleh Mr. Eric Bovelander.
  • Silat Binasatria - Perguruan ini terdapat di Cibinong. Tepatnya di MAN CIBINONG. Perguruan ini berdiri pada tahun 1994. Di kembangkan oleh guru besarnya yaitu Bpk. Zaenudin.
  • Silat Gerak Gulung Budi Daya atau biasa disebut secara singkat sebagai Gerak Gulung adalah sebuah aliran silat yang bersumber dari sebuah aliran silat tradisional dari jaman kerajaan Padjadjaran, bernama Gulung Maung yang diturunkan secara turun temurun didalam garis keluarganya yang sangat tertutup dari kalangan diluar jalur keluarga. Akhirnya sampailah aliran ini pada Eyang Sarean yang memiliki putra yaitu Eyang Guru H. Abdullah yang tinggal di Sukaraja Bogor. Dimasa Eyang Guru inilah nama Gulung Maung diubah menjadi Gerak Gulung Budi Daya ti Padjadjaran, dimana perubahan ini didasari atas perubahan dari sifat permainan Gulung Maung yang buas dan ganas dengan prinsip “kembangna cilaka buahna pati” menjadi permainan yang dibudi dayakan dan lebih berprinsip manusiawi dan tidak lagi seganas Gulung Maung yang bersifat bagaikan seekor harimau yang pada dasrnya berprinsip harus membunuh mangsanya.Eyang guru berharap dengan perubahan Gulung Maung menjadi Gerak Gulung, seseorang yang memiliki permainan ini tidak akan lagi sebuas harimau karena pada prinsipnya manusia lebih unggul daripada harimau dan sebagai pengingat bahwa pada dasarnya permainan ini adalah untuk membela diri.
  • Pencak Silat Riksa Diri Perguruan pencak silat Riksa Diri berdiri tahun 1958 dengan guru besar Rd Nunung Ahmad Hudaya di Bandung.
  • Silat Nampon - merupakan penca silat dari almarhum Uwa Nampon (lahir 1888 di Ciamis, meninggal 1962 di Padalarang - Jawa Barat). Sejak tahun 1932, uwa Nampon mengajarkan ilmu silat ini kepada para pejuang kemerdekaan, termasuk Bung Karno, Sutan Syahrir, dll. Berlainan dgn jurus penca silat lain, Aliran Alm Nampon berpusat didada sehingga gerak ditangan serasa kosong.Berorientasi pada kesamaan gerak. Dari seluruh organ anggota tubuh tangan kaki, dada. Tenaga otot dipusatkan di Otot dada dan walikat, dan gerak diakhiri dengan kesamaan tindak laku otot didada tangan kaki sabet digabreg. Dengan dasar yang khas inilah Jurus khas ini akhirnya dikenal dengan sebutan Jurus Gebreg (Singkatan dari gerakan Regenerasi Bersama). Karena terkenal dengan gaya Penca Silat yang khas dan baru, muncul berbagai sebutan. Ada yang menamakan Ulin nampon, ada juga yang menamakannya Stroom, Timbangan, Spierkracht/tenaga dalam. Nama Spierkracht saat itu banyak dikenal sampai ke Jateng, Jatim sebagai nama penca silat ciptaan Alm Nampon.
  • Pencak Silat Bajing Kiring - Perguruan ini didirikan oleh Pak H. Cece pada tahun 1980-an di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Sekarang dilestarikan oleh penerusnya Pak Encep.
  • Pencak Silat Tadjimalela - Perguruan ini didirikan oleh Raden Djajat Koesoemah Dinata pada tanggal 4 agustus 1974. PS Tadjimalela memfokuskan pada tiga potensi untuk dikembangkan, yaitu olah pikir, olah gerak, dan olah rasa dalam rangka memaknai kehidupan sehingga terciptanya hubungan yang harmonis sesama makhluk hidup, alam, dan Tuhan.
  • Pencak Silat Salaca Macan Putih - Organisasi Silat yang sangat muda namun cukup berpengaruh di wilayah Ciampea, perguruan ini didirikan pada tahun 2016. Berkerabat dekat dengan Tapak Suci. Jurus - jurus yang ada di perguruan ini kebanyakan berasal dari Silat Cimande.
  • Pencak Silat Partisan Siliwangi - didirikan oleh Ama Raden Puradiredja yang mempunyai ayah bernama Raden Adimiarsa dan Ibu Nyi Mas Yati, dimana sang ayah adalah keturunan langsung dari Dalem Aria Wangsa Goparana, sedangkan Dalem Aria Wangsa Goparana sendiri adalah keturunan dari Prabu Mundingsari Ageung, dan Prabu Mundingsari Ageung adalah anak dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi sang Raja di Tatar Sunda, Dalem Aria Wangsa Goparan bersama keturunannya menyebarkan agama islam di wilayah Subang, Purwakarta, Karawang, Cianjur, Sukabumi, sampai Bogor, salah satu anaknya bernama Dalem Aria Wiratanudatar yang menjadi pendiri cianjur dan menyebarkan agama islam di wilayah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi sampai perbatasan Batavia (Jakarta). PS. Partisan Siliwangi berdiri tanggal 02 Juli 1922 dengan tujuan membangun nasionalisme tinggi untuk membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan disertai membentuk ahlak, moral yang baik dengan tidak membedakan ras, suku ataupun agama. PS. Partisan SIliwangi awal mula lahir adalah di sebuah perkebunan di wanayasa, ketika para pekerja istirahat ingin hiburan untuk menghilangkan rasa lelah, kemudian Ama Raden Puradiredja mengajarkan seni ibing (tari) Pencak Silat sebagai Kesenian, kelak pelajaran pencak silat ini bukan sekedar kesenian dan beladiri semata tetapi akan dipakai ketika kancah peperangan revolusi 1945-1949. Ketika pecah perang revolusi PS. Partisan Siliwangi yang anggotanya ribuan orang ini ikut pula perang melawan Belanda dengan bergabung dengan DIVISI SILIWANGI pimpinan Brigjen (Purn) Sadikin yang merupakan Pangdam Siliwangi saat itu bahkan Partisan Siliwangi juga ikut long march ke Yogyakarta, menyertakan keluarga, demikianlah totalitas dan loyalitas para Partisan Siliwangi. Selain Brigjen Sadikin banyak juga tokoh sunda lain saat itu yang selalu tampil terdepan Letjen (Purn) Darsono, Pangdam Wirabuana, Jendral (Purn) Didi Kartasasmita, Jendral TNI (Purn) Moersid, Mayjen.TNI. Ibrahim Adjie, Mayjen.TNI. Umar Wirahadikusumah, dll.
  • Padepokan Pakusari Jurus V - Didirikan dan diciptakan oleh Apih Oding, Padepokan Pakusari Jurus V merupakan salah satu aliran pencak silat yang menggunakan tenaga dalam, berpusat di daerah Cianjur tepatnya di Kp. Cipaku Kec. Warungkondang.
  • Pencak Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka, didirikan oleh KH. Adji jaenudin bin mama haji usman pada tahun 1959 tepatnya di kampung gegerpasang kabupaten garut.

