Hantu Kelabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Burung hantu kelabu besar
Strix nebulosaRB.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Strigiformes
Famili: Strigidae
Genus: Strix
Spesies: S. nebulosa
Nama binomial
Strix nebulosa
Forster, 1772

Burung hantu kelabu besar (Great Gray Owl atau Strix nebulosa) adalah salah satu spesies burung hantu yang pertama kali dideskripsikan oleh Johann Reinhold Forster (seorang naturalis yang mengikuti perjalanan Kapten James Cook pada pelayaran keliling dunia yang kedua) pada 1772.

Nama nebulosa itu diadaptasi dari kata nebulosus yang berarti berkabut (foggy). Burung ini memiliki julukan lain yang cukup banyak: Great Gray Ghost (hantu kelabu besar), Phantom of the north, cinerous owl, spectral owl, lapland owl, spruce owl, bearded owl dan sooty owl. Ia menjadi logo provinsi Manitoba di Kanada.

Burung yang berukuran panjang 61 – 84 cm dan berat 790 – 1454 gram ini aktif di malam hari, termasuk kala senja dan sebelum fajar menyingsing. Ia juga aktif di siang hari, ketika masa bertelur.

Kala musim dingin, burung ini membutuhkan pengerat kecil itu sebanyak sepertiga berat tubuhnya per hari. Sang betina wajib menumpuk cadangan makanan untuk bertahan hidup melampaui bulan-bulan musim panas yang jauh lebih sulit.

Bagi burung hantu kelabu besar yang hidup di wilayah Alaska dan Kanada, pengerat kecil – vole – menjadi santapan utamanya, namun yang tinggal di California, Amerika Serikat, melahap pocket gopher (keluarga Geomyidae) sebagai santapan penting.

Menurut catatan peneliti, si burung yang tinggal di belahan Amerika Utara kerap berpindah mengikuti perpindahan si vole tersebut. Ia sanggup terbang ratusan kilometer mengikuti naik-turunnya populasi mangsa. Namun buat yang hidup di California yang jenis makanannya lebih beragam, cenderung menetap.

Burung hantu kelabu besar dapat mencapai umur 40 tahun, dalam penangkaran. Di habitat alaminya, si burung mati lantaran disebabkan kelaparan. Musuh alaminya, ketika si burung masih remaja, adalah serigala, marten dan Great Horned Owl. Ia tersebar dari Alaska hingga seluruh Kanada, di Pegunungan Rocky bagian utara dan Minnesota bagian utara. Ia juga ditemukan di Eropa dan Asia bagian utara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]