Bing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bing
Bing logo
URL www.bing.com
Slogan Bing is for doing (2012)
Bing and decide (2010)
Komersial? Ya
Jenis situs Mesin pencari web
Pendaftaran Optional
Bahasa 40 languages
Pemilik Microsoft
Dibuat oleh Microsoft
Diluncurkan 1 Juni 2009; 4 tahun yang lalu (2009-June-01)
Peringkat Alexa 21 (October 2012)[1]
Status saat ini Aktif

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine"[2]) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni.[3]menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.

Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008.[4] Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :

  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search.[5] Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.[6]

Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai "Tiger" ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011.[7] Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain [ada mesin pencarinya yang mencakup "Bilah sisi" (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.[8]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Microsoft telah memproduksi tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini, kinerja ketiga mesin pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia Internet. Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing ini, tidak mematahkan semangat Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan mencoba untuk mengevaluasi dan menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada ketiga mesin pencari sebelum Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga menganalisis kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google Search dan Yahoo Search. Setelah melalui segala bentuk usaha di atas, Microsoft berusaha memperbaiki dan mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru, yaitu Bing. Sejarah terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga mesin pencari produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan bahwa terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live Search lalu Live Search. Adapun kronologis terbentuknya Bing dapat dijelaskan sebagai berikut :

MSN Search[sunting | sunting sumber]

Mesin pencari ini merupakan mesin pencarian pertama yang diciptakan oleh Microsoft dan diluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. Sejak diluncurkan, mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November 2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil pencarian gambar.

Windows Live Search[sunting | sunting sumber]

Pengembangan MSN Search ternyata belum dapat menggeser dominasi Google Search. Berawal dari kegagalan inilah Microsoft menghadirkan mesin pencari baru, yaitu Windows Live Search, pada tanggal 11 September 2006. Mesin pencari ini memiliki kemampuan untuk mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.

Live Search[sunting | sunting sumber]

Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.

Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Bing diharapkan dapat mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search. Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing. Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan Google search, antara lain :

Best Match[sunting | sunting sumber]

Fitur ini mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Link yang paling relevan akan ditampilkan pada bagian atas daftar atau list hail pencarian. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang sesuai disertai pula dengan link situs yang mirip.

Interface Features[sunting | sunting sumber]

Fitur Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar yang ditampilkan ini merupakan gambar yang unik dari seluruh dunia. Gambar background yang ditampilkan ini juga dilengkapi dengan informasi berkenaan dengan gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini bersifat fleksibel, artinya dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan. Pada interface hasil pencarian, menampilkan bagian hasil panel navigasi pada sidebar kiri, dan preview di sisi kanan hasil pencarian yang berhubungan (Related Searches).

Media Features[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari gambar-gambar dan video yang diinginkan. Halaman hasil pencarian ini akan menampilkan seluruh hasil pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman, sehingga pengguna tidak perlu beralih ke halaman-halaman berikutnya yang membutuhkan waktu cukup lama. Untuk memainkan video tersebut, pengguna tidak perlu mengklik thumbnail video, tetapi hanya cukup mengarahkan kursor mouse pada thumbnail video saja.

Instant Answer[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Bing juga dapat berfungsi sebagai kalkulator yang berfungsi sebagai mesin penghitung. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan, pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan tertentu, informasi lalu lintas, review restoran, kamus, dan sebagainya.

Bing Maps[sunting | sunting sumber]

Fitur Maps dalam Bing merupakan virtual earth, artinya fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengetahui lokasi berbagai daerah dari berbagai negara di dunia. Selain itu, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jalan ketika sedang melakukan perjalan ke luar kota maupun ke luar negeri.

Bing Travel[sunting | sunting sumber]

Fitur ini menampilkan rencana anggaran untuk melakukan perjalanan mulai dari transportasi, hotel, sewa mobil, dan lain sebagainya.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Bing antara lain :

  • Gambar latar belakang yang variatif

Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti.

  • Fasilitas Instant Answer

Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.

  • Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail

Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut.

  • Kotak detail pada link hasil pencarian

Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.

  • Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif

Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.

  • Fasilitas Related Searches

Kecerdasan sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan tidak hanya ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.

  • Fasilitas Smart Video preview

Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bing.com Site Info". Alexa Internet. Diakses 2012-09-09. 
  2. ^ "Welcome to Discover Bing". Discover Bing. Diakses 16 January 2010. 
  3. ^ "Microsoft’s New Search at Bing.com Helps People Make Better Decisions: Decision Engine goes beyond search to help customers deal with information overload". Microsoft. Diakses 29 May 2009. 
  4. ^ "Microsoft to Acquire Powerset". Bing. Diakses 1 January 2010. 
  5. ^ "Microsoft and Yahoo seal web deal". BBC. 29 July 2009. Diakses 10 may 2012. 
  6. ^ "When will the change happen? How long will the transition take?". Yahoo!. 1 December 2011. Diakses 10 May 2012. 
  7. ^ "Bing Unleashing Tiger to Speed Search Results". Search Engine Watch. 30 September 2011. Diakses 3 October 2011. 
  8. ^ Goldman, David (10 may 2012). "Bing fires at Google with new social search". CNN Money. Diakses 10 May 2012. 
  • Enterprise, Jubilee. 2009. Teknik Mencari Apa Pun dengan Bing. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta
  • Valencia, Carla 0806345871. Communication Technology Development. Depok, 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]