Jawa Tengah dan Yogyakarta[sunting | sunting sumber]

  • Padepokan RangJat (Ranggah Jati) Persaudaraan Seni Bela diri Pencak Silat Inti Daya Padepokan Ranggah Jati. Didirikan di Yogyakarta tahun 2012 februari 21, oleh Dwi Warsanto B.N., S.Pd. Kor. . Perguruan ini sebelumnya sudah di matangkan dari tahun 2004 di mulai dengan nama Psifisionergi hingga RangJat (Ranggah Jati) sekarang 2012. Di dalam Padepokan RangJat menerapkan, seni ilmu bela diri berlapis, dengan konsep bela diri berdasar kekuatan dan kecepatan atau inti daya atau power.
  • Persilatan Ragajati berpusat di Banjarnegara, Jawa Tengah, didirikan tanggal 6 Agustus 1976 oleh (Alm.) Guru Besar Soeharno Soeroatmodjo. Saat ini Guru Besar Persilatan Ragajati dijabat oleh Agus Hirawan Suro Adi Wijoyo (Mas Agus), yang merupakan putra dari Guru Besar terdahulu.
  • Persatuan Hati (PH) didirikan oleh RM Mangku Pujono (Guru Besar) dan dibantu oleh para sesepuh lainnya di Yogyakarta pada tahun 1927, ini merupakan kelanjutan dari perkumpulan "Be United" tahun 1921.
  • Silat Perpi Harimurti - berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Eyang Sukowinadi yang berguru pada Gusti Harimurti
  • Silat PPS Bela diri Tangan Kosong Merpati Putih - salah satu perguruan dengan jumlah anggota terbanyak di Indonesia. Berasal dari Yogyakarta.
  • Tapak Suci - perguruan silat di bawah ormas Muhammadiyah. Pendirinya berasal dari Banjarnegara dan berkembang di kawasan Kauman, Yogyakarta
  • Setia Hati Langen Putro Utomo - perguruan silat yang berasal dari ambarawa,jawa tengah . Yang didirikan oleh bapak Aryo Martosiam pada tahun 1977 .
  • Pusaka Sakti Mataram Lakutama - perguruan silat yang berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Ki Poleng Sudamala
  • Perguruan Pencak Silat Cepedi (Cepat Pembelaan Diri) - didirikan pada tanggal 17 September 1922 di daerah Dagen kawasan Malioboro barat, oleh Eyang Citra Mangkunagara.
  • Perguruan Bela diri Sinar Perak - merupakan suatu organisasi kekeluargaan bela diri yang secara resmi berdiri pada tanggal 24 Desember 1990.
  • Perguruan Bela diri Garuda Nusantara - didirikan oleh Bapak K.H. Muhammad Thoyyib Sumarko S.Pd. pada tahun 1996. tergolong muda, namun sudah mulai ikut andil dalam keuaraan tingkat jawa tengan maupun Nasional
  • PS Garuda Jisai - Perguruan yg berasal dari Yogyakarta yang di dirikan Oleh FX.Sukirdjo sejak tahun 4 Agustus 1970 Yang beraliran Rasional Dan Religius dan Berasaskan Atas Cipta,Rasa dan karsa[butuh rujukan]
  • Perguruan Pencak Silat Ilmu Tangan Kosong (ITK) - Perguruan silat yang berasal dari daerah Surakarta, didirikan oleh RM.Wisnu Murtie secara de facto pada 1958 berdasarkan pengalaman nya dalam berbagai macam aliran beladiri.
  • Persaudaraan Pencak Silat Kembang Setaman ( PPS Kembang Setaman ) , didirikan di Kiringan, Magelang ,Oleh Bapak Hesti Wibowo ,Secara resmi berdiri pada 2 Mei 1975 . Bela diri ini mengajarkan ke arah olahraga Prestasi atau atlet , karena tehnik bertandingnya yang sangat beragam dan sulit dibaca lawan . Nama Kembang Setaman sendiri adalah sebuah akronim dari : Kesatuan Manunggal Bangsa Setia Tamtama Nalapraja (Kembang Setaman) .yang secara garis besar bisa diartikan sebuah kesatuan anak bangsa yang bersatu bersama yang siap mengabdi setia kepada negara dan bangsa.

