Behaalotecha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meniupkan Terompet pada Perayaan Bulan Baru (ilustrasi dari Alkitab Holman 1890)

Behaalotecha, Beha'alotecha, Beha'alothekha, atau Behaaloscha (בְּהַעֲלֹתְךָIbrani untuk "saat kau melangkah," kata ke-11, dan kata distinsif pertama, dalam parsyah tersebut) adalah Bacaan Taurat Mingguan (פָּרָשָׁה, parashah) ke-36 dalam siklus bacaan Taurat Yahudi tahunan dan ketiga dalam Kitab Bilangan. Parsyah tersebut mengisahkan Menorah di Tabernakel, penahbisan suku Lewi, Paskah Yahudi Kedua, bagaimana awan dan api memandu bangsa Israel, terompet-terompet perak, bagaimana bangsa Israel menghimpun perjalanan mereka, keluhan-keluhan bangsa Israel, dan bagaimana Miriam dan Aaron mempertanyakan Musa. Parsyah tersebut meliputi Bilangan 8:1–12:16. Bacaan tersebut terdiri dari 7.055 huruf Ibrani, 1.840 kata Ibrani dan 136 ayat dan dapat meliputi sekitar 240 baris dalam gulungan Kitab Taurat (סֵפֶר תּוֹרָה, Sefer Torah).[1]

Yahudi umumnya membacanya pada Akhir Mei atau Juni.[2] Karena parsyah tersebut berisi beberapa hukum Paskah Yahudi, Yahudi juga membaca sebagian parsyah tersebut, Bilangan 9:1–14 sebagai bacaan Taurat awal untuk hari keempat (חוֹל הַמּוֹעֵד, Chol HaMoed) Paskah Yahudi.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Torah Stats — Bemidbar". Akhlah Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-16. Diakses tanggal March 28, 2013. 
  2. ^ "Parashat Beha'alotcha". Hebcal. Diakses tanggal May 30, 2015.