Canarium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kenari
Canarium
Canarium indicum
Canarium indicum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Burseraceae
Genus: Canarium
Spesies

Lihat teks


Canarium adalah marga dari sekitar 75 jenis pohon tropis dari suku Burseraceae. Asal tanaman ini adalah Afrika tropis, Asia selatan, Nigeria selatan, Madagaskar, Mauritius, India, Tiongkok selatan, Indonesia, dan Filipina. Tinggi tumbuhan hijau abadi ini dapat mencapai 40-50 m. Menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), spesies Canarium kipella yang endemis Indonesia terancam punah.


Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Buah muda kenari C. vulgare.

Beberapa spesies mempunyai biji yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai kenari, pili, atau galip. Canarium indicum dan Canarium ovatum adalah jenis-jenis yang terkenal akan bijinya di Indonesia dan Filipina. Spesies Canarium luzonicum terkenal karena menghasilkan resin elemi.

Canarium odontophyllum (disebut juga dabai) terkenal akan buahnya yang rasanya mirip buah apokat. Buahnya bisa dimakan setelah direndam di air hangat. Buah spesies ini mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehingga cocok sebagai bahan pangan.

Beberapa jenis[sunting | sunting sumber]

Canarium di Indonesia terutama tumbuh liar di kawasan Wallacea dan Papua. Kenari, yang mencakup dua sampai empat spesies (C. indicum, C. vulgare, C. harveyi, dan C. salomonense; dua yang terakhir dikenal juga sebagai galip di Kep. Solomon dan Vanuatu), ditanam setengah liar untuk diambil buah dan bijinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]