Bakpia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de menjarBakpia
Asal
Negara asalRepublik Rakyat Tiongkok dan Indonesia
Keahlian memasakhidangan Tionghoa Filipina, masakan Indonesia dan Masakan Jawa
Rincian
JenisPastri, makanan dan camilan
Metode penyajianpanggang dan kukus
Bahan utamatepung terigu, gula, margarin, Kacang hijau, Sari kelapa, pandan wangi, vanili, kuning telur, Tepung jagung, minyak sayur, Kacang hitam, Kacang azuki dan cokelat
Bakpia Asli Tradisional Otentik

Bakpia (Hanzi: 肉餅; Pe̍h-ōe-jī: bah-piáⁿ; harfiah: 'kue daging'), hopia (Hanzi: 好餅; Pe̍h-ōe-jī: hó-piáⁿ; harfiah: 'kue enak') adalah kue pastri asal Yogyakarta dan Gorontalo yang terbuat dari gulungan tepung panggang dengan berbagai macam isi dan varian rasa. Perbedaan antara kue bakpia asli Yogyakarta dengan kue bakpia khas Gorontalo terlihat dari segi ukurannya. Untuk kue bakpia asli Yogyakarta memiliki ukuran yang lebih kecil, sedangkan untuk kue bakpia khas Gorontalo memiliki ukuran yang cukup besar. Tetapi, untuk cita rasa dari kedua jenis bakpia ini sama-sama memiliki rasa yang sangat lezat apabila disantap.[1]

Kulit bakpia dibuat dari campuran gula dan garam yang diaduk dalam air hingga larut, lalu dibentuk menjadi adonan dengan menambahkan tepung terigu. Adonan kulit bakpia kemudian diberi isian, dibentuk bulat pipih, dan dipanggang sekurangnya 20 menit.[2]

Bakpia aslinya berisi daging babi dan buah kundur.[3][4] Bakpia jenis ini biasa disebut sebagai bakpia daging atau bakpia asin.

Sedangkan bakpia manis biasanya berisi kacang hijau[2] atau ubi[5] yang direndam beberapa malam, dikukus selama satu jam, kemudian digoreng dengan minyak, garam, dan gula pasir.[6] Namun, ada pula variasi lainnya yang berisi kacang hitam, keju, coklat, durian, nanas, atau pandan.[7] Bakpia jenis ini biasa disebut sebagai kue sopia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KBBI[1]
  2. ^ a b Riptanti dan Anam 2016, hlm. 32.
  3. ^ Kompasiana.com (2010-10-06). "Bakpia Balong". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2021-02-24. 
  4. ^ "Yakin Bakpia Berasal dari Yogyakarta? Ternyata Begini Penjelasannya - Semua Halaman - Nakita". nakita.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-24. 
  5. ^ "Chinese rice cake popular in Philippines". China Central Television. 2 October 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2017. Diakses tanggal 7 February 2017. 
  6. ^ Riptanti dan Anam 2016, hlm. 31.
  7. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-18. Diakses tanggal 2012-07-15.  Dayat Story Blogs (Indonesian)

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]