Jawa Timur dan Madura[sunting | sunting sumber]

  • Perguruan Pencak Silat Gubug Remaja (PPSGR) adalah perguruan pencak silat yang berpusat di Ngawi, Jawa Timur. Perguruan ini sebelumnya bernama "Tabib Ketimuran Gubug" yang didirikan oleh R.M Koeshartojo dan R.M Agoeng pada tahun 1935 di Jalan Kyaimojo No 08, Desa Ketanggi, Ngawi, Jawa Timur.

Gubug Remaja adalah simbol perlawanan bangsa dan rakyat terhadap para penjajah dan PKI yang mengusik kebinekaan dan kedaulatan NKRI, Dengan dibekali ilmu pencak silat dan ilmu kanuragan yang sangat mematikan, Gubug Remaja mampu menumbangkan para perusak kedaulatan dan kebhinekaan NKRI. Perguruan Gubug didirikan oleh Eyang Raden Mas Koeshartojo dan Eyang Raden Agoeng dalam rangka menyatakan perlawanan kepada musuh-musuh negara. Jadi teknik yang mematikan masih di lestarikan oleh para sesepuh khususnya ahli waris langsung dari Gubug Remaja. Gubug Remaja kembali diperhitungkan oleh masyarakat Ngawi setelah Raden Bintang Wahyu, S.H. (Suami Suyanti,S.H., putri R.M Agoeng) memplopori berkumpulnya para sesepuh dan ahli waris untuk nguri-nguri (melestarikan) ilmu yang telah diwariskan oleh para pendiri. Sekarang tongkat kepimpinan tertinggi Gubug Remaja di Isi Oleh Suyanti,S.H. sebagai Pimpinan Pusat dan Raden Oval Niekola Venjora,S.E. sebagai pimpinan 1 dan juga Raden Didto Atmaja Venjora sebagai Pimpinan 2 (Ahliwaris langsung pendiri Perguruan Gubug Remaja).

  • Persaudaraan Setia Hati, perguruan yang diturunkan dari Persaudaraan Sedulur Tunggal Kecer yang didirikan oleh Ki Ngabehi Suro Diwiryo dan menurunkan banyak perguruan silat seperti PSHT, SH Winongo, SH Putih. Pusat perguruan ini berdomisili di Madiun, Jawa Timur.
  • PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) didirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo tahun 1922 di Pilangbango, Madiun. Perguruan ini berbentuk organisasi dan lebih menekankan pada rasa persaudaraan. Perguruan ini mempunyai anggota yang sudah menyebar keseluruh penjuru nusantara, bahkan sampai keluar negeri di antaranya Malaysia, Singapura, Belanda, Mesir, dan Rusia. Dan sekarang diketua oleh Drs. R. Moerdjoko HW [1]
  • Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo-Madiun

Pada tahun 1964, SH mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini tidak lain disebabkan keadaan juga, sebagian besar saudara2 SH sudah banyak yg lanjut usia, ditambah lagi dengan semakin kurangnya penerimaan saudara baru. Banyak saudara SH yang sudah sepuh satu persatu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara SH dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau keadaan yg demikian dibiarkan terus-menerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan.

Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi peni dan adi luhung tersebut, maka pd tanggal 15 Oktaber 1965 bapak Soewarno merasa terpanggil untuk bergerak (mengaktifier) kegiatan2 SH dengan serentak. Gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM serta ikut Memayu Hayuning Bawono, membantu negara/ pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan.

Dengan meningkatkan latihan jasmani (pencak) dan latihan rohani (iman dan takwa kepada Allah), maka dapat diharapkan pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militan yang sangat berguna bagi kepentingan bangsa dan negara.

Kepada para Tunas Muda "SH" diajarkan pelajaran pencak silat yang berasal dari para pendekar terkenal (sembilan orang pendekar) dan yang terakhir dari bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, saudara tertua dalam Persaudaraan "Setia Hati" Winongo. Dengan metode ini maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas-Tunas Muda yang dapat berhasil dengan sukses.

  • Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga yang didirikan oleh Bayu Kurniawan tahun pada 1993 di Surabaya, Jawa Timur .
  • HASDI (Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia) yang didirikan oleh Bapak RS. Hasdijatmiko pada tahun 1961, yang berpusat di Jember Jawa Timur. Merupakan perguruan silat yang mengembangkan tekhnik gerak silat cepat dan lugas.
  • Silat Bawean - silat dari Pulau Bawean, Jawa Timur. Silat Bawean atau orang Bawean menyebutnya pokolan. Ini merupakan salah satu aliran dari pencak silat yang merupakan permainan bela diri dan juga sebagai hiburan.
  • Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) - sebelumnya bernama Silat Mardi Anoraga Sakti, didirikan oleh Eyang Mursid. Tahun 1974 menjadi Pencak Silat Cempaka Putih yang didirikan oleh Eyang Wagiman (anak Eyang Mursid), yang juga terkenal dengan silat hadirannya. PSCP berdiri di kecamatan Panekan, Magetan, dan mempunyai anggota di seluruh Indonesia serta luar negeri.
  • Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas, didirikan di kecamatan kare Madiun Oleh bapak Koestari Adi andaya (seorang purnawirawan TNI-AU AURI) pada tanggal 10 Nopember 1972 yang bernaung di bawah IPSI. Persilatan ini mengajarkan warga dan siswanya menjadi tangan-tangan penyelamat, menyelamatkan dirinya sendiri dan orang lain dalam tafsir yang sangat luas serta berpegang teguh pada “Hablum Minalloh Wa Hablum Minannas”.[2]
  • Persatuan Hati (PH) di Ponorogo, Jawa Timur, yang didirikan oleh Mbah Trimo
  • Perguruan Pencak Silat NH Perkasya (Nurul Huda Pertahanan Dua Kalimat Syahadat) yang berpusat di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng kabupaten Jombang Jawa Timur. Perguruan Silat yang didirikan oleh Lamro Asyhari pada 2 November 1982 (menurut AD/ART) ini beraliran YUKASI (Yudo, Karate, Pencak Silat). Selain itu juga diajarkan kemampuan mental spiritual, wawasan keislaman, wawasan kenegaraan, kepemimpinan, manajemen keorganisasian, dan akidah Islam untuk bekal materi dakwah. Sebagian besar Dewan Pendekar NH Perkasya sendiri juga yang mempelopori berdirinya Pagar Nusa pada waktu itu.
  • Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa (PSNU PN) Resmi dibentuk pada tanggal 3 Januari 1986 Di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Pagar Nusa dibentuk atas dasar keprihatinan para Ulama, kiyai, dan tokoh pendekar Nahdlatul Ulama (NU) yang kala itu banyak perguruan-perguran beladiri di kalangan pesantren yang berdiri sendiri dan beberapa alasan lainnya. Sehingga berkumpulah seluruh pendekar dari berbagai perguruan di pesantren berbasis Nahdlatul Ulama untuk bermusyawarah membentuk sebuah wadah untuk mewadahi perguruan-perguruan tersebut. Kini PSNU Pagar Nusa merupakan salah satu dari Badan Otonom Nahdatul Ulama, setingkat dengan GP ANSOR, FATAYAT NU, IPNU, IPPNU dan Banom-banom NU lainnya.
  • Pencak Silat Harimau Cimande (PSHC), Berpusat di Trenggalek. Merupakan pencak silat dengan Aliran Cimande. PSHC sendiri termasuk salah satu Perguruan yang berada di bawah naungan PSNU Pagar Nusa.
  • Silat Pencak Kurdho Manyuro (SPKM) 1933, Berpusat di Campurdarat, Tulungagung. SPKM 1933 tergabung dalam PSNU Pagar Nusa.
  • Surabaya Pencak Kurdho Manyuro (SPKM) 1938, Berpusat di Surabaya. SPKM 1938 adalah Pencak Silat yang dibawa dari Tulungagung oleh pendiri pencak silat SPKM 1933. SPKM 1938 berdiri sendiri dan tidak termasuk diwadahi oleh Pagar Nusa seperti SPKM 1933.
  • PSKH/Pentjak Suci Kumpulan Hati, Merupakan pencak silat "Trah Setia Hati" Yang berdiri di Blitar. PSKH pada awalnya berdiri sendiri, namun sekarang diketahui telah melebur dan menjadi perguruan di bawah naungan Pagar Nusa.
  • Silat Cobra, pusat perguruan berada di Pamekasan, Pulau Madura, yang didirikan oleh Arif Budiman. Perguruan ini telah berkembang ke seluruh Indonesia, salah satunya di Pontianak.
  • Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam. Didirikan oleh RM. Sutadi Rakhanta pada tahun 1972 berpusat di Kota Madiun Jawa TImur. Menekankan pada prinsip budi luhur dan mencari ridho dan keslamatan dari Allah SWT. Saat ini mempunyai Anggota dan Warga di seluruh Indonesia.
  • Perguruan Pencak Silat perisai hati, Didirikan oleh pak Gatot Subroto,Heru Purwanto,dan alm.Hendrik yansen di Surabaya pada tanggal 28 Desember 1990.
  • Perguruan Ilmu Seni Bela Keselamatan Syiar Islam (SI) di Tuban, Lamongan dan sekitarnya, didirikan oleh K.H. Ahmad Muzaini. Perguruan ini merupakan persatuan dari berbagai perguruan yang bernapaskan ajaran agama islam.
  • Perguruan Seni Ilmu Bela diri Kung Fu IKS.PI. Kera Sakti didirikan oleh Bapak R. Totong Kiemdarto pada tanggal 15 Januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kel. Nambangan Lor, Kec Mangunharjo, Kodya Madiun. Adapun nama dari perguruan ini semula adalah IKS.PI. yang artinya adalah Ikatan Keluarga Silat "Putera Indonesia" tetapi ketika perguruan mulai berkembang diberi nama tambahan "Kera Sakti" dibelakangnya, sebab masyarakat maupun murid murid perguruan lebih mengenal nama jurus perguruan yaitu teknik jurus keranya daripada nama asli perguruan. Untuk itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus secara tidak langsung menambah wibawa nama perguruan maka disebutlah IKSPI Kera Sakti.
  • PPS Bintang Surya, Surabaya didirikan oleh R. Pandji (cucu Sunan Gunung Jati ) di Surabaya pada tahun 14 Desember 1973.PPS Bintang Surya adalah salah satu Perguruan Pencak Silat yang murni warisan dari leluhur Bangsa Indonesia, bersumberkan dari ilmu Syeh Syarif Hidayatullah, yang bergelar Sunan Gunung Jati, Cirebon, yang merupakan salah satu dari Wali Songo yang termahsyur.

