Cinta Fitri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cinta Fitri
Cintafitri
Format Drama
Pembuat MD Entertainment
Penulis Sabrina Firdaus
(season 1)
Hilman Hariwijaya
(season 2 - season 3)
Lintang Wardani
(season 4 - season 7)
MD Entertainment
(akhir season 7)
Sutradara H. Encep Masduki
Pemeran Shireen Sungkar
Teuku Wisnu
Adly Fairuz
Donita
Verlita Evelyn
Iqbal Pakula
Dinda Kanyadewi
Sandy Syarief
Nuri Maulida
Lian Firman
Irene Librawati
Meidiana Hutomo
Slogan East or West, Cinta Fitri Farrel is The Best
Lagu pembuka Atas Nama Cinta, Rossa
(Season 1 - pertengahan Season 5)
Cinta Kita, Shireen Sungkar Feat. Teuku Wisnu
(Season 5 - Season 7)
Lagu penutup Atas Nama Cinta, Rossa
(Season 1 - pertengahan Season 5)
Cinta Kita, Shireen Sungkar Feat. Teuku Wisnu
(Season 5 - Season 7)
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bahasa Indonesia
Jumlah musim 7
Jumlah episode 1002
Produksi
Produser Dhamoo Punjabi
Manoj Punjabi
Lokasi Jakarta
Durasi 60 - 90 menit
Rumah produksi MD Entertainment
Siaran
Saluran asli SCTV
(Season 1 - Season 6)
Indosiar
(Season 7)
Format gambar 480i Standard Definition Television (SDTV)
Siaran perdana Senin, 2 April 2007
Periode siaran Senin, 2 April 2007–Minggu, 8 Mei 2011

Cinta Fitri adalah sebuah sinetron yang diproduksi oleh MD Entertainment dan ditayangkan pertama di Indonesia oleh SCTV kemudian pindah ke Indosiar dengan lagu tema yang berjudul Atas Nama Cinta yang dipopulerkan oleh Rossa yang kemudian berganti lagu tema berjudul Cinta Kita yang dipopulerkan oleh Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Sejauh ini, Cinta Fitri berhasil menjadi sinetron Indonesia dengan episode terbanyak yang ditayangkan di televisi selama 4 tahun, dengan 7 musim dan 1002 episode. Cinta Fitri memenangkan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Drama Seri Terbaik selama 2 tahun berturut-turut (2009 dan 2010).

Pemeran

Catatan: pemeran-pemeran berikut adalah mereka yang benar-benar berperan penting dalam Cinta Fitri, mulai dari season 1 hingga season 7. Beberapa pemain figuran atau sampingan mungkin tidak disebutkan karena peran yang dimainkan tidak terlalu memengaruhi jalan cerita.

Pemeran utama

Pemain berikut adalah kunci utama dari alur sinetron ini:

Pemeran pendukung

Pemain berikut masih bermain hingga awal season 7:

Pemeran season 1 - awal season 7

Pemain berikut telah bermain mulai dari, maupun hanya dalam season 1 hingga awal season 7:

Sinopsis

Cinta Fitri menjadi salah satu sinetron kebanggaan yang ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV, kemudian pindah ke Indosiar, karena alur ceritanya yang padat, menarik, dan kadang-kadang tidak terduga apa lanjutannya. Ini juga menjadi kunci kesuksesan Cinta Fitri sehingga bisa bertahan hingga musim ke 7 dan tayang selama 4 tahun dari tahun 2007 hingga 2011, dan walaupun setelah Cinta Fitri Season Ramadhan selesai tayang beberapa orang mulai mengkritik jalan cerita Cinta Fitri yang terlihat semakin dibuat-buat dan tidak sebaik jalan cerita season-season sebelumnya [1], kenyataannya Cinta Fitri Season 5 justru lebih banyak mendapat pujian dan dalam sekejap menduduki rating tertinggi [2]. Ini menandakan bahwa Cinta Fitri memang masih digemari oleh masyarkat Indonesia.

