Bahasa kerja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bahasa kerja (atau bahasa profesi) adalah bahasa yang diberi status hukum dalam sebuah organisasi beranggotakan banyak bangsa sebagai alat komunikasi utama. Organisasi ini dapat pula berbentuk suatu negara. Bahasa kerja terutama dipakai dalam surat-menyurat dan percakapan sehari-hari bagi anggota-anggota organisasi tersebut, yang berasal dari berbagai latar belakang bahasa.

Bahasa kerja mungkin juga adalah bahasa resmi. Bahasa kerja dapat dianggap sebagai lingua franca dalam lingkungan suatu organisasi.

Beberapa contoh dapat disebutkan. PBB memiliki enam bahasa resmi dan bahasa kerja (bahasa Arab, bahasa Tionghoa, bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Rusia, dan bahasa Spanyol). Bahasa kerja Sekretariat PBB adalah bahasa Inggris dan Prancis. Bahasa kerja bagi Komite Olimpiade Internasional (IOC) adalah bahasa Inggris dan Prancis. Uni Eropa menggunakan tiga bahasa kerja (bahasa Inggris, bahasa Prancis, dan bahasa Jerman) dengan 20 bahasa resmi, sedangkan FIFA menggunakan empat bahasa kerja (Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol) dan satu bahasa resmi (Inggris).