Canelé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Canelé
Canelé
Nama lainCannelé
Tempat asal Prancis
DaerahBordeaux
Dibuat olehCouvent des Annonciades[1]
Suhu penyajianWarm
Bahan utamaTepung, susu, kuning telur, mentega, vanilla, rum, gula
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Canelé (bahasa Prancis: [kan.le]) adalah kue yang menjadi ciri khas daerah Bordeaux di Prancis, walaupun kini kue ini tersedia di berbagai pâtisserie di Prancis dan belahan dunia lainnya. Kue ini diberi rasa dengan rum dan vanilla dengan bagian tengah yang lembut serta bagian luar yang tebal, gelap, dan mengalami karamelisasi. Kue ini berbentuk tabung dengan tinggi yang dapat mencapai lima sentimeter.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Canelé kemungkinan berasal dari Couvent des Annonciades, Bordeaux, pada abad ke-15 atau ke-18.[1][2] Kata "canelé" berasal dari bahasa Gascon yang dituturkan di wilayah Bordeaux dan Prancis barat daya lainnya pada abad ke-19.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Aquitaine: produits du terroir et recettes traditionnelles (dalam bahasa Prancis). A. Michel. ISBN 9782226087225. Diakses tanggal 1 October 2016. 
  2. ^ Krondl, Michael (2015). The Oxford Companion to Sugars and Sweets. Oxford University Press. hlm. 259. Diakses tanggal 30 March 2015. 
  3. ^ Charente-Maritime 2012. Le Petite Futé. 2012. hlm. 223. Diakses tanggal 30 March 2015. De nos jours le Canelé se déguste à tout moment de la journée 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]