Pada mulanya perguruan ini hanya dikenal dilingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi pada sekitar tahun 1983 beberapa murid angkatan I dan II mulai mengembangkan ajaran perguruan dibeberapa tempat, yaitu SMAN 3 Madiun, Lanuma Iswahyudi dan Dempel. Baru kemudian menyusul berkembang di tempat lain tidak saja diwilayah eks Karesidenan Madiun tetapi juga di luar bahkan sampai keluar pulau Jawa.

Sebagai pendiri pertama sekaligus sebagai guru besar dari perguruan ini adalah Bapak R Totong Kiemdarto. Oleh guru besar diajarkan pelajaran silat monyet dan kerohanian untuk memantapkan fisik dan iman dari siswa dan siswi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional yaitu memujudkan manusia Indonesia seutuhnya, yang sehat lahir maupun batin dan berjiwa Pancasila.

  • Pencak Silat Boedi Oetomo (PSBO) drintis oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Pelajar Islam Indonesia yang dididik oleh Imam Mursid dan Abdul Cholid Subolo. Perguruan Pencak Silat Boedi Oetomo berdiri pada tahun 1963.
  • www.ppssatuhati.com Perguruan Pencak Silat Satu Hati (P.P.S. Satu Hati). Didirikan oleh seorang pendekar bernama Soepardi di Surabaya, 12 Juni 1966. Pada tahun yg sama diterima menjadi anggota IPSI. P.P.S. Satu Hati berdiri, bertujuan untuk melestarikan & menumbuhkembangkan budaya bangsa Indonesia, dalam bentuk yang asli sebagai seni bela diri, seni olah budi, maupun sebagai unsur olahraga prestasi. Soepardi adalah salah seorang pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan terakhir mengabdi di kantor Bendahara Negara Surabaya (KBN) yang sekarang di kenal dengan Gedung Keuangan Negara. Beliau berguru pencak silat dan kanu ragan pada seseorang haji di Kedung Cowek Surabaya. Berbagai ilmu pencak silat beliau pelajari, maka lahirlah Perguruan Pencak Silat Satu Hati. Telah banyak prestasi yang di raih, baik ditingkat cabang, daerah hingga tingkat Nasional. Soepardi juga pernah menjabat sebagai Pengurus Daerah IPSI Jawa Timur, selaku Sekretaris I (satu). P.P.S. Satu Hati juga ber ekspansi ke pulau Madura tepatnya di Kamal Bangkalan oleh salah seorang muridnya yang bernama Rusdi. Soepardi wafat pada tahun 1980. Selanjutnya Ketua Umum di jabat oleh Mohamad Toha dari tahun 1980 s/d 1988. Mohamad Toha juga pernah menjabat di PB IPSI dan beliau juga Wasit Juri senior IPSI dan juga PERSILAT. Kemudian pada tahun 1988 s/d 2004 Mohamad Toha menjadi penasehat. Estafet Ketua Umum P.P.S. Satu Hati di jabat oleh H. Soebaktiyar hingga saat ini.
  • Silat Perisai putih - berdiri sejak 1 Januari 1967 yang berpusat di Surabaya dan didirikan oleh Guru Besar yang bernama R. Achmad Boestami Barasoebrata. Ia adalah putra kelahiran Sumenep Madura pada tanggal 4 Desember 1939 yang akrab di sebut dengan Bpk Boestam dan merupakan putra ke 3 dari sembilan bersaudara. Keilmuan ia berasal dari kakeknya Kyai Agus Salim atau dikenal dengan sebutan Ki Lamet. Dengan mengembangkan dan mempelajari Ilmu Pencak Silat dari seluruh aliran di nusantara serta beladiri asing yang masuk ke Indonesia maka ia mendirikan Sekolah Beladiri Tanpa Senjata YIUSIKA PERISAI PUTIH. Bapak R. Achmad Boestami Barasoebrata wafat di Surabaya pada tanggal 27 Desember 1987 di usia 48 tahun dan dimakamkan di Surabaya. Hingga saat ini PSN Perisai Putih yang berdiri dan berpusat di Surabaya telah mempunyai banyak cabang dan ranting di beberapa kota di Indonesia dan manca negara seperti Belanda.
  • IPS Nur Harias pada tanggal 7 Mei 1972 di Surabaya, yang didirikan oleh Drs. H. M. Atho’illah Iskandar. Nama Nur Harias mempunyai arti yaitu, NUR = cahaya dan HARIAS = padi unggul yang memakai prinsip padi yakni semakin berisi semakin merunduk. Tujuan awal didirikanya Nur Harias adalah pengemembangan islam melalui pencak silat (syiar).
  • PSPM (persatuan singowojo patriot muda) adalas sebuah organisasi pencak silat yang didirikan oleh Alm.mbah marjan pada tahun 1996. Yang beralirkan pencak dor, seni pernafasan olah tubuh, dan gerak beladiri semi modern.Di dalamnya di bentuk dan dilatih bukan hanya fisik yang jadi tujuan pertama, tetapi adalah karakter tanggung jawab, akhlaq terpuji, trengginas dalam kebaikan, berjiwa sosial tinggi, kecakapan organisasi serta tumbuhnya generasi pemuda pemudi mandiri tangguh dan berjiwa patriot adalah tujuan utama organisasi PSPM.

