Corey Yuen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Corey Yuen Kwai (Tionghoa: 元奎; pinyin: Yuán Kuí) adalah seorang aktor lagi dari Hong Kong actor, yang juga seorang sutradara dan produser film. Dia adalah anggota dari group silat "Seven Little Fortunes".

Corey adalah salah satu teman baik dari Jackie Chan, Sammo Hung dan Yuen Biao ketika mereka masih beraksi di China Drama Academy Sekolah Opera Peking. Mereka menghabiskan hari-harinya dalam training yang penuh kedisplinan tinggi dan diawasi oleh guru besar mereka, Master Yu. Dia juga berakting sebagai pemeran pembantu dalam dunia perfilman Hong Kong di era "chop socky" pada tahun 1970-an.

Dia sekarang menjadi salah satu sutradara terkenal untuk film-film aksi laga terkenal baik di Hong Kong sendiri maupun di Amerika Serikat. Pada tahun 1985, ia adalah sutradara film dari Hong Kong yang pertama kali berhasil membawa gaya aksi laga perfilman Hong Kong kedalam sebuah film Amerika, No Retreat, No Surrender yang kemudian mengharumkan nama pemeran pria terkenal, Jean-Claude Van Damme. Dia telah bekerja sama dengan hampir semua bintang film terkenal dari Hong Kong, yang diawali dengan Michelle Yeoh dan Cynthia Rothrock diawal kariernya pada tahun 1985 dengan film Yes! Madam dan melambungkan nama Stephen Chow pada tahun 1990, All for the Winner dan pada tahun 1991 dengan Top Bet. Ia juga pernah menyutradarai Jackie Chan dengan Sammo Hung di film yang berjudul Dragons Forever, dan menyutradarai Anita Mui, Andy Lau serta Aaron Kwok di Saviour of the Soul. Pada tahun 1993 ia mulai berteman dan bekerjasama dengan bintang film laga terkenal Jet Li. Tak lama kemudian ia berhasil menyutradari beberapa film Jet Li dimulai dari filmFong Sai Yuk dan film-film lanjutannya. Hal ini terus bergulir hingga ke film The Bodyguard from Beijing, The New Legend of Shaolin, My Father Is a Hero dan High Risk. Tanpa terasa mereka telah bekerja sama lebih dari 8 tahun dan ia telah membawa gayanya dalam 3 film Jet Li untuk pasar Amerika, Lethal Weapon 4, Romeo Must Die, The One, dan Cradle 2 the Grave. Ia juga menyutradarai The Transporter dan So Close, yang baru diedarkan akhir tahun 2002. Namun ia memutuskan untuk tidak menyutradari kelanjutan film Transporter 2, yang diedarkan pada tahun 2005. Walaupun begitu, para pemeran pengganti dan aktor laganya muncul dalam film tersebut.

Filmnya yang cukup dikenal adalah Righting Wrongs dimana Yuen Biao dan Cynthia Rothrock menjadi pemeran utamanya, She Shoots Straight dengan para pemeran Joyce Godenzi, Sammo Hung dan Yuen Wah serta pada tahun 1997, Hero (yang berbeda dengan film arahan Zhang Yimou, dengan Jet Li sebagai pemeran utamanya pada tahun 2002 dengan judul yang sama) yang menampilkan Yuen Biao dan Takeshi Kaneshiro sebagai pemeran utama. Selain itu ia juga bertindak sebagai sutradara dalam beberapa film laga lainnya. Aksi laga yang ditampilkan dalam karya-karyanya memiliki ciri tersendiri dibandingkan dengan sutradara film-film laga dari Hong Kong lainnya seperti Yuen Woo Ping dan Ching Siu Tung. Ia juga -dikenal dengan kecepatan aksi-aksi laganya dan kreatifitasnya. Hal lain yang membedakan, film-filmnya lebih mengedepankan aksi pertarungan tangan kosong dan senjata berapi, dua gaya pertarungan yang jarang dipergunakan bersama-sama dan bisa melejitkan film-film laga Hong Kong.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai sutradara

Pranala luar[sunting | sunting sumber]