Comal, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Comal
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pemalang
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -
Rumah kepala kampung penghunian buruh pabrik gula Comal di masa Hindia Belanda
Pabrik gula Comal (tahun 1904)

Comal adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kecamatan ini berada di bagian timur Kabupaten Pemalang. Kantor kecamatan Comal terletak di Dusun Balutan, Kelurahan Purwoharjo. Satu-satunya pasar yang ada daerah Comal yaitu Pasar Comal yang juga berada di Kelurahan Purwoharjo, namun sebenarnya Comal juga merupakan nama Sungai di daerah situ. Dibandingkan dengan wilayah Pemalang bagian barat yang menggunakan dialek Tegal, secara kultural ragam Bahasa Jawa yang dituturkan oleh masyarakat Comal lebih dekat ke dialek Pekalongan. Salah satu makanan khas Comal adalah kue apem.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Ambokulon
  2. Gandu
  3. Gedeg
  4. Gintung
  5. Kandang
  6. Kauman
  7. Kebojongan
  8. Klegen
  9. Lowa
  10. Pecangakan
  11. Purwoharjo
  12. Purwosari
  13. Sarwodadi
  14. Sidorejo
  15. Sikayu
  16. Susukan
  17. Tumbal
  18. Wonokromo

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Salah satu kuliner yang terkenal di Comal antara lain: nasi tahu. Nasi tahu di Comal berbeda rasanya ketimbang nasi tahu di daerah lain. Nasi tahu di Comal menggunakan sambal kacang dan hanya berisi tahu beserta sayuran seperti irisan tomat, bawang, tauge, kol, mentimun. Sambal kacangnya juga tidak 'banjir'.

Comal kota Apem adalah sebutan yang sudah akrab di telinga masyarakat Pekalongan dan Pemalang, karena kue apem khas Comal tidak terdapat di kota-kota lain. Namun konon bahwa sebenarnya Apem Comal tidak diproduksi di Comal, melainkan dibawa oleh orang-orang dari Kesesi, Pekalongan dan khusus di jual di pasar comal. Alhasil apem comal sekarang menjadi makanan khas Comal.

Batas Administratif[sunting | sunting sumber]

Utara: Kecamatan Ulujami Timur: Kecamatan Ulujami Barat: Kecamatan Ampelgading Selatan: Kecamatan Bodeh, Kecamatan Sragi

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Untuk menghubungkan wilayah Comal dengan beberapa daerah tetangga, ada beberapa rute transportasi yang bisa digunakan oleh masyarakat, yaitu menggunakan angkutan umum. Angkutan umum berupa Elf jurusan Pemalang, Angkudes, Bus jurusan Randudongkal, Pemalang, Pekalongan, Bus besar, dan Dokar/Becak.