Kalimantan[sunting | sunting sumber]

  • Bersilat - silat dari Kalimantan
  • Kuntau Banjar, Sendeng Banjar, Sendeng Belalang, Bang'koe (silat monyet) dari Kalimantan Selatan.
  • Kuntau Hasyim harimau terkenal dengan jurus harimau nya kemungkinan aliran ini bersumber dari Sumatra.
  • Kuntau Kutai, Kuntau Kilan dari Kalimantan Timur.
  • Cuyusika Bangau Putih - perguruan silat yang menggabungkan 4 jenis aliran bela diri. Lahir di Banten, berdiri di Banyuwangi dan berkembang di Pontianak Kalimantan Barat oleh Muchsiono Hadi Saputra. (Red.H.E.Hrp)
  • Pencak Silat Setia Budhi, Pencak silat ini merupakan pencak silat yang bersenandung Jihad fi Sabilillah, pencak Ini didirikan oleh Soekarman.
  • Perguruan IKS.PI Kera sakti di beberapa cabang / kabupaten dan kota antara lain Kalimantan timur (Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Penajam Paser Utara/PPU, Gerogot, ITCI, Dong hwa, Bontang, Sangata, Sangkulirang, Berau, Tarakan, dll.), Kalimatan Selatan (Kota Baru, Banjarmasin, Tanjung, Batu Licin, dll), Kalimantan Tengah (Palangkaraya, Sampit, Pangkalanbun, dll), dan di Kalimantan Barat (Ketapang, Pontianak, dll).
  • PSOB Taruna Bhakti, Kalsel-Tim.
  • Pukulan Patikaman Silat Kuntau, perguruan yang terletak di Kalimantan Selatan.

Minangkabau[sunting | sunting sumber]

Di Ranah Minangkabau, istilah pencak silat memiliki dua pengertian. Untuk bela diri, masyarakat Minangkabau hanya menyebut istilah silek (silat), sedangkan pencak (pancak, mancak) digunakan untuk pertunjukan silat yang lebih mementingkan aspek keindahan atau disebut juga dengan silat seni.

