Bandar Udara Regional County Eagle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eagle County Regional Airport
Eagle County Airport terminal.jpg
IATA: EGEICAO: KEGE
EGE is located in Colorado
EGE
Location of the Airport in Colorado
LID FAA: EGE
Ikhtisar
Jenis bandara Public
Pemilik Eagle County
Melayani Eagle, Colorado
Lokasi Gypsum, Colorado
Ketinggian DPML 6.540 ft / 1.993,5 m
Koordinat 39°38′33″LU 106°55′4″BT / 39,6425°LU 106,91778°BB / 39.64250; -106.91778Koordinat: 39°38′33″LU 106°55′4″BT / 39,6425°LU 106,91778°BB / 39.64250; -106.91778
Situs web www.flyvail.com
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
7/25 9.000 2.743 Aspal
Statistik (2006)
Passengers 218.105
Aircraft operations 40.840
Sources:[1]

Bandar Udara Regional County Eagle (Eagle County Regional Airport) (IATA: EGE, ICAO: KEGE, FAA: EGE), terkadang diacukan sebagai Bandar Udara Vail/Eagle atau Bandar Udara Eagle Vail, adalah sebuah bandar udara umum yang berlokasi sejauh 4 mil (6 km) sebelah barat Eagle, Colorado, Amerika Serikat. Bandar udara ini melayani County Eagle, termasuk pengunjung dari daerah sekitarnya, Vail dan tempat ski Beaver Creek. Bandar udara ini menutupi lahan seluas 632 acre (256 ha) dan memiliki satu landasan pacu. History Channel menempatkan bandar udara ini di peringkat kedelapan pada daftar Most Extreme Airports pada Juli 2010 dikarenakan ketinggiannya, keberagaman cuaca, sebuah pendekatan melewati daratan pegunungan dan prosedur pemberangkatan yang menantang. Pada tahun 2008-2009, bandar udara ini menyelesaikan perpanjangan dan pengaspalan ulang landasan pacunya dan sehingga panjangnya mencapai panjang 9.000 kaki. Hal ini memungkinkan pesawat lepas landas dengan beban lebih.

Bandar udara ini, secara besar, merupakan bandar udara musiman, dan jadwal penerbangannya kebanyakan hanya beroperasi dari EGE selama musim dingin. Bandar udara ini merupakan bandar udara tersibuk kedua di Colorado selama musim ski, di bawah Bandar Udara Internasional Denver. Operasi ke bandar udara ini selama masa-masa musim panas telah terbukti terus naik kepopulerannya dengan wisatawan[butuh rujukan], namun hanya United Express dan American Airlines yang melayani setahun penuh. Bandar udara ini juga populer dengan operator kapal udara pribadi.

Diagram EGE oleh FAA

Terminal dan fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas terminal bandar udara ini terdiri atas sebuah ruang terbuka dengan 5 gerbang, dibangun pada tahun 1996. Bandar udara ini menawarkan fasilitas sesuai permintaan untuk kapal udara pribadi (di terminal yang terpisah). Terdapat 4 konveyor barang (sebagai tambahan untuk ski spesial/papan snowboard), 2 TSA screening lanes, sebuah restoran, dan sebuah toko hadiah. Seperti kebanyakan bandar udara di Colorado, tidak ada garbarata, penumpang harus keluar dan masuk pesawat lewat tangga.

Transportasi Lokal[sunting | sunting sumber]

Banyak terdapat perusahaan besar penyewaan mobil. County Eagle memiliki departemen transportasinya sendiri dengan bus yang beroperasi antara bandar udara dengan resort ski. Terdapat pula beberapa perusahaan carter pribadi yang menawarkan layanan ke Vail, Beaver Creek, dan Aspen.

Operasi[sunting | sunting sumber]

Kepala polisi County Eagle berkuasa atas keamanan bandar udara. Bandar udara ini memiliki departemen ARFF-nya sendiri dengan 3 truk dan sebuah ambulans.[butuh rujukan] Bandar udara ini memiliki sejumlah truk yang digunakan untuk menyingkirkan salju. Menaranya digawai oleh pemandu lalu lintas udara yang dikontrak oleh county dan bukan FAA.

Prosedur[sunting | sunting sumber]

Kapal udara yang berangkat pada landasan pacu 25 harus berbelok ke kanan untuk menghindari daratan dan kota Gypsum, Colorado. Tidak ada ILS standar di bandar udara ini, sehingga semua kapal udara datang dengan pendekatan VFR, DME, atau LDA. Bagaimanapun, terdapat ILS istimewa yang membutuhkan izin dan latihan dari FSDO. Semua kejelasan IFR diberikan oleh pusat Denver.

Maskapai dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Di musim dingin, American Airlines, Continental Airlines, Delta Air Lines, dan United Airlines menyediakan layanan jet non-stop antara EGE dan 12 bandar udara besar di 11 kota di Amerika Serikat. American Airlines menggantikan rute Newark-Eagle yang sebelumnya dioperasikannya dengan sebuah penerbangan non-stop ke gerbang barunya di Bandar Udara Internasional JFK, New York, menyediakan sambungan antara pesisir Timur dan Atlantik.

Di musim panas, terdapat penerbangan harian non-stop oleh United Express. Pada musim panas tahun 2008, United Airlines juga menawarkan layanan ke Bandar Udara Internasional O'Hare di Chicago. Layanan ini sekarang hanya ditawarkan di musim dingin. Pada musim panas tahun 2010, American Airlines akan menawarkan layanan musim panas ke Miami untuk pertama kalinya.

Maskapai dan tujuan (saat ini)[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
American Airlines Dallas/Fort Worth

Musiman: Chicago-O'Hare, Los Angeles, Miami, New York-JFK, New York-LaGuardia

Continental Airlines Musiman: Houston-Intercontinental, Newark
Delta Air Lines Musiman: Atlanta, Minneapolis/St. Paul
United Airlines Musiman: Denver
United Express dioperasikan oleh SkyWest Airlines Denver

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1], official site

Pranala luar[sunting | sunting sumber]