Tikus-padang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Vole)
Tikus-padang
Vole.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
in part
Genera

Arvicola
Lagurus
Microtus
Myodes
Phenacomys
Pliomys

Tikus-padang adalah hewan pengerat kecil yang menyerupai tikus, namun memiliki tubuh yang lebih gemuk, ekor berambut yang lebih pendek, kepala yang agak bundar, dan mata dan telinga yang lebih kecil. Diperkirakan terdapat 70 spesies tikus-padang. Mereka kadang-kadang disebut tikus padang rumput atau tikus ladang di Amerika. Tikus-padang, bersama dengan lemming dan muskrat membentuk subdfamili Arvicolinae.

Kebanyakan spesies tikus-padang memiliki geraham tak menentu yang terlipat menjadi seri segitiga. Tikus-padang adalah salah satu dari sedikit pengerat yang gerahamnya terus berkembang selama hidupnya. Tikus-padang dewasa, tergantung spesiesnya, memiliki panjang tiga sampai tujuh inchi. Tikus-padang dapat ditemui di Eropa, Asia, Afrika utara, Amerika Utara dan wilayah tundra. Makanan tikus-padang tergantung dari spesiesnya, seperti biji-bijian, akar umbi, konifer, dan tanaman hijau lainnya seperti rumput. Tikus-padang juga makan serangga.

Banyak karnivora seperti serigala, burung hantu, burung elang, koyote, rubah, dan kucing memakan tikus-padang. Umur tikus-padang 3-6 bulan dan jarang hidup lebih lama dari 12 bulan. Lama hidup terpanjang tikus-padang yang pernah diketahui adalah selama 18 bulan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]