Bukit Kayu Hitam, Kedah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bukit Kayu Hitam, Kedah
Kota
Bukit Kayu Hitam, Kedah di Malaysia
Bukit Kayu Hitam, Kedah
Lokasi di Kedah
Koordinat: 6°30′N 100°25′E / 6.500°N 100.417°E / 6.500; 100.417Koordinat: 6°30′N 100°25′E / 6.500°N 100.417°E / 6.500; 100.417

Bukit Kayu Hitam (Tamil: புக்கிட் காயூ ஈத்தாம்) merupakan sebuah desa di dekat Perbatasan Malaysia-Thailand. Bukit Kayu Hitam merupakan titik akhir ruas Jalan Tol Utara-Selatan, jalan tol terpanjang di Malaysia yang membentang dari Johor Bahru, Johor di selatan sampai ke perbatasan Bukit Kayu Hitam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, nama Bukit Kayu Hitam ini dari nama yang diberikan oleh pasukan Siam (Thailand) saat beristirahat di sebuah bukit. Dalam perjalanan untuk menyerang Kedah, pasukan Siam tinggal sementara di sebuah bukit sebelum melanjutkan perjalanan ke Kedah. Mereka memasak nasi di situ dan menggunakan sebuah kayu untuk mengaduk. Setelah nasi tadi matang, nasi itu berubah menjadi kehitaman. Pasukan Siam bingung dan mereka mencari tahu mengapa nasi malah berubah menjadi hitam. Mereka akhirnya mengetahui bahwa asal warna hitam adalah kayu yang mereka gunakan sebagai sendok. Kayu tersebut berasal dari pohon Komoi. Dari situ diambil nama Kayu Hitam.

Setelah Siam kalah, orang-orang Melayu mulai mendirikan desa di sekitar Bukit Kayu Hitam dengan mata pencaharian utama di bidang pertanian. Tempat ini pun menjadi tempat pertanian serta pintu masuk utama ke wilayah Thailand. Penduduk setempat juga menjual hasil pertanian mereka ke Thailand.

Bukit Kayu Hitam pernah ditutup sepenuhnya pada tahun 1948 karena ditetapkannya keadaan darurat. Semua penduduk diinstruksikan untuk pindah ke Changlun. dan tidak diperbolehkan masuk ke Bukit Kayu Hitam.

Pada tahun 1972, Bukit Kayu Hitam kembali dibuka oleh Badan Kemajuan Negeri Kedah dengan membuka kebun karet di Bukit Kayu Hitam. Nama Bukit Kayu Hitam diganti menjadi Laka Temin, namun dikembalikan menjadi Bukit Kayu Hitam lagi pada tahun 1981.

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Bukit Kayu Hitam merupakan kota perbatasan antara Malaysia dan Thailand melalui jalan raya dan terletak di ujung Jalan Tol Utara-Selatan. Di Thailand, jalan ini berlanjut ke Jalan Phetkasem yang termasuk dalam Jalan Nasional Thailand Rute 4.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]