Cincin (kimia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Empat sikloalkana, yang semuanya menunjukkan bentuk cincin sederhana

Dalam kimia, cincin adalah istilah dalam cakupan yang luas, yang merujuk pada siklus sederhana atom dan ikatan dalam molekul atau kumpulan atom dan ikatan yang terhubung di mana setiap atom dan ikatan merupakan anggota siklus (juga disebut sistem cincin). Sistem cincin yang merupakan siklus sederhana disebut monosiklus atau cincin sederhana, dan yang bukan siklus sederhana disebut sistem cincin polisiklus atau polisiklik. Cincin sederhana mengandung jumlah ikatan sigma yang sama dengan atom, dan sistem cincin polisiklik mengandung lebih banyak ikatan sigma daripada atom.

Molekul yang mengandung satu atau lebih cincin disebut senyawa siklik, dan molekul yang mengandung dua atau lebih cincin (baik dalam sistem cincin yang sama atau berbeda) disebut senyawa polisiklik. Molekul yang tidak mengandung cincin disebut senyawa asiklik atau senyawa rantai terbuka.

Cincin homosiklik dan heterosiklik[sunting | sunting sumber]

Cincin homosiklus atau homosiklik adalah cincin yang semua atomnya berasal dari unsur kimia yang sama.[1] Cincin heterosiklik adalah cincin yang mengandung atom paling sedikit dua unsur yang berbeda, yang disebut juga cincin non-homosiklik.[2] Cincin karbosiklus atau karbosiklik adalah cincin homosiklik yang semua atomnya adalah karbon.[3] Kelas penting dari karbosiklus adalah cincin alisiklik,[4] dan subkelas yang juga penting dari karbosiklus adalah sikloalkana.

Cincin dan sistem cincin[sunting | sunting sumber]

Dalam penggunaan umum, istilah "cincin" dan "sistem cincin" sering dipertukarkan, dengan definisi yang sesuai tergantung pada konteksnya. Biasanya istilah "cincin" mengacu pada cincin sederhana, kecuali jika memenuhi syarat lain, seperti dalam istilah seperti "cincin polisiklik", "cincin leburan", "cincin spiro" dan "cincin indole", di mana penyebutan nama cincin cukup jelas bahwa yang dimaksud adalah sistem cincin polisiklik. Demikian juga, "sistem cincin" biasanya menunjukkan sistem cincin polisiklik, kecuali dalam istilah seperti "sistem cincin monosiklik" atau "sistem cincin piridin". Untuk mengurangi ambiguitas, rekomendasi IUPAC tentang tata nama organik menghindari penggunaan istilah "cincin" dengan menggunakan frasa seperti "induk monosiklik" dan "sistem cincin polisiklik".[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUPAC, Compendium of Chemical Terminology, edisi ke-2 ("Buku Emas") (1997). Versi koreksi daring:  (1995) "Homocyclic compounds".
  2. ^ IUPAC, Compendium of Chemical Terminology, edisi ke-2 ("Buku Emas") (1997). Versi koreksi daring:  (1995) "Heterocyclic compounds".
  3. ^ IUPAC, Compendium of Chemical Terminology, edisi ke-2 ("Buku Emas") (1997). Versi koreksi daring:  (1995) "Carbocyclic compounds".
  4. ^ IUPAC, Compendium of Chemical Terminology, edisi ke-2 ("Buku Emas") (1997). Versi koreksi daring:  (1995) "Alicyclic compounds".
  5. ^ IUPAC Chemical Nomenclature and Structure Representation Division (2013). Favre, Henri A.; Powell, Warren H., ed. Nomenclature of Organic Chemistry: IUPAC Recommendations and Preferred Names 2013. IUPACRSC. ISBN 978-0-85404-182-4.