Sekolah Opera Peking

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Opera Peking adalah salah satu dari sekian banyak sekolah berasrama yang terdapat di seantero China daratan, Hong Kong, Macau dan Taiwan. Dari sekian banyak sekolah yang ada, sekolah-sekolah yang terkenal adalah yang terdapat di Hong Kong selama kurun waktu 1950an dan 1960an, dimana para siswa yang bersekolah disana menapaki karier yang bagus di dunia perfilman Hong Kong.

Para siswanya mempelajari Beijing opera, seni bela diri, akrobat dan senam lantai dan mempertunjukkannya di hadapan para penonton. Sekolah-sekolah ini meluluskan sebuah generasi yang ahli dalam stunt, koreografi adegan perkelahian, aktor dan sutradara, dimana beberapa diantaranya saat ini adalah bintang tersohor di dunia perfilman Hong Kong. Namun sayangnya ketertarikan masyarakat akan sekolah ini berkurang secara drastis pada akhir tahun 1960an dan sekolah ini akhirnya ditutup.

Biasanya, calon siswa telah dipilih dan disekolahkan pada usia yang sangat muda oleh seorang guru atau yang sering dikenal sebagai sifu dan dilatih selama tujuh sampai sepuluh tahun, dalam sebuah perjanjian dengan orang tua mereka. Karena para guru menyediakan makanan dan tempat tinggal kepada para muridnya selama masa tersebut, secara tidak langsung mereka berhutang kepada para guru yang bisa dibayarkan dari hasil pertunjukan. Setelah tahun 1911, program pelatihannya disesuaikan dengan bentuk formal yang ada. Biasanya, para siswa sudah bangun pada jam lima pagi untuk berolah raga. Selama seharian penuh mereka akan belajar seni peran dan akrobat, bela diri dan sore harinya, siswa-siswa senior melakukan pertunjukan di luar. Jika mereka melakukan kesalahan ketika sedang melakukan pementasan, maka sudah biasa bahwa seluruh kelompoknya akan dipukul dengan bambu. Sekolah-sekolah dengan perilaku kekerasan lebih sedikit mulai bermunculan pada tahun 1930, namun semua sekolah itu ditutup pada tahun 1931 ketika dalam pendudukan bala tentara Jepang. Sekolah-sekolah modern, seperti China Drama Academy dan Spring and Autumn Drama School dibuka setelah perang, sekitar tahun 1952.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Halson, Elizabeth (1966). Peking Opera: A Short Guide. Hong Kong: Oxford University Press. hlm. 8. 

Some info taken from Subway Cinema and Los Angeles Times proBerkas: Corey Yuen Some aka names take from HKCinemagic