Season 1

Cinta Fitri Season 1
Jumlah episode 200
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Senin, 2 April 2007–Senin, 5 November 2007


Fitri adalah seorang gadis desa yang lugu, norak, ceria, sekaligus baik hati dan tak pernah punya prasangka macam-macam kepada orang lain. Ia berasal dari desa Wonogiri dan hanya hidup dengan bibinya, karena orang tua kandungnya sudah lama meninggal dunia.

Menjelang hari pernikahannya dengan Firman, Fitri datang ke Jakarta untuk bertemu dengan keluarga calon suami. Namun alangkah syoknya dia ketika sampai di Jakarta, bukan pernikahan yang ia temui, melainkan pemakaman Firman. Seusai pemakaman, Fitri yang malu hati menumpang di rumah calon suaminya yang sudah almarhum itu, berpura-pura akan pulang ke kampung. Tapi sesungguhnya Fitri mau tetap tinggal di Jakarta untuk meraih impiannya, dan juga tidak mau membuat bibinya kecewa. Sayang, ketika sampai di terminal bus dompetnya dicuri hingga semua uangnya habis.

Fitri mencoba bekerja di sebuah warung nasi soto milik Maya, yang ternyata adalah anak pertama dari keluarga Pak Hutama yang kaya raya, yang diusir dari keluarganya karena menikah dengan Bram, seorang lelaki miskin dan oportunis.

Moza adalah anak dari almarhum sahabat baik Hutama. Karena itulah Moza dijodohkan untuk menjadi istri Farrel suatu saat kelak. Padahal cinta Farrel terkubur setelah pacarnya, Mischa pergi meninggalkannya untuk studi di luar negeri. Sepanjang hubungan Farrel-Fitri, Moza selalu hadir sebagai pengganggu. Tapi Farrel tak peduli ketika Hutama mengancamnya: memilih Fitri atau warisan perusahaan.

Farrel berhasil mengatasi Moza. Tapi keadaan semakin runyam dengan kedatangan mantan pacarnya, Mischa, yang membuat hati Farrel kembali ragu. Tapi cinta membuktikan kekuatannya. Pada akhirnya, Farrel dan Fitri menjadi pasangan yang sangat membuat iri bagi siapa pun yang melihatnya.

Season 2

Cinta Fitri Season 2
Jumlah episode 168 [3]
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Sabtu, 8 Maret 2008–Sabtu, 23 Agustus 2008


Setelah Fitri terjatuh dari jembatan di Wongiri, Farrel dan keluarga panik. Bulik Rini juga kalut. Tapi untunglah Fitri selamat dan ditemukan orang-orang kampung. Acara pernihakan pun dilangsungkan dengan bahagia. Tapi karena masih tinggal bersama, konflik mertua-menantu otomatis muncul. Fitri dan Lia sering terlibat konflik akibat Oma selalu memanas-manasi Lia. Konflik Aldo-Kayla tak kalah memanas, Aldo dianggap terlalu sibuk mengurusi orangtuanya dan Norman. Kehidupan rumah tangga Maya dan Bram juga tak menemukan jalan keluar yang baik. Keputusan mereka bekerja dalam satu kantor yakni perusahaan properti milik Emil, jadi bumerang. Pasalnya, Maya dan Bram merahasiakan status mereka sebagai suami istri. Sehingga Emil yang tidak mengetahui hal itu, malah naksir Maya.

Lain lagi kisah Moza. Vino, partner kerja baru di Retro yang belagu, membuat Moza sebal. Vino punya alasan. Sikap sinisnya pada wanita lahir gara-gara masa lalunya yang buruk soal asmara. Keduanya kerap ribut. Banyak yang menduga Vino bakal jadian dengan Moza. Tapi nasib berkata beda. Moza malah berjodoh dengan Aldo. Norman dan Yuga tinggal berdua di rumah kontrakan. Yuga bahagia bertemu kembali dengan Nabila yang kini jadi ibu guru di sekolahnya.

