Baiji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Baiji
Ilustrasi Baiji
Ilustrasi Baiji
Perbandingan besar Baiji dengan manusia
Perbandingan besar Baiji dengan manusia
Status konservasi
Status iucn3.1 CR.svg
Kritis, kemungkinan punah (IUCN 3.1)[1]
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Upakelas: Eutheria
Ordo: Cetacea
Upaordo: Odontoceti
Superfamili: Platanistoidea
Famili: Lipotidae
Genus: Lipotes
Spesies: L. vexillifer
Nama binomial
Lipotes vexillifer
Miller, 1918
Tempat hidup Baiji
Tempat hidup Baiji


Baiji (Tionghoa: ; pinyin: báijìtún) (Lipotes vexillifer, Lipotes berarti "tertinggal di belakang", vexillifer "pembawa bendera") adalah lumba-lumba air tawar yang hanya dapat ditemui di sungai Yangtze, Tiongkok. Lumba-lumba ini disebut "Dewi Yangtze" ((Tionghoa); Hanzi tradisional: 長江女神; (Tionghoa)) di Tiongkok, selain itu, lumba-lumba ini juga disebut Lumba-lumba sungai Tiongkok, Lumba-lumba sungai Yangtze, Beiji, Lumba-lumba sirip putih dan Lumba-lumba Yangtze. Daftar merah IUCN tahun 2007 mengklasifikasi Baiji sebagai spesies kritis, dan kemungkinan spesies ini telah punah.[1]

Populasi Baiji menurun dengan drastis pada beberapa dekade karena industrialisasi Tiongkok dan penggunaan sungai untuk memancing, transportasi dan hidrolistrik. Penglihatan Baiji terakhir dikonfirmasi tahun 2004, dengan penglihatan yang tidak dapat dikonfirmasi pada Agustus 2007.[2] Usaha dilakukan untuk menyelamatkan spesies ini, tetapi ekspedisi lumba-lumba air tawar Yangtze 2006 gagal untuk menemukan Baiji di sungai ini. Organisator menyatakan Baiji "punah secara fungsional",[3] yang akan membuatnya sebagal spesies mamalia air pertama yang punah sejak kepunahan singa laut Jepang dan anjing laut biarawan Karibia tahun 1950-an. Kepunahannya juga akan menjadi kepunahan pertama spesies cetacean.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Smith, B.D., Zhou, K., Wang, D., Reeves, R.R., Barlow, J., Taylor, B. and Pitman, R. (2007). Lipotes vexillifer. 2007 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2007. Diakses pada 2007-09-13.
  2. ^ "Rare Dolphin Seen in China, Experts Say". New York Times. 2007-08-30. Diakses 2007-08-30. 
  3. ^ "The Chinese river dolphin is functionally extinct". baiji.org. 2006-12-13.  Text " accessdate - 2006-12-13" ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Berita[sunting | sunting sumber]