Cucut ronggeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Cucut Ronggeng
Eusphyra blochii Day.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Chondrichthyes
Upakelas: Elasmobranchii
Ordo: Carcharhiniformes
Famili: Sphyrnidae
Genus: Eusphyra
Gill, 1862
Spesies: E. blochii
Nama binomial
Eusphyra blochii
(Cuvier, 1816)
Wilayah sebaran
Wilayah sebaran
Sinonim

Zygaena latycephala van Hasselt, 1823
Zygaena laticeps Cantor, 1837

Cucut ronggeng (Eusphyra blochii) adalah sejenis cucut martil, suku Sphyrnidae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai winghead shark, karena ‘martil’ di kepalanya demikian lebar sehingga menyerupai sayap. Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Eusphyra. Tergolong hiu kecil yang tidak membahayakan, cucut ronggeng merupakan ikan tangkapan komersial di sebagian besar area sebarannya.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Ciri utama cucut ronggeng adalah ‘martil’ di kepalanya (disebut "cephalofoil") yang sempit dan panjang menyamping, membedakannya dari jenis-jenis cucut martil yang lain. Lebar cephalofoil ini mencapai 40-50% panjang tubuh cucut, dari atas terlihat seperti bentuk sayap atau mata panah, dengan tonjolan kecil di depan hidungnya. Tak sebagaimana cucut martil yang lainnya (marga Sphyrna), hidung cucut ronggeng ini terletak agak ke tengah pada cephalofoil.

Cucut yang tak seberapa besar; panjang tubuhnya tidak melebihi 1,86 m[2]. Tubuh berwarna kelabu atau abu-abu kecoklatan di sisi atas, dan lebih pucat di bagian perutnya[3].

Agihan dan habitat[sunting | sunting sumber]

Cucut ronggeng hidup di laut-laut dangkal di paparan benua dan laut pedalaman wilayah Indo-Pasifik Barat, mulai dari Teluk Persia di barat hingga Filipina; ke utara hingga perairan Cina dan Taiwan; dan ke selatan hingga Queensland dan Northern Territory di Australia[3]. Terkadang hiu ini juga memasuki wilayah berair payau di muara sungai[2].


Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Hiu ini agaknya tak berbahaya. Ikan ini adalah salah satu jenis cucut yang biasa tertangkap nelayan di India, Pakistan, Malaysia dan Thailand; kemungkinan juga di bagian lain dari wilayah sebarannya. Ikan ini ditangkap dengan menggunakan berbagai macam jaring dan pancing[3]. Cucut ini umum didapat di lepas pantai Kalimantan[2] dan juga merupakan bagian kecil dari tangkapan nelayan Australia[1].

Dagingnya biasa dikonsumsi orang, hatinya merupakan sumber minyak vitamin tinggi-potensi[3]. Sejauh ini belum ada data ilmiah yang memadai mengenai status populasinya di alam, meskipun beberapa laporan dan survei pasar memberikan indikasi adanya penurunan populasi di kebanyakan tempat, kecuali Australia[1].


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Simpfendorfer (2003). Eusphyra blochii. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 11 May 2006.
  2. ^ a b c "Eusphyra blochii". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. May 2006 version. N.p.: FishBase, 2006.
  3. ^ a b c d Compagno, Leonard J. V. (1984) Sharks of the World: An Annotated and Illustrated Catalogue of Shark Species Known to Date. Rome: Food and Agricultural Organization. ISBN 92-5-101384-5.