Branobel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Branobel (kependekan dari Brothers Nobel) ialah perusahaan minyak yang didirikan oleh Ludvig dan Robert Nobel di Baku, Azerbaijan. Didirikan pada 1876, merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia.

Nobel Brothers Petroleum Company ialah perusahaan produsen minyak yang didirikan di St. Petersburg pada 1879. Pada 10 April 1902, perusahaan ini menandatangani kontrak pembelian ladang minyak di Rumania, yang dimiliki produsen minyak Isabey Hajinsky. Pada 17 Oktober 1905, berkaitan dengan Komite Kementerian, perusahaan ini membeli ladang minyak yang dimiliki produsen minyak A. Adamov. Modal tetap perusahaan ini antara 1914-1917 ialah 30 juta rubel. Dari 1916, merupakan perusahaan minyak terbesar di Rusia, memproduksi 76 juta pood minyak. Russian General Corporation Oil, didirikan di London pada 1912 oleh bank Rusia dan asing yang penting, menggabungkan 20 perusahaan, yang termasuk A.I. Mantashev & Co., G.M. Lianosov & Sons, Moscow-Caucasus Trade Company, Caspian Partnership, Russian Petroleum Society, Absheron Petroleum Society dll. Modal tetap dalam minyak pada 1914 ialah 23 juta rubel. Dari 1917 telah bertambah menjadi 125 juta rubel di bawah pengaturan Russian-Asian Bank.

Sekitar 12% uang yang ditinggalkan untuk Hadiah Nobel oleh Alfred Bernhard Nobel berasal dari sahamnya di perusahaan ini; ia adalah investor perseorangan terbesar. Pada 28 April 1920, Bolshevik menduduki Baku dan bisnis minyak Branobel dinasionalisasi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]