Season 3

Cinta Fitri Season 3
Jumlah episode 150
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Rabu, 12 November 2008–Minggu, 12 April 2009


Disaat Fitri positif hamil, Farrel dijebloskan ke penjara dengan tuduhan telah membunuh Bram. Hutama dan Lia kalut, terkecuali Maya, yang memang menuntut hal ini. Akhirnya Farrel bebas, namun Mischa terus memanasi Maya untuk mengambil warisan Hutama dengan alasan untuk Alif. Provokasinya berhasil membuat Maya menguasai harta ayahnya. Hal ini membuat Hutama, Lia, dan Oma makin tidak tenang. Mereka pindah ke rumah kontrakan milik Fitri-Farrel dan menemukan kebahagiaan di sana. Diluar dugaan, Kayla koma ketika melakukan donor sum-sum untuk Finza. Hadi berubah sengit pada Aldo dan Moza yang telah menikah. Perang dingin di antara keduanya pun tak terelakkan lagi.

Suatu hari Fitri kaget melihat sosok Bram di tempat umum. Semua menganggap Fitri hanya berhalusinasi. Menghilangnya Bram menggiring Mischa menemukan partner baru untuk menggempur kebahagiaan Fitri-Farrel, yakni Faiz yang mengaku putra kandung Hutama yang sesungguhnya, bukan Farrel. Seluruh keluarga Hutama terpukul.

Season Ramadhan (Season 4)

Cinta Fitri Season 4
(Cinta Fitri Season Ramadhan)
Jumlah episode 115
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Senin, 20 Juli 2009–Minggu, 15 November 2009


Melalui perjuangan panjang, putra yang dinanti-nantikan oleh Farrel dan Fitri akhirnya lahir dengan selamat. Farrel meminta Bu Lia memberikan nama untuk anak mereka. Alasannya Bu Lia adalah ibu yang sangat dicintai dan dihormatinya. Dalam keharuan luar biasa, Bu Lia menamai bayi itu Raffa Emeraldi Hutama.

Bu Lia mengingatkan Farrel tentang amanat Hutama sebelum meninggal, untuk menjaga keluarga dan Retro dari apapun juga. Farrel dan Fitri tak kuasa menolak. Mischa dan Faiz terkejut dengan kepulangan Farrel, Fitri, dan Oma ke rumah. Apalagi Bu Lia meminta Farrel kembali bekerja di Retro.

Sementara itu Bram yang selalu merasa diremehkan oleh Mischa dan Faiz berhasil menemukan master CCTV ketika Pak Hutama meninggal dunia di Retro. Bram shock mengetahui pembunuh sebenarnya adalah Mischa dan Faiz. Namun Bram yang oportunis, bukannya membongkar kedok Mischa dan Faiz malahan memeras mereka demi keuntungannya sendiri. Di lain tempat, Aldo kehilangan Moza yang diculik Tristan pada saat mereka berlibur ke villa. Lewat perjalanan panjang, akhirnya Aldo berhasil menemukan Moza. Namun Moza ternyata sudah menjadi isteri Tristan.

Bagaimana usaha Farrel dan Fitri membongkar kedok Mischa dan Faiz? Apakah Mischa dan Faiz akan membiarkan Farrel, Fitri, dan Raffa hidup bahagia? Apa yang sebenarnya terjadi dengan Aldo dan Moza? Bagaimana pula dengan hubungan Maya dan Bram?

Season 5

Cinta Fitri Season 5
Jumlah episode 144
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Senin, 11 Januari 2010–Kamis, 3 Juni 2010


Lia terjebak di dalam reruntuhan hotel setelah gempa hebat melanda Yogyakarta. Kejadian naas itu bertepatan dengan terbongkarnya rahasia bahwa Faiz bukan anak kandungnya. Lia dalam keadaan terluka parah, antara hidup atau mati. Mischa dan Faiz yang ketakutan memanfaatkan situasi kacau tersebut untuk melarikan diri.

Farrel gelisah luar biasa begitu Lia selesai bicara dan menutup telepon dari seberang sana. Suatu perasaan tidak nyaman menyergap hatinya. Dan itu benar, karena tak lama setelah itu Farrel mendapat kabar Yogyakarta dilanda gempa. Farrel jadi cemas dan panik. Apalagi ibunya tidak dapat dihubungi. Ia secepat kilat memutuskan berangkat ke Yogyakarta. Firasatnya mengatakan Lia dalam keadaan bahaya, butuh pertolongan.

Oma sampai syok dan dibawa ke rumah sakit begitu mendengar kabar Yogyakarta dilanda gempa dan Lia terjebak dalam bencana nasional itu. Seluruh keluarga menangis dan terus berdoa untuk keselamatan Lia dan Oma.

Sementara itu, Mischa terus berusaha mencari tahu, memastikan keadaan Lia. Dia berharap Lia meninggal. Meskipun Faiz sudah meminta, bahkan memaksanya untuk kabur, Mischa bersikukuh tak akan meninggalkan Yogyakarta sebelum betul-betul yakin Lia memang sudah meninggal.

Farrel tiba di Yogyakarta, dan dengan susah payah akhirnya ia menemukan jenazah yang mirip Lia. Tepat pada saat itu, Faiz melihatnya dan mengira bahwa jenazah yang dilihat Farrel adalah jenazah Lia. Faiz pun buru-buru memberitahu Mischa. Mischa girang bukan main dan akhirnya setuju untuk pulang ke Jakarta.

Mischa dan Faiz ternyata salah. Jenazah itu bukan Lia. Allah Maha Besar. Lia ternyata masih hidup, bertahan di tengah puing-puing hotel. Farrel pun akhirnya berhasil menyelamatkan Lia. Namun Faiz dan Mischa yang tidak menyadari kekeliruan ini, terkejut melihat Farrel berhasil membawa Lia pulang dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Sesampainya di Jakarta, kondisi Lia menurun dan berubah koma. Kenyataan Mischa berbohong soal Faiz yang harusnya diungkapkan malah tidak terjadi. Mischa tidak berdiam diri. Ia berusaha menghabisi Lia di rumah sakit. Saat usaha Mischa hampir berhasil, tiba-tiba Lia sadar dari komanya. Mischa amat sangat ketakutan dan mencoba kabur, tapi ia malah tertangkap.

Amarah Farrel meledak mendengar cerita dari Lia. Mischa dan Faiz akhirnya ditangkap polisi. Sidang dilakukan, Mischa dan Faiz didakwa dalam kasus penipuan, percobaan pembunuhan, dan pembunuhan berencana.

Season 6

Cinta Fitri Season 6
Jumlah episode 116
Siaran
Saluran asli SCTV
Periode siaran Rabu, 4 Agustus 2010–Minggu, 28 November 2010


Setelah Mischa tidak sengaja tertusuk, Fitri membawanya ke rumah sakit dengan ambulance. Farrel terus mengejar Handoko, tapi dia berhasil kabur. Mischa dalam kondisi kritis, namun Fitri malah menunggui Mischa di sana.

Ketika Oma dan Lia kembali ke rumah, tanpa mereka duga, Handoko ternyata sudah ada di sana, menyandera Raffa dan berniat menghabisi semua. Lia, Oma, dan Bulik berkonfrontasi langsung dengan Handoko. Untungnya, Lia sempat mengabarkan kondisi ini ke Farrel. Farrel bersama polisi datang mengepung Handoko. Handoko kabur, tapi Farrel berhasil mengejar dan akhirnya Handoko mengakui semua perbuatannya, sebelum terpeleset jatuh dan meninggal.

Sementara itu, Mischa mulai membaik. Setelah sadar, bukannya berterima kasih, dia malah membuka konfrontasi baru dengan Fitri dan seluruh keluarga Hutama dengan berusaha membawa Farrel keluar dari rumah dan lingkungan keluarga Hutama. Keluarga langsung kesal dibuatnya. Bahkan Lia jadi stress dan akhirnya jatuh sakit. Di tengah kondisi yang menjadi semakin tegang karena Mischa berhasil menguasai Farrel, kesehatan Lia semakin memburuk dan Lia akhirnya meninggal dunia.

Apa yang akan terjadi kali ini? Dengan kondisi dirinya yang hamil serta di tengah kondisi keluarga Hutama yang kehilangan Lia dan yang lain terpecah belah; Maya yang berjanji menikahi Hartawan setelah bercerai tapi mulai merasakan cinta lagi pada Bram, Kayla yang sakit parah dan mulai merasa tak berguna, dan bahkan Aldo pun sedang tidak bisa membantu Farrel dan Fitri dengan kondisi ancaman kesehatan putrinya, Aliza, bila ia tak mau menceraikan Mozza dan menikahi Angel.

Season 7

Cinta Fitri Season 7
Jumlah episode 109
Siaran
Saluran asli Indosiar
Periode siaran Senin, 17 Januari 2011–Minggu, 8 Mei 2011


Oma kini telah tiada. Di tengah kedukaan keluarga Hutama, Mischa – yang semakin mendendam kepada keluarga Hutama – muncul kembali. Ia yang telah membuat dirinya sendiri menjadi cacat (wajahnya terbakar separuh karena kecelakaan) merasa perlu melampiaskan kemarahannya pada Fitri dan Farrel. Maka Mischa pun membuat rencana untuk menculik Raffa.

Keluarga Hutama yang sekarang sudah bersatu kembali, setelah Farrel pulih dari lumpuhnya, menjadi khawatir, terutama karena Mischa ternyata sempat berhasil masuk kembali ke dalam rumah keluarga Hutama. Fitri tak mau mengambil resiko. Ia akhirnya menyetujui usulan Lia Hutama untuk membawa dan menyembunyikan Raffa keluar dari rumah itu.

Rencana untuk menyembunyikan Raffa pun mulai diperhitungkan. Namun Mischa ternyata diam-diam terus mengawasi keluarga Hutama, sehingga rencana itu pun akhirnya tercium oleh Mischa. Meskipun keluarga Hutama sudah menghubungi polisi untuk melindungi keluarga Hutama dan mengejar Mischa, tapi Mischa yang sekarang begitu licin. Ia tetap bisa menghindar dari kejaran polisi dan diam-diam mengikuti Fitri.

Dan ketika Fitri lengah, Mischa pun akhirnya berhasil merebut Raffa dari pelukan Fitri. Mischa membawa pergi Raffa…

Sementara itu, Kayla semakin mendesak Hadi untuk segera menikahi Rita, terutama karena kondisinya yang semakin lama semakin memburuk. Abel yang tadinya merasa keberatan, akhirnya mengetahui kondisi Kayla dan menyetujui pernikahan Hadi dengan Rita. Namun keajaiban kemudian terjadi. Setelah Rita menikah dengan Hadi, kondisi kesehatan Kayla berangsur-angsur sembuh.

Sedangkan Aldo, usahanya ternyata semakin lama semakin membaik. Keberhasilannya melampuai perusahaan yang lain. Otomatis keluarga Aldo jadi bergelimangan harta. Namun hal itu malah mengubah Mozza. Mozza menjadi lebih gengsian, terutama dalam hal mendidik Aliza. Ia jadi sangat memanjakan Aliza.

Apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah Farrel dapat kembali merebut Raffa dari cengkeraman Mischa? Bagaimana Kayla menghadapi Rita sebagai madunya, sementara dirinya semakin lama menjadi semakin sehat? Dan bagaimana tanggapan keluarga Pak Iman melihat perubahan sikap Mozza?

Penghargaan

Tahun Award Kategori Nominasi Hasil
2007 SCTV Awards 2007 Aktor Ngetop Teuku Wisnu Menang
Aktris Ngetop Shireen Sungkar Nominasi
2008 SCTV Awards 2008 Program Ngetop Cinta Fitri Season 2 Menang
Aktor Ngetop Teuku Wisnu Menang
Aktris Ngetop Shireen Sungkar[butuh rujukan] Menang
2009 SCTV Awards 2009 Program Ngetop Cinta Fitri Season 3 Menang
Aktor Ngetop Teuku Wisnu Menang
Aktris Ngetop Shireen Sungkar Menang
Aktor Pemeran Pendamping Ngetop Adly Fairuz Menang
Aktris Pemeran Pendamping Ngetop Dinda Kanyadewi Menang
Panasonic Awards 2009 Drama Seri Terfavorit Cinta Fitri Season 3 Menang
Aktor Terfavorit Teuku Wisnu Menang
Aktris Terfavorit Shireen Sungkar Menang
2010 Panasonic Gobel Awards 2010 Drama Seri Terfavorit Cinta Fitri Season 5 Menang
Aktor Terfavorit Teuku Wisnu Nominasi
Aktris Terfavorit Shireen Sungkar Nominasi
SCTV Awards 2010 Program Ngetop Cinta Fitri Season 6 Menang
Aktor Ngetop Teuku Wisnu Menang
Aktris Ngetop Shireen Sungkar Menang
Aktor Pemeran Pendamping Ngetop Adly Fairuz Menang
Aktris Pemeran Pendamping Ngetop Dinda Kanyadewi Menang
2011 Panasonic Gobel Awards 2011 Drama Seri Terfavorit Cinta Fitri Season 7 Nominasi
Aktor Terfavorit Teuku Wisnu Nominasi
Aktris Terfavorit Shireen Sungkar Nominasi

Trivia

  • Dari awal season 1 hingga season 5, rating Cinta Fitri tetap teratas dan terbaik. Namun pada season 6, mulai mengalami penurunan, disebabkan alur cerita yang tidak berkembang.
  • Pada tahun 2007, Cinta Fitri memegang rating tertinggi kedua setelah sinetron Intan.
  • Setelah Season 3 berakhir, untuk memenuhi permintaan para pecinta sinetron terpanjang di Indonesia ini, pertama mulai sejak tanggal Jumat, 1 Mei 2009 SCTV menayangkan kembali Cinta Fitri Season 3 (rerun) setiap hari mulai pukul 10.00 WIB selama 2 jam penuh, namun baru berjalan lebih kurang 1-2 minggu, acara ini dihentikan.
  • Cinta Fitri Season 4 (disebut juga Season Ramadhan) semula direncanakan untuk tayang mulai tanggal Kamis, 9 Juli 2009, namun karena salah satu pemeran utama, Dinda Kanya Dewi mengalami kecelakaan season terbaru ini diundur selama 2 minggu dan mulai tayang sejak pada tanggal hari Senin, 20 Juli 2009 setiap hari pukul 20.00 WIB.
  • Cinta Fitri Season 5 yang ditayangkan mulai sejak tanggal hari Senin, 11 Januari 2010, setiap hari pukul 20.30 WIB sudah dinanti-nantikan kedatangannya oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia untuk mengungkapkan bagaimana akhir dari sinetron favorit mantan presiden Republik Indonesia B.J. Habibie. Selain itu, 144 episode dalam Cinta Fitri Season 5 menandakan bahwa Cinta Fitri telah ditayangkan selama 777 episode. Untuk merayakannya, pihak MD Entertainment telah mengadakan acara nonton bareng Cinta Fitri episode "Final 777" di Supermal Lippo Karawaci, Tangerang, dan dimeriahkan oleh para pemeran Cinta Fitri. [4] [5]
  • Ida Kusumah, yang memerankan Oma, meninggal pada tanggal 25 November 2010. Oleh karena itu, pada episode-episode terkahir di season 6, peran Oma dihilangkan, dan pada season 7, diceritakan Oma meninggal.
  • Pada season 7, sinetron Cinta Fitri pindah tayang, dari SCTV ke Indosiar, karena ada konflik antara pihak MD dengan pihak SCTV.
  • Menuju akhir season 7, Tim MD Entertainment membuat sayembara ending cerita Cinta Fitri menuju episode 1000, bertajuk "Kamulah Penentu Akhir Cerita Cinta Fitri" [6]
  • Cinta Fitri resmi tamat pada tanggal 8 Mei 2011, namun tidak dimunculkan peran Verlita Evelyn Saba sebagai Maya dalam episode terakhir dikarenakan sedang mengandung.

Referensi

Pranala luar