Ceper, Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ceper
Kecamatan
Peta klathen-ceper.png

Peta lokasi Kecamatan Ceper
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Klaten
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 24,45 km²
Jumlah penduduk 57.621
Kepadatan 2.357 per km²
Desa/kelurahan 18

Ceper adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak sekitar 10 km arah utara Klaten sepanjang jalan raya Klaten - Solo. Kecamatan Ceper terdiri dari 18 Kelurahan/Desa. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Ngawen, Kecamatan Karanganom. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Klaten Utara. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Pedan. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Delanggu.

Ekonomi dan Industri[sunting | sunting sumber]

Pendapatan penduduk terutama dari pertanian. Industri di Ceper termasuk kerajinan besi cor di Desa Batur Jaya, mainan anak dari kayu di Desa Jombor, dan industri mebel yang tersebar di banyak desa.Ada pula kerajinan karet dr ban2 bekas yg trdpt di desa KR.WUNI.

Dahulu memiliki pabrik gula yang disebut P.G. Ceper Baru, dan Infitex (Induk Finishing Tekstil). Sekarang pabrik gula tersebut merupakan museum.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Ceper
  2. Cetan
  3. Dlimas
  4. Jambu Kidul
  5. Jambu Kulon
  6. Jombor
  7. Kajen
  8. Klepu
  9. Kujon
  10. Kuncen
  11. Kurung
  12. Meger
  13. Mlese
  14. Ngawonggo
  15. Pasungan
  16. Pokak
  17. Srebegan
  18. Tegalrejo

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Untuk fasilitas pendidikan terdapat tiga SMP Negeri yaitu SMP 1 Ceper di Ceper, SMP 2 Ceper di Kujon, dan SMP 3 Ceper di Meger. Terdapat satu SMA Negeri, yaitu SMA N 1 Ceper di Kajen. Sekolah swasta antara lain ialah STM Batur Jaya di Batur, SMP Pancasila di Kurung, MTS Jombor. Satu Perguruan Tinggi Swasta yaitu Politeknik Manufaktur Ceper (POLMAN Ceper).

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yaitu di Ceper dan Jambu Kulon. Selain itu ada tiga PPKKS di Kujon, Meger, Ngawonggo.

Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduknya beragama Islam, dan di tiap desa terdapat Masjid dan langgar. Selain itu terdapat satu Gereja Katolik St. Theresia di Jombor, gereja-gereja Kristen Protestan di Klepu, Kujon, Jambu Kidul. Jumlah tempat ibadah umat Islam = 178, dengan rincian ; Masjid = 89, Langgar = 82, Mushola = 7.

Olah Raga[sunting | sunting sumber]

Sepak bola adalah olah raga yang paling digemari di Ceper. Terdapat beberapa lapangan sepak bola misalnya di Kurung, Jombor, dan Pasungan.