Caspian X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ben Barnes berperan sebagai Caspian X

Pangeran Caspian atau Raja Caspian X adalah salah satu tokoh utama di dalam novel The Chronicles of Narnia karya C. S. Lewis. Ia muncul pertama kali di seri novel yang berjudul Pangeran Caspian. Pangeran Caspian adalah seorang keturunan bangsa Telmar yang asalnya adalah bajak laut dari dunia kita.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pangeran Caspian X adalah anak dari Raja Caspian IX. Karena ayahnya meninggal pada saat Caspian masih muda, ia diasuh oleh pamannya yang jahat yang bernama Miraz. Pada masa itu para makhluk Narnia menjadi makhluk-makhluk yang terusir ke dalam hutan, dan sejarah mereka tidak boleh diceritakan di Narnia. Perawat Caspian secara diam-diam menceritakan sejarah Narnia yang telah lama hilang setelah bangsa Telmar menjajah Narnia. Miraz yang mengetahui itu segera mengusir perawat itu, dan diganti oleh seorang guru pribadi yang bernama Doctor Cornelius. Doctor Cornelius ternyata seorang berdarah campuran antara dwarf dan manusia. Ia menceritakan kepada Caspian bahwa Narnia benar-benar pernah ada. Ketika Miraz mendapatkan seorang putra, nyawa Caspian menjadi terancam karena Miraz ingin putranya yang baru lahir menjadi raja, bukan Caspian. Akhirnya, Caspian kabur dari istana dan bertemu dengan makhluk-makhluk asli Narnia. Lalu, bersama-sama dengan anak-anak Pevensie, ia menumbangkan kekuasaan Miraz dan menjadi raja yang baik.

Di dalam perjalanannya di "Petualangan Dawn Treader", ia bertemu dengan putri dari Ramandu. Ramandu adalah seorang bintang yang sudah tua. Ia mengambil putri tersebut menjadi istrinya, dan mempunyai seorang anak yang bernama bernama Pangeran Rilian.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]