Budi Santosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Budi Santosa Purwokartiko (lahir 12 Mei 1969) adalah seorang rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan akademisi Indonesia bidang teknik industri. Pada 2022, ia menuai kontroversi usai menyebut wanita berhijab dengan sebutan "manusia gurun".[1]

Kehidupan awal dan pendidikan

Ia dilahirkan di Klaten, Jawa Tengah. Ia menempuh pendidikan dalam disiplin ilmu yang ia tekuni di jurusan teknik industri Institut Teknologi Bandung dan berhasil lulus pada 1992.

Ia merupakan tamatan Universitas Oklahoma, Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master dan Doktor di perguruan tinggi tersebut. Budi Santosa dilantik sebagai guru besar di ITK dalam bidang teknik industri.

Karier

Selain menjadi akademisi di ITK, Budi Santosa Purwokartiko pernah mengajar di Institut Teknik Sepuluh November (ITS) Surabaya sebagai dosen teknik industri. Spesialisasinya ada pada bidang data pertambangan, optimasi dan metaheuristik. Ia menjabat sebagai rektor ITK selama dua periode, yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Tak hanya aktif sebagai akademisi, ia juga turut andil dalam program beasiswa LPDP sebagai pewawancara Departemen Keuangan dari 2013. Ia juga pernah berkontribusi sebagai Anggota Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Dirjen Kelembagaan Dikti yang ia emban sejak 2015.[2]

Referensi