Polanharjo, Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Polanharjo
—  Kecamatan  —
Peta klathen-polanharja.png

Peta lokasi Kecamatan Polanharjo
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Klaten
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 23,84 km²
Jumlah penduduk 36.599
Kepadatan 1.535 per km²
Desa/kelurahan 18

Polanharjo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Borongan
  2. Glagah Wangi
  3. Janti
  4. Jimus
  5. Kapungan
  6. Karanglo
  7. Kauman
  8. Kebonharjo
  9. Keprabon
  10. Kranggan
  11. Nganjat
  12. Ngaran
  13. Polan
  14. Ponggok
  15. Sidoharjo
  16. Sidowayah
  17. Turus
  18. Wangen

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Salah satu tempat wisata di Polanharjo adalah Janti. Tempat ini terkenal karena kolam pemancingan ikan. Di situ seseorang dapat memancing ikan lele, tombro atau mujair dengan ongkos murah. Di kampung itu hampir semua penduduk mempunyai kolam, dan mereka menyediakan jasa penggorengan ikan sekaligus nasi, sambal dan lalap. Jadi setelah memancing ikan bisa digoreng dan dimakan di tempat. Untuk memancing sendiri tidak ada biaya; seseorang hanya dipungut biaya sebanyak ikan yang digoreng.

Setiap akhir pekan tempat ini ramai dikunjungi orang dari Solo, Klaten, Jogja atau Semarang. Dari kota Delanggu ambil arah ke barat menuju Cokro. Janti terletak di sebelah utara Cokro.

Tempat wisata lainnya adalah Umbul Ponggok, pesona wisata umbul ponggok adalah kolam renang yang luas dilengkapi sepeda perahu. Lokasinya persis dipinggir jalan menuju kecamatan Karanganom.

Selain itu Polanharjo menyediakan banyak sekali wisata air, didesa ponggok contohnya ada wisata air Banyu Mili atau didesa Janti juga menyediakan fasilitas wisata air yaitu di Umbul Nilo.

Kecamatan Polanharjo memang daerah yang diberkahi banyak mata air (Umbul). Lebih dari 10 mata air ada dan tersebar diwilayah utara kecamatan ini.