  • Silat Tuo - Aliran silat yang dianggap paling tua yang turun dari daerah Pariangan, Padang Panjang, tapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa silat ini mulanya dikembangkan oleh Tuanku Nan Tuo, salah seorang anggota Harimau Nan Salapan atau golongan paderi. Jika pendapat ini diterima, maka "Silat Tuo" di Minangkabau terinspirasi dari gerakan binatang seperti harimau, buaya dan kucing.[3]
  • Silat Bungo - salah satu aliran silat Minang yang menekankan gerak pada aplikasi seni pencak silat, silat ini bukan untuk bertempur, melainkan untuk peragaaan di acara-acara adat atau acara formal lain.
  • Silat Sitaralak, Sterlak, Starlak - aliran silat keras dan kuat dari Minangkabau, dikembangkan oleh Ulud Bangindo Chatib (1865) dari Kamang (dekat Bukittinggi), Kabupaten Agam, berkembang sampai ke wilayah Sawahlunto. Ada pendapat yang mengatakan bahwa aliran ini dirancang untuk menghadapi gerakan Silat Tuo. Gerakan Silat Tuo terinspirasi dari gerakan-gerakan binatang seperti harimau, kucing, dan buaya. Karakter khas silat jenis ini adalah menyerang di saat lawan akan menyerang. Silat ini menyebar dan berkembang di Malaysia dan terus ke Amerika.
  • Silat Kumango - salah satu aliran silat di Minangkabau yang dikembangkan oleh Syeikh Kumango, dari nagari Kumango, Batusangkar, Kab. Tanah Datar.[4]
  • Silat Kota Anau - aliran silat daerah Koto Anau, Solok yang merupakan daerah pertahanan Minangkabau pada masa dahulunya yang menghubungkan antara Pagaruyung sebagai pusat kerajaan dan Bayang, Pesisir Selatan .
  • Silat Pauah (Pauah) - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Pauah, Kota Padang. Silat ini adalah silat termuda dan ada yang menganggap merupakan sari atau kompilasi (gabungan) dari hampir semua aliran silat yang ada di Minangkabau, silat ini khusus untuk berperang, sebab di Pauah, Padang merupakan salah satu basis perjuangan masyarakat Minangkabau melawan penjajah pada masa dahulunya.
  • Silat Lintau - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Lintau, Batusangkar, Kab. Tanah Datar.
  • Silat Harimau - salah satu aliran silat di Minangkabau yang menekankan pada permainan bawah.
  • Silat Buayo (Buaya) - aliran silat di Minangkabau yang terinspirasi dari gerakan buaya, bermain rendah, aliran ini berkembang di Pesisir Selatan.
  • Silat Pangian - awalnya berasal dari wilayah Lintau dan sekitarnya yang dimiliki petinggi kerajaan Minangkabau. Silat ini berkembang di rantau Minangkabau, Kuantan, Provinsi Riau
  • Silat Duduk - salah satu aliran silat yang menekankan bermain silat dalam keadaan duduk atau rendah, namun silat duduk bisa juga memiliki pengertian lain, bahwa di sini murid tidak berlatih silat secara fisik, namun mengembangkan nalar dan logika.
  • Silat Sabandar - adalah silat yang berasal dari daerah Pagaruyung, Sumatera Barat, namun dikembangkan di Kampung Sabandar, Karangtengah, Cianjur.
  • Silat Buah Tarok - salah satu aliran silat di Minangkabau yang berasal dari Bayang, Pesisir Selatan. Salah satu peguruannya ada di Aur Duri Padang dengan nama peguruan Salimbado-Buah Tarok, dibawah asuhan Emral Djamal Datuak Rajo Mudo. Silat Buah Tarok ini dikenal juga dengan Silek Sitaralak Baruah oleh masyarakat di kawasan Maninjau yang dahulunya diajarkan oleh Udo Tunang.
  • Silat Pakiah Rabun - berkembang di daerah Alam Surambi Sungai Pagu (lihat Silat Luncua)
  • Silat Gajah Badoroang - berkembang di wilayah Kabupaten Sawahlunto/Sijunjuang.
  • Silat Luncua (Luncur)- yang dikembangkan oleh Pakiah Rabun berkembang di daerah Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok.
  • Silat Gaib - suatu aliran silat yang bisa memainkan gerakan silat milik peguruan orang lain darimana saja.
  • Silat Sunua - dari dari Pariaman
  • Silat Ulu Ambek dari dari daerah Pariaman.
  • Silat Tiang Ampek, termasuk silat tuo yang berkembang keluar dari Batipuh, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar waktu perang Batipuah melawan Belanda setelah perang paderi. Berkembang dulunya di Palembayan, simpang Batuhampar, Piladang, Tanjuang Alam- Agam, Sumarasok, Padang Tarok, Tanjuang Alam-Tanah Datar dan Tabek Patah. Silat tuo ini waktu pengembangan banyak disurau-surau yang guru-guru tuanya pengikut tarikat ( satariah ??? belum pasti, tetapi di dalam doa/tawasul, mereka menyebut Syech Burhanudin/Aba Burhan ) Silat ini bukan silat yang indah gerakannya tetapi silat praktis. Didaerah-daerah yang tersebut di atas cara-cara pengajarannya berbeda-beda.
  • Silat Balubuih, Silat yang dikembangkan oleh Syech Balubuih dinegri Balubuih kabupaten Lima Puluh Kota. Syech Balubuih dan Syech Kumango pernah sama-sama menimba ilmu agama dan tarikat kepada Syech Abdurahman di Batu Ampar kabupaten Lima Puluh Kota (dulunya dinamakan Luhak Lima Puluh Koto.
  • Silat Sungai Patai, Silat yang berkembang di Nagari Sungai Patai Tanah Datar.
  • Silat Lintau, Berasal dari daerah Lintau Buo Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat. Silat ini merupakan silat yang terkenal di Minangkabau, dengan dasar Lahkah Ompek (Langkah Empat) dan ada juga dengan Langkah Duo Boleh (Dua Belas). Silat lintau memili guru silat di hampir 9 koto (daerah) di lintau yang masing-masingnya memiliki gaya tersendiri namun tetap berdasarkan langkah yang sama.
  • Silat Alif Ba Ta, Silat yang menjunjung tinggi agama, silat yang beraliran seni bela diri, silat yang sudah ada pada zaman dahulu kala yang sekarnag berkembang di riau khususnya pekanbaru, alif ba ta telah masuk dalm ipsi yang di kambangkan oleh bapak. suhaimi, yang memiliki gerakan pembukaan atua labek.

Riau-Siak[sunting | sunting sumber]

  • Perguruan Pencak Silat Mutiara Panca Rasa - perguruan yang mempelajari agama Islam serta Ilmu Pencak Silat Aliran Pengian dan Ilmu Pencak Silat Aliran Minangkabau serta Ilmu Pencak Silat Aliran Gerak Pengelat yang dijaga keasliannya walaupun sudah mengalami perubahan sesuai keadaan zaman.

Lampung[sunting | sunting sumber]

  • Pencak Silat Madu Bunga Mayang - Perguruan ini lebih menunjang Akidah Agama dan mementingkan jurus yang membuatnya lebih mematikan dan berasal dari Lampung yang mempunyai kelebihan dalam jurus nya. Silat ini di kembangkan oleh CIk Aman dan dikembangkan lagi oleh Mangku Alam dan Ratu Bangsawan yang bertepatan di rumah Mangku Alam sendiri dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia di Pulau Pulau Sumatra, Kalimantan.

Aliran dan perguruan di luar negeri[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

  • Pukulan Pentjak Silat Serak (atau Sera) - ditemukan oleh Pak Sera dari suku Badui dan dikembangkan oleh Mas Roen dan Mas Djoet. Victor de Thouars mengajarkan Pukulan Sera di area Los Angeles
  • Soempat Silat - didirikan oleh Pak Tisari Majoeki, pengembang tongkat rotan bergaris, yang aliran silat keturunannya dilanjutkan oleh Maha Guru "Pak Vic" Victor de Thouars
  • ODF Silat - didirikan oleh Maha Guru "Pak Vic" de Thouars, dibangun untuk Hukum Pelaksanaan, khususnya serangan langsung dari pisau terbuka
  • Tongkat Silat - didirikan Maha Guru "Pak Vic" de Thouars pada 1957, dengan pengaruh Silat Soempat dan Serak (Sera)
  • Bukti Negara - aliran modern dan modifikasi Sera yang didesain oleh keturunan pemilik Sera, Pendekar Paul de Thouars. Nama Bukti Negara berarti "pemberian kepada bangsa," merefleksikan rasa terima kasih Pendekar Paul de Thouars pada Amerika Serikat semua yang diberikannya. Karena banyak pembatasan sistem induk Sera, Pendekar de Thouars memodifikasi Sera untuk membentuk Bukti Negara agar metampakkan bertambahnya perasaan pada seni
  • Kuntao Silat - menggabungkan Kuntao dan Silat, seperti diajarkan Pendekar Willem de Thouars
  • Pukulan Cimande Pusaka - aliran Silat Cimande yang diturunkan dari Mas Jut, diajarkan oleh Pendekar William Sanders. Aliran ini termasuk seni asli Embah Kajir (Kahir) dari desa Tarik Kolot
  • Persatuan Pencak Silat Inti Ombak - aliran pencak silat Madura dan Mataram (Yogyakarta), dan di lestarikan oleh Guru Daniel Prasetya yang juga merupakan saudara sepadepokan dengan Pusaka Sakti Mataram lakutama

Eropa[sunting | sunting sumber]

  • Perisai Diri
  • Silat Cimande yang tersebar di Prancis, Belanda dan Belgium
  • Gerak Ilham
  • Saudara Kaum di Perancis, mengajarkan silat Minangkabau dan silat dari Tanah Sunda
  • Pandeka Mihar G=Sentak di Austria, mengajarkan silat dari Minangkabau

Filipina[sunting | sunting sumber]

  • Maphilindo Silat – aliran silat yang didirikan oleh Dan Inosanto untuk menghormati guru silatnya. Terdiri dari aliran silat Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Malaysia[sunting | sunting sumber]

Semenanjung Malaysia
  • Gayung Malaysia - salah satu dari 4 perguruan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia
  • Silat Cekak – merupakan tipe silat bertahan, sebab memakai 99% teknik bertahan dan hanya 1% teknik menyerang. Merupakan salah satu dari 4 padepokan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia
  • Silat Lincah - salah satu dari 4 padepokan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia
Sarawak
  • Pencak Silat Melayu Asli (PSMA) Spring12 - Sebelum Merdeka dikenali sebagai Pencak Silat Melayu Asli. Terdiri daripada 6 Peringkat latihan yang diasaskan oleh Arwah Guru Bojeng Bin Sham yang menuntut dari pakciknya iaitu HJ Jeraei. Hj Jeraei belajar di Kampung Dagang Sambas, Kalimantan Indonesia dan merupakan anak murid harapan Guru Wanita tersebut. Sekarang PSMA Spring12 telah mempunyai hampir 20,000 orang ahli di seluruh Sarawak.

Thailand[sunting | sunting sumber]

  • Seni Gayung Fatani – aliran silat Malaysia berasal dari Provinsi Pattani di Thailand Selatan. Salah satu dari 4 perguruan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia

Timor Leste[sunting | sunting sumber]

  • Kmanek Oan Rai Klaran (KORK)- ditemukan oleh Pak Jose dos Santos "Naimori" Bucar di suco Suro distrik Ainaro, diresmikan secara nasional sebagai organisasi pencak silat pada tahun 2001.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perguruan Seni Bela Diri Silat BS Melati Cabang Jember". Kerikil Berlumut. Diakses tanggal 2018-02-17. 
  2. ^ Silat Pandan Alas[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ 12 Warga Asing Belajar Silat Kuno Minangkabau VIVAnews, 29 Agustus 2013. Diakses 3 Desember 2013.
  4. ^ Kumango, Silat Leluhur dari Minangkabau Liputan6.com, 3 Juni 2012. Diakses 3 Desember 2013.

.

Pencak silat

Pranala luar[sunting | sunting sumber]