C.S. Lewis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
C. S. Lewis
Monochrome head-and-left-shoulder photo portrait of 50-year-old Lewis
Lahir 29 November 1898
Belfast, Irlandia
Meninggal 22 November 1963 (umur 64)
Oxford, Inggris
Pekerjaan Novelis, cendekiawan, broadcaster
Aliran sastra Fantasi, fiksi ilmiah, apologetik Kristen, bacaan anak
Karya terkenal The Chronicles of Narnia
Mere Christianity
The Allegory of Love
The Screwtape Letters
The Space Trilogy
Till We Have Faces
Surprised by Joy: The Shape of My Early Life
Clive Staples Lewis
Dihormati di Gereja Epispokal Amerika Serikat
Hari peringatan 22 November

Clive Staples Lewis (lahir di Belfast, Irlandia, 29 November 1898 – meninggal 22 November 1963 pada umur 64 tahun), lebih dikenal sebagai C.S. Lewis, adalah seorang penulis dan pakar sastra Britania Raya, dilahirkan dalam sebuah keluarga Protestan di Belfast, meskipun sebagian besar hidupnya dilewati di Inggris. Lewis dikenal karena karyanya dalam sastra abad pertengahan dan untuk apologetik Kristennya serta fiksi, khususnya seri bukunya yang berjudul The Chronicles of Narnia.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Clive Staples Lewis dilahirkan di Belfast, Irlandia (kini Irlandia Utara), dari Albert James Lewis dan Flora Augusta Hamilton Lewis. Ia mempunyai kakak laki-laki, Warren Hamilton Lewis (Warnie), yang tiga tahun lebih tua. Sewaktu kecil ia mengambil nama "Jack", semata-mata karena ia menyukai bunyinya. Sejak saat itu ia dikenal dengan nama kecil ini oleh teman-teman dekat dan anggota keluarganya. Ibu Lewis meninggal pada 1908, dan ia dikirim ke sejumlah sekolah di Inggris. Lewis telah dibaptis di Gereja Irlandia (bagian dari Komuni Anglikan) pada saat lahir, tetapi jatuh jauh dari imannya selama masa remajanya. Karena pengaruh Tolkien dan teman-teman lain, pada usia 32 Lewis kembali ke Komuni Anglikan di Gereja Inggris.

Sewaktu kecil, Lewis suka sekali akan "binatang yang berpakaian". Ia jatuh cinta pada cerita-cerita Beatrix Potter dan seringkali menulis cerita-cerita binatang dan membuat ilustrasinya. Ia dan kakaknya, Warnie, bersama-sama menciptakan dunia Boxen, yang dihuni dan dikelola oleh binatang. Lewis gemar membaca, dan karena rumah ayahnya penuh dengan buku-buku, ia merasa bahwa menemukan buku yang belum dibacanya sama mudahnya seperti menemukan sehelai rumput. Di masa kecilnya, ia juga sangat takut terhadap laba-laba dan serangga, sehingga binatang-binatang itu sering muncul dalam mimpi-mimpinya.

Di masa remajanya, ia kagum terhadap Richard Wagner dan lagu-lagu serta legenda-legenda Negeri Utara. Semuanya itu memperkuat kerinduan di dalam dirinya, hasrat yang mendalam yang belakangan disebutnya "suka cita".

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Nonfiksi[sunting | sunting sumber]

Fiksi[sunting | sunting sumber]

Puisi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]