Bega

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jendela kaca patri di dalam Biara Santa Bees yang menggambarkan kedatangan Santa Bega di pinggir pantai.

Santa Bega merupakan seorang santa dari Awal Abad Pertengahan; ia adalah seorang puteri berkebangsaan Irlandia yang menjunjung tinggi nilai keperawanan. Ia dijodohkan dengan seorang pangeran Viking, yang menurut sebuah naskah abad pertengahan Kehidupan Santa Bega, merupakan "putra raja Norwegia", Bega "melarikan diri menyeberangi Laut Irlandia untuk mendarat di Santa Bees di pinggir pantai Cumbria. Disana ia tinggal selama beberapa waktu, khawatir akan perampokan dari para bajak laut yang mulai beraksi di pesisir pantai itu, ia pindah ke Northumbria". Sepertinya hal itu dilakukannya setelah tahun 850, ketika bangsa Viking menetap di Irlandia.

Kehidupan Santa Bega[sunting | sunting sumber]

Catatan mengenai pelarian diri Bega dari Irlandia ditemukan di dalam Kehidupan Santa Bega yang merupakan bagian dari koleksi kehidupan beberapa santa Inggris' yang dimiliki oleh Biara Holmcultram dan bertanggal pada pertengahan abad ke-13.

Jadi catatan mengenai Bega hidup di dalam pengasingan, dan setelah melakukan perjalanan ke Northumbria, dimana ia bersumpah suci. Juga dinyatakan bahwa ia mendirikan sebuah biara perempuan di Hartlepool, namun para sejarawan modern percaya bahwa penulis Kehidupan membuat sebuah paduan Santa Bega, dengan kejadian-kejadian dari kehidupan Heui, yang mendirikan biara tersebut, dan Begu; yang disebutkan di dalam kehidupan Bede, Santa Hilda dari Whitby. Keraguan ini meletakkan Bega ke dalam abad ke-7, yang dicurigai bahwa Vikings hany mulai menjarah Irlandia dari sekitar tahun 795 keatas.

Berbagai Keajaiban[sunting | sunting sumber]

Bega dikaitkan dengan legenda sejumlah mukjizat, yang paling terkenal adalah "Salju keajaiban", yang dituliskan di dalam "Kehidupan Santa Bega":

"Ranulf le Meschin (sic) telah memberkahi biara tersebut dengan wilayah-wilayahnya, namun sebuah gugatan berkembang mengenai perluasan mereka. Para biarawan khawatir akan kecacatan hukum. Hari penentuan telah tiba - dan tiba-tiba, turun salju lebat di sekitar wilayah-wilayah tersebut namun tidak di atas wilayah-wilayah biara itu."

Versi tentang keajaiban salju ini juga ditemukan di dalam Naskah Sandford, yang ditulis di dalam bahasa Inggris setelah pembubaran, dan sebelumnya di arsip Dean and Chapter di Katedral Carlisle. Catatan ini adalah versi lebih kacau dari yang ada di Kehidupan, dan menetapkan hari perayaan Santa Bega sendiri.

Registrasi Biara Santa Bees mencatat beberapa keajaibab oleh kekuatan para jemaah Santa Bega. Pada tahun 1310 "Tuhan membuat banyak mukzizat dengan jemaah dan jasa Santa Bega...untuk mendidik semua orang dengan banyak saksi mata". Pada tahun 1313 "Seorang anak Irlandia menerima pemulihan pandangannya di kapel Santa Bega melalui jasa dan doa dari Santa, seluruh jemaah menyaksikan mukzizat itu".

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Hari Raya Santa Bega[sunting | sunting sumber]

Pada sekitar tahun 1400 dicatat bahwa hari perayaan Santa Bega dilakukan 'di alb' (untuk seorang santo yang lebih rendah) di rumah induk Biara Santa Maria, York. Buku Agenda abad ke-15 di dalam Perpustakaan Bodleian dari catatan Santa Maria jatuh pada tanggal 7 Nopember.

Hymne untuk Santa Bega[sunting | sunting sumber]

Hymne Santa Bega, "Oracio ad Sanctam Begam", ditemukan pada akhir abad ke-20 di dalam buku-buku agenda abad ke-15 menyinggung hal diatas. Buku agenda dari abad ke-15 di Perpustakaan Bodleian dari catatan Santa Maria tertulis hari rayanya jatuh pada tanggal 7 Nopember.

Kultus atau orang?[sunting | sunting sumber]

Para siswa hari ini cenderung menganggap Santa Bega bukan sebagai tokoh sejarah melainkan kultus. Karena salah seorang sarjana menyatakan; "Penemuan inkonsistensi antara teks-teks abad pertengahan, ditambah dengan signifikan yang melekat pada perhiasan wanita (dikatakan telah ditinggalkan di Cumbria pada saat ia berangkat ke utara-timur), sekarang menunjukkan bahwa kepala biara tersebut tidak pernah ada.... Hal yang lebih masuk akal adalah anggapan bahwa Santa Bega merupakan personifikasi dari sebuah kultus Cumbria yang berpusat pada gelang 'nya' (Inggris Kuno: Beag) ".

Legenda modern[sunting | sunting sumber]

Sejarawan abad ke-16 John Leland tampaknya bertanggung jawab dengan memulai legenda "biara perempuan" oleh referensi "biara yang sederhana". Malangnya beberapa sejarawan lokal pada abad ke-19 mempertanyakan penerimaan era pra-Viking tanggal yang diberikan di dalam Kehidupan, dan mungkin diminta oleh Leland, mereka menggambarkan kisah tersebut dengan mendirikan sebuah biara. Di dalam kata-kata yang dituliskan John Todd pada tahun 1980, "Para sejarawan lokal pada akhir abad tidak meragukan jawaban itu. Ia merupakan seorang Santa Irlandia yang menyeberangi lautan pada sekitar tahun 650 untuk mendirikan sebuah biara perempuan di Santa Bees, yang hancur karena serangan Viking. Namun tidak ada bukti di dalam Kehidupan atau di tempat lain kehidupan Bega di Santa Bees adalah soliter". Sayangnya tanggal pada abad ke-7 dan gambaran kehidupan biara pada saat ini di beberapa buku panduan, termasuk halaman Pevsner.

Santa Bega di dalam tulisan modern[sunting | sunting sumber]

Melvyn Bragg menulis sebuah novel bersejarah yang panjang yang berjudul Credo, dengan Santa Bega sebagai tokoh utamanya. Ia meneropong kejadian-kejadian dan tanggal-tanggal beberapa abad ke dalam jangka hidup santa itu. Akan tetapi, hal ini secara bebas diakui sebagai sebuah perangkat artistik; tidak seperti penulis abad pertengahan mengenai kehidupan. Hal yang tercampur aduk itu telah melemahkan minat terhadap Santa Bega.

Pada tahun 2000, penulis lokal Jill Hudson ditugaskan oleh Biara Santa Bees PCC untuk menulis suatu drama mengenai Santa Bega untuk merayakan milenium. Drama ini memainkan, 'Gelang Santa Bega' yang ditampilkan di dalam Biara itu selama tiga hari pada bulan Nopember 2000. Sebuah adaptasi yang segar oleh Gus Kennedy yang menampilkan drama serupa di dalam Biara tersebut pada bulan Nopember 2010, menjelang hari raya Santa Bega.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Begnet, patron saint of Dalkey, whose stories may have become conflated with those of Bega

Pranala luar[sunting | sunting sumber]