Yuen Biao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yuen Biao
Nama Tionghoa元彪 (Tradisional)
Nama Tionghoa元彪 (Sederhana)
PinyinYuán Biāo (Mandarin)
JyutpingJyun4 Biu1 (Kanton)
Nama Lahir夏令正 (Traditional)
Xià Lìngzhèng (Mandarin)
Haa6 Ling6zeng3 (Cantonese)
Nama LainBill Yuen
Jimmy Yuen
Little Brother
Pekerjaanaktor, produser, koreografi aksi laga
Tahun aktif1962 – sekarang
Anak2
PasanganDiDi Phang Sau-Ha (1984 – sekarang)
Penghargaan

Yuen Biao (lahir 26 Juli 1957) adalah seorang aktor dari Hong Kong. Ia memiliki keahlian khusus dalam seni bela diri kungfu dan telah bekerja dalam lebih dari 80 film sebagai aktor, stuntman dan koreografi aksi laga. Bersama-sama dengan "saudaranya" lulusan dari Sekolah Opera Peking, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia adalah salah satu dari anggota Seven Little Fortunes .

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Terlahir sebagai 夏令正 Xià Lìng-Zhèng (Hsia Ling-Jun) di Hong Kong, Yuen anak kelima dari enam bersaudara. Ia menimba ilmu di China Drama Academy antara umur lima sampai enam belas tahun, dan setelahnya ia mengembangkan kariernya di dunia perfilman Hong Kong.

Karier Film[sunting | sunting sumber]

Awal 1970-an[sunting | sunting sumber]

Di awal-awal tahun 1970-an, Yuen mulai bekerja sebagai seorang stuntman dan peran pembantu. Setelah berperan dalam film berjudulFist of Fury, Way of the Dragon, Yuen menjadi seorang stunt untuk Bruce Lee di film Enter the Dragon, tahun 1973. Dia juga adalah salah satu "tiruan" dari Bruce Lee dalam film Game of Death (1978), melakukan berbagai macam gerakan akrobatik dan stunt dimana Bruce Lee "body double" (Taekwondo expert, Tai Chung Kim) tidak dapat melakukannya. Yuen tetap bekerja sebagai seorang stuntman, dan juga sebagai aktor di dunia industri perfilman Hong Kong.

Di awal-awal perannya, ia memakai nama panggung Bill Yuen untuk film-film Hong Kong yang diedarkan untuk kalangan internasional. Seiring dengan kesuksesan yang menyertai Jackie Chan dengan Golden Harvest, yang memiliki nama sama, maka dalam credit title namanya dituliskan sebagai "Jimmy Yuen".[1]

Akhir 1970-an dan 1980-an[sunting | sunting sumber]

Akhir tahun 1970-an dan awal-awal tahun 1980-an, berkat hubungan baiknya dengan teman-temannya dan teman sekelasnya, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia mulai bekerja secara rutin sebagai aktor. Setelah bermain sebagai pemeran pembantu di film The Dragon, the Odds (1977) dan perannya sebagai peran utama dalam Knockabout (1978), ia mulai terkenal melalui beberapa film sukses diawal-awal tahun 1980-an, salah satunya yang sering disebut adalah The Prodigal Son (disutradarai oleh Sammo Hung) dan Dreadnaught (disutradarai oleh Yuen Woo-ping). Kemudian ia juga bermain bersama-sama dengan "saudaranya" dari Sekolah Opera Peking, Chan dan Hung, dalam film Project A, Wheels on Meals dan Dragons Forever. Selain itu ia juga muncul dalam beberapa peran kecil dalam beberapa film seperti Hung trilogi Lucky Stars.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bey Logan (2006). Wheels on Meals commentary track (DVD). Hong Kong Legends. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]