Burung-balap biasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burung-balap biasa
Cursorius cursor
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22735845
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliGlareolidae
GenusCursorius
SpesiesCursorius cursor
(Latham, 1787)
Tata nama
ProtonimCharadrius cursor
Distribusi

Range of C. cursor     Breeding      Resident      Non-breeding      Passage     Probably extinct      Possibly Extant (resident)      Possibly Extant (non-breeding)
EndemikDesert National Park

Burung-balap biasa ( Cursorius Cursorius ) adalah burung perandai dalam keluarga terik dan burung-balap, Glareolidae . Kedua bagian nama ilmiah tersebut berasal dari bahasa Latin kursor, "pelari", dari currere, "berlari" [2] yang menggambarkan kebiasaan mereka saat berburu mangsa serangga di tanah di kawasan semi-gurun terbuka kering di Timur Tengah . dan Afrika bagian utara.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Burung-balap biasa ini ditemukan di Kepulauan Canary, Tanjung Verde, Afrika Utara dan Asia Barat Daya . Kedua telurnya diletakkan di tanah yang tergores. Musim kawin berlangsung dari bulan Februari hingga September, [3] tetapi mereka juga dapat berkembang biak pada musim gugur dan musim dingin ketika kondisi setempat (terutama curah hujan) mendukung.[4] Mereka sebagian bermigrasi, dengan burung-burung di utara dan barat laut yang musim dingin di India, Arab, dan di tepi selatan Sahara . Beberapa burung juga berkembang biak di daerah gurun selatan di barat laut India dan Pakistan

Mereka jarang ditemukan di utara wilayah perkembangbiakannya, namun spesies ini telah ditemukan hingga Finlandia, Irlandia, dan Inggris Raya .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung ini mempunyai kaki yang panjang dan sayap yang panjang. Mereka memiliki tagihan yang sedikit menurun. Bulu badannya berwarna berpasir, memudar menjadi keputihan di perut bagian bawah. Bulu utama sayap atas dan bulu bawah sayap berwarna hitam. Mahkota dan tengkuknya berwarna abu-abu, terdapat garis mata hitam dan supercilium putih.

Dalam penerbangan, spesies ini menyerupai burung terik dengan kepakan sayapnya yang santai, sayap runcing, dan bagian bawah sayap berwarna gelap.

Catatan taksonomi[sunting | sunting sumber]

Burung Pantai Hayman memperlakukan littoralis bentuk Afrika timur sebagai ras burung-balap Somalia dan bukan berwarna krem. Beberapa pihak berwenang pada gilirannya menganggap burung-balap Somalia, Burchell, dan burung-balap biasa sebagai sejenis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Cursorius cursor". 2019: e.T22735845A155429274. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22735845A155429274.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 125. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Maclean, G.L. 1996.
  4. ^ Amezian, M., Bergier, P. & Qninba, A. 2014.