Cerita Wenamun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Cerita Wenamun (juga dikenal dengan nama Laporan Wenamun, Perjalanan Unamūn) adalah karya sastra yang ditulis dalam bahasa Mesir Akhir. Salinan cerita yang tidak lengkap ditemukan pada tahun 1890 di al-Hibah, Mesir, dan selanjutnya dibeli oleh Vladimir Goleniščev pada tahun 1891. Papirus yang berisi cerita Wenamun kini disimpan di Museum Pushkin, Moskwa.

Kisah ini bersetting pada "Tahun 5", yang dianggap sebagai tahun kelima masa kekuasaan Firaun Ramses XI, penguasa kesepuluh dan terakhir dinasti kedua puluh Mesir Kuno. Egberts (1991) berargumen bahwa kisah ini bersetting pada tahun kelima Smendes I.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Wenamun adalah seorang pendeta Amun di Karnak. Ia dikirim ke kota Byblos oleh pendeta agung Herihor untuk mengambil kayu yang akan digunakan untuk membangun kapal yang akan mengangkut berhala Amun. Setelah mengunjungi Smendes di Tanis, Wenamun berhenti di pelabuhan Dor yang dikuasai oleh pangeran orang Tjeker, Beder. Di tempat itu ia dirampok. Begitu mencapai Byblos, Wenamun terkejut karena penerimaan yang kurang baik. Ketika ia berhasil berbincang dengan raja lokal Zakar-Baal, mereka menolak menyerahkan kayu secara cuma-cuma (seperti pada tradisi lama), tetapi malah meminta pembayaran. Wenamun harus meminta bayaran dari Smendes, tindakan yang menunjukkan sirnanya kekuatan Mesir di Mediterania Timur. Setelah menunggu setahun di Byblos, Wenamun mencoba pulang ke Mesir, tetapi ia tertiup angin ke Alashiya (Siprus). Di tempat tersebut ia hampir dibunuh oleh massa sebelum akhirnya dilindungi oleh ratu lokal yang dijulukinya Hatbi. Setelah itu cerita lanjutannya tidak